Pengelolaan Pembelajaran Inklusi pada Mata Pelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP Ibnu Sina Bandung

  • Syavira Nurlita Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor pendorong dan penghambat

Abstract

Abstract. Children with special needs are still underestimated by the general public. And also children with special needs are able to get national education that is equivalent to normal children. Therefore education for children with special needs is indeed very important to support their belief in following the level of education in accordance with their level of intelligence.

In this study, it discusses how to manage inclusive school education, specifically in PAI subjects at SMP Ibnu Sina Bandung. The research method used is descriptive qualitative. Then the research subjects were 7 informants consisting of the Principal of the Ibnu Sina Middle School, 2 PAI teachers, and 4 accompanying teachers. Data collection techniques: Observation, documentation, and interviews. Data analysis techniques: Data collection, data reduction, and data presentation.

The results of the research show that: (1) In inclusive learning planning there is a curriculum that is adapted according to the conditions and needs of children, class management, teacher mapping, making individual learning programs, preparing lesson schedules, learning materials and learning media. (2) In the implementation of inclusive learning in PAI subjects for Slow leaner children, Autistic children, and Dyslexic children who are accompanied by a companion teacher. (3) In the learning evaluation carried out in inclusive schools, namely the evaluation carried out, namely diagnostic evaluation and formative evaluation. (4) The driving factors and inhibiting factors for inclusive learning are external and internal factors.

Abstrak. Anak berkebutuhan khusus masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat umum. Dan juga anak berkebutuhan khusus mampu mendapatkan pendidikan nasional yang setara dengan anak normal. Maka dari itu pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus memang sangat penting untuk menunjang kepercayaan mereka dalam mengikuti jenjang pendidikan sesuai dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki. Pada penelitian ini membahas tentang bagaimana pengelolaan pendidikan sekolah inklusi khusus nya pada mata pelajaran PAI di SMP Ibnu Sina Bandung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran sekolah inklusi, pelaksanaan pembelajaran inklusi, evaluasi pembelajaran inklusi, serta faktor pendorong dan penghambat pembelajaran inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Kemudian subjek penelitian 7 narasumber yang terdiri dari Kepala Sekolah SMP Ibnu Sina, 2 guru PAI, dan 4 Guru pendamping. Teknik pengumpulan data: Observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data: Pengumpulan data, Reduksi data, dan penyajian data.

Hasil penelitian menunjukan Bahwa: (1) Pada perencanaan pembelajaran inklusi terdapat kurikulum yang diadaptasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak, pengelolaan kelas, pemetaan guru, pembuatan program pembelajaran individu, penyusunan jadwal pelajaran, materi pembelajaran serta media pembelajaran. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran inklusi pada mata pelajaran PAI pada anak Slow leaner,  anak Autis, dan pada anak Disleksia yang didampingi oleh guru pendamping. (3) Pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada sekolahan inklusi yaitu evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi diagnostic dan evaluasi formatif. (4) Pada faktor pendorong dan penghambat pembelajaran inklusi yaitu terdapat pada faktor eksternal dan internal.

Published
2023-01-27