Implementasi Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Kelas VI Di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung
Abstract
Abstract. Based on field experience, the use of learning methods, especially PAI subjects at SLB Negeri Cicendo, Bandung City still uses conventional methods and students still have difficulty accepting learning, the number of educators is inadequate and has not implemented special hijaiyah letters for deaf children. This study aims to determine the implementation of the Iqro method in learning hijaiyah letters for children with special needs (deaf) in class VI students at SLB Negeri Cicendo, Bandung City. This type of research is field research with a qualitative approach. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. The data analysis technique is in the form of triangulation in testing the credibility of the data. The results of this study in learning hijaiyah letters for children with special needs (deaf) grade VI at SLB Negeri Cicendo Bandung City using the iqro' method with a combination approach between oral methods and sign language, besides that in the process of applying the iqro' method the teacher uses individual strategies where teaching is done face to face. For learning infrastructure facilities are not sufficient to support the learning process. The use of the iqro' method on the hijaiyah letter material in deaf children has been quite effectively used considering the learning characteristics of deaf students and also from the evaluation of student learning.
Abstrak. Berdasarkan pengalaman lapangan, penggunaan metode pembelajaran khususnya mata pelajaran PAI di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung masih menggunakan metode konfensional dan siswa masih kesulitan dalam menerima pembelajaran, tenaga pendidik yang jumlahnya kurang memadai dan belum menerapkan huruf hijaiyah khusus bagi anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode iqro dalam pembelajaran huruf hijaiyah pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu) pada siswa kelas VI di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa cara triangulasi dalam pengujian kredibilitas data. Hasil penelitian ini dalam pembelajaran huruf hijaiyah pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu) kelas VI di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung yaitu menggunakan metode iqro’ dengan pendekatan penggabungan antara metode oral dan juga bahasa isyarat, selain itu dalam proses penerapan metode iqro’ guru menggunakan strategi individual dimana pengajaran dilakukan secara face to face. Untuk sarana prasarana pembelajaran tidak cukup memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Penggunaan metode iqro’ pada materi huruf hijaiyah pada anak tunarungu sudah cukup efektif digunakan mengingat karakteristik belajar siswa tunarungu dan juga dari evaluasi belajar siswa.