Landasan-Landasan Metodologis Pendidikan Akhlak pada Buku Mendidik Anak Bersama Nabi ﷺ Karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid

  • Riski Amilia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Sobar Al Ghazal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pendidikan Akhlak, Metode, Faktor Pemilihan Metode Pendidikan

Abstract

Abstract. Children in late adolescence at the age of 12-19 years experience psychological maturity, meaning that children are able to control attitudes and behavior to do good with self-awareness. Meanwhile, data on deviations in behavior from children to their late teens shows that their attitudes and behavior are uncontrollable. Moral education can be carried out by paying attention to the educational component in the form of moral education methods because the right educational method can affect the success of the process and the achievement of goals. Based on this, the researcher chose the book by Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid entitled Mendidik Anak Bersama Nabi ﷺ to find a method of moral education that can be applied in moral education. This study uses a qualitative approach, a type of library research with content analysis techniques that emphasize scientific analysis of the message content of a communication. This study aims to determine the types of moral education methods and the factors that influence the selection of educational methods according to Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid. . The results of this study indicate that the types of moral education methods according to Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid are: faith-building methods, habituation methods, advice methods, good exemplary methods, social methods, motivational methods, story methods, and methods of giving lessons or punishments that educate. The factors for choosing the method of moral education according to Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid are: educators, students, the situation and conditions of ongoing education.

Abstrak. Anak pada masa remaja akhir di usia 12-19 tahun mengalami kematangan kejiwaan, artinya anak mampu mengendalikan sikap dan perilaku untuk berbuat baik dengan kesadaran diri sendiri.  Sementara itu, data penyimpangan perilaku anak hingga remaja akhir menunjukkan tidak terkendalinya sikap dan perilaku mereka. Pendidikan akhlak dapat dilakukan dengan memperhatikan komponen pendidikan berupa metode pendidikan akhlak karena metode pendidikan yang tepat dapat mempengaruhi keberhasila proses dan pencapaian tujuan. Berdasarkan hal tersebut peneliti memilih buku karya Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid yang berjudul Mendidik Anak Bersama Nabi ﷺ untuk menemukan metode pendidikan akhlak yang dapat diterapkan dalam pendidikan akhlak.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian kepustakaan dengan teknik analisis isi yang menekankan pada analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis metode pendidikan akhlak dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pendidikan menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis metode pendidikan akhlak menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid adalah: metode pembinaan akidah, metode pembiasaan, metode nasihat, metode teladan yang baik, metode sosial kemasyarakatan, metode motivasi,  metode kisah, dan metode pemberian pelajaran atau hukuman yang mendidik. Adapun faktor-faktor pemilihan metode pendidikan akhlak menurut Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid adalah: pendidik, anak didik, situasi dan kondisi berlangsungnya pendidikan.

Published
2022-01-28