Hubungan Tingkat Kemampuan Memory Al-Qur'an dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IMI Tasdiqul Qur’an Bandung

  • Riyan Andriyana Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: Hubungan, Tingkat Kemampuan Menghafal Al-Qur'an,, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Abstract. Memorizing the Qur’an is an attempt to stick in the memories and hearts of verses memorized. So in an effort to emorize the necessary high concentrations memorizing can survive well. Habits of a penghafal in concentrate will certainly affect teh ability to learn, so that when the more a person memorize it will affect their ability to learn. A high learning ability will make high academic achievement as well. The purpose of this study was to : (1) determine the level of empirical data Qur’an memorization ability student at SMP IMI Tasdiqul Qur’an Bandung, (2) determine the student achivement in the subjects of Mathematics Islamic Education in SMP IMI Tasdiqul Qur’an Bandung, (3) determine the relationship between the level of ability to memorize the Qur’an and the learning achievement in the subject of Islamic Education students SMP IMI Tasdiqul Qur’an Bandung. To achieve the above objective, quantitative approach was used with the type of correlational research. The data were collected by using questionnaires and documentation then analyzed using pearson product moment correaltion. Furthemore, to determine how much the relationship activities recitation of the Qur’an to the learning achievement of Islamic education using correlation test of determination. The results of the study show that : (1) The application of Al Qur’an memorization of students in Bandung SMP IMI Tasdiqul Qur’an based on the results of the questionnaire is quiti good, students can master the latters, master the tajwid reading, and fluency in the memorization of the Qur’an. (2) The learning achivement of students in Islamic Education subjects after participating in Al Qur’an memorization activities is in the good category. (3) The relationship between the level of memorization of the Qur’an and the learning achievement of students in the subjects of Islamic Education in SMP IMI Tasdiqul Qur’an Bandung with the result of interpretation classified as moderate ot sufficient. There is a contribution of the level of Al Qur’an memorization ability to Islamic Education Learning achievement of 41,7% while 58,3% is determined by other factors.

Abstrak. Menghafal Al-Qur’an merupakan upaya untuk melekat dalam ingatan dan hati terhadap ayat-ayat yang dihafal. Sehingga dalam upaya menghafal diperlukan konsentrasi tinggi agar hafalan dapat bertahan dengan baik. Kebiasaan seorang penghafal dalam berkonsentrasi tentunya akan mempengaruhi kemampuan belajarnya, sehingga semakin seseorang menghafal akan mempengaruhi kemampuan belajarnya. Kemampuan belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi akademik yang tinggi pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui tingkat data empiris kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa di SMP IMI Tasdiqul Qur'an Bandung, (2) mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Pendidikan Agama Islam di SMP IMI Tasdiqul Qur'an Bandung, (3) mengetahui hubungan antara tingkat kemampuan menghafal Al-Qur'an dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP IMI Tasdiqul Qur'an Bandung. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan korelasi product moment pearson. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar hubungan kegiatan tajwid terhadap prestasi belajar PAI menggunakan uji korelasi determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan hafalan Al Qur'an siswa di SMP IMI Tasdiqul Qur'an Bandung berdasarkan hasil angket cukup baik, siswa dapat menguasai yang terakhir, menguasai bacaan tajwid , dan kelancaran dalam menghafal Al-Qur'an. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti kegiatan menghafal Al Qur’an berada pada kategori baik. (3) Hubungan antara tingkat hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IMI Tasdiqul Qur’an Bandung dengan hasil tafsir tergolong sedang atau cukup. Terdapat kontribusi tingkat kemampuan menghafal Al Qur’an terhadap prestasi belajar PAI sebesar 41,7% sedangkan 58,3% ditentukan oleh faktor lain.

Published
2022-01-21