Pengelolaan Program Pesantren Ramadhan di SMP Assalaam Bandung

  • Kania Nurulqolbi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pengelolaan, Pesantren Ramadhan, Program Kegiatan

Abstract

Abstract. Ramadan is a very holy month, in that month we are ordered to fast and practice worship and do good deeds more. In the month of Ramadan there are many blessings in its days. The month of Ramadan can be used as religious learning for children and adolescents. The Ramadhan boarding school program can be used as a means for children's learning during the month of Ramadan. To realize this, maximum management is needed in the Ramadhan Islamic Boarding School Program. The purpose of this study was to describe the Management of the Ramadhan Islamic Boarding School Program. The method used in this study is a qualitative method using a descriptive approach, with data collection techniques using interview data, documentation and observation. The results of the study stated that (1) The planning that had been carried out in the Ramadhan boarding school program was carried out systematically consisting of several stages, namely preparation, implementation and planning (2) The implementation of the Ramadhan Islamic Boarding School Program at Assalaam Middle School Bandung had several activities, namely, pre-Ramadan activities, activities daily activities, general activities, Ramadan tournament activities and Ramadan artistic creativity activities. (3) Evaluation / Assessment of the Ramadhan Pesantren Program at SMP Assalaam Bandung has 2 types, namely Evaluation of the sustainability of the program and evaluation of students.

Abstrak,  Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat suci, pada bulan tersebut kita diperintahkan untuk berpuasa dan mengamalkan ibadah serta perbanyak berbuat baik.  Dalam  Bulan Ramadhan terdapat banyak keberkahan dalam hari-harinya. Bulan ramadhan dapat dijadikan pembelajaran agama untuk anak-anak dan remaja . Program pesantren ramadhan dapat dijadikan sarana untuk pembelajaran anak-anak pada saat bulan ramadhan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pengelolaan maksimal dalam Program Pesantren Ramadhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengelolaan Program Pesantren Ramadhan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa (1) Perencanaan yang telah dilaksanakan pada program pesantren ramadhan dilakukan secara sistematis terdiri dari beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan perencanaan  (2) Pelaksanan Program Pesantren Ramadhan di SMP Assalaam Bandung memiliki beberapa kegiatan yaitu, kegiatan pra ramadhan, kegiatan harian, kegiatan umum, kegiatan tournament ramadhan dan kegiatan kretifitas seni ramadhan. (3) Evaluasi / Penilian Program Pesantren Ramadhan di SMP Assalaam Bandung memiliki 2 jenis yaitu Evaluasi terhadap keberlangsungan program dan evaluasi terhadap siswa.

Published
2022-01-20