Pengaruh Gadget Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Pada Siswa Sma-It Miftahul Khoir Dago Bandung
Abstract
Abstract. This study aims to determine the effect of gadget use on the quality of Qur'an memorization in SMA-IT Miftahul Khoir Dago Bandung students. In the current digital era, the use of gadgets has become part of everyday life, including in the world of education. Students use gadgets for various purposes, such as accessing information, online learning, and entertainment. However, uncontrolled use of gadgets can have a negative impact on the quality of memorization of the Qur'an, especially in terms of concentration and memory. This study used a quantitative method with a correlational design to analyze the relationship between the intensity of gadget use and the quality of memorization of the Qur'an. The research sample consisted of 36 students selected using stratified random sampling technique. Data collection was conducted through questionnaires covering two main variables: gadget use as the independent variable and the quality of memorization of the Qur'an as the dependent variable. The data analysis techniques used include descriptive and inferential statistical analysis with simple regression tests. The results showed that there is a negative relationship between gadget use and the quality of students' memorization of the Qur'an. Students who use gadgets for a longer duration tend to experience a decrease in the quality of memorization. The conclusion of this study confirms that although gadgets can be used as a supporting medium in memorizing the Qur'an, their uncontrolled use can have a negative impact on students' memory and concentration. Therefore, supervision from the school and parents is needed in the use of gadgets as well as the implementation of learning strategies that can optimally utilize technology.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an pada siswa SMA-IT Miftahul Khoir Dago Bandung. Dalam era digital saat ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Siswa menggunakan gadget untuk berbagai keperluan, seperti mengakses informasi, belajar daring, serta hiburan. Namun, penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat berdampak negatif terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an, terutama dalam hal konsentrasi dan daya ingat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dan kualitas hafalan Al-Qur’an. Sampel penelitian terdiri dari 72 siswa yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang mencakup dua variabel utama: penggunaan gadget sebagai variabel independen dan kualitas hafalan Al-Qur’an sebagai variabel dependen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara penggunaan gadget dan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa. Siswa yang menggunakan gadget dengan durasi lebih lama cenderung mengalami penurunan kualitas hafalan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa meskipun gadget dapat digunakan sebagai media pendukung dalam menghafal Al-Qur’an, penggunaannya yang tidak terkendali dapat berdampak negatif terhadap daya ingat dan konsentrasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan dari pihak sekolah dan orang tua dalam penggunaan gadget serta penerapan strategi pembelajaran yang dapat memanfaatkan teknologi secara optimal.
References
Hasanah, U. (2020). Peran Teknologi dalam Pendidikan Islam: Antara Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam Digital, 5(1), 23-35.