Implementasi Metode Murajaah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Alquran Juz 30 pada Murid Kelas IV di Madrasah Diniyah Ula Persis Al Jihad Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung
Abstract
Abstract. This thesis explains the implementation of the murajaah method in improving the quality of memorization of the 30th Juz of the Quran among 4th-grade students at Madrasah Diniyah Ula Persis Al Jihad, Bojongloa Kidul District, Bandung City. This research uses a qualitative approach with a descriptive type, aimed at collecting data on the implementation of the murajaah method in enhancing the memorization quality of the 30th Juz of the Quran among 4th-grade students at Madrasah Diniyah Ula Persis Al Jihad, Bojongloa Kidul District, Bandung City. The data collection techniques used are triangulation, which includes interviews, observation, and documentation. The findings of this study are that 10 minutes before class starts (with the murajaah technique with classmates) and 10 minutes before going home (with the murajaah technique with the homeroom teacher). The murajaah strategy involves looking at the Quran (for those who do not have a murajaah schedule) and without looking at the Quran (for those who have a murajaah schedule). After conducting murajaah with classmates, the homeroom teacher provides feedback and suggestions to the students on the murajaah schedule and discusses tajweed knowledge. The inhibiting factors include difficulties in application, lack of habit, difficulty finding time, and the large number of lessons to be covered daily. The supporting factors include it being fun, not boring, and having many friends.
Abstrak. Skripsi ini menjelaskan mengenai implementasi metode murajaah dalam meningkatkan kualitas hafalan Alquran juz 30 pada murid kelas IV di madrasah diniyah ula persis Al Jihad Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai implementasi metode murajaah dalam meningkatkan kualitas hafalan Alquran juz 30 pada murid kelas IV di madrasah diniyah ula persis Al Jihad Kecaamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi atau wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah 10 menit sebelum mulai pelajaran (dengan teknik murajaah bersama teman sekelas) dan 10 menit sebelum pulang (dengan teknik murajaah bersama wali kelas). Strategi murajaahnya ialah melihat Alquran (bagi yang tidak mendapatkan jadwal murajaah) dan tanpa melihat Alquran (bagi yang mendapatkan jadwal murajaah). Setelah melakukan murajaah bersama teman sekelas, wali kelas memberi masukan dan saran kepada murid yang mendapatkan jadwal murajaah serta membahas mengenai ilmu tajwid. Faktor penghambatnya ialah kesulitan dalam pengaplikasiannya, belum terbiasa, susah mencari waktu, banyaknya pelajaran yang harus dibahas perharinya. Faktor pendukung ialah seru, tidak membosankan, banyak teman.
References
Nursalikah, A. (2022). Malaikat Jibril Datangi Rasulullah Setiap Malam Saat Ramadhan. Republika.Co.Id.
Tafsir fi Zhilalil-Quran Al-Qiyamah. (n.d.). Wordpress.Com.
Tafsir fi Zhilalil-Quran Al-Qiyamah. (n.d.). Wordpress.Com.
Abdulwaly, C. (2016). Ramzuttikrar Kunci Nikmatnya Menjaga Hafalan Al-Qur’an (Cetakan Pe). Diandra Creative.
Ainurrizki, M. (n.d.). BAB II.
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Moleong, L. (2001). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (T. Surjaman (Ed.); Edisi Revi). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN EVALUASI (Y. Yuniarsih (Ed.); Cetakan Ke). ALFABETA, CV.