Pengelolaan Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SD Plus Marhas Kabupaten Bandung

  • Rahmat Zaki Alauddin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ayi Sobarna Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pengelolaan, Tahfidz AL-Qur’an

Abstract

Abstract. Abstract. The purpose of this research is to (1) Find out how to plan religious extracurriculars to foster student discipline at SD Plus Marhas, Bandung Regency. (2) Knowing the implementation of religious extracurriculars to foster student discipline at SD Plus Marhas, Bandung Regency. (3) Knowing the evaluation of religious extracurriculars to foster student discipline at SD Plus Marhas, Bandung Regency. (4) Knowing the supporting and inhibiting factors for religious extracurricular activities to foster student discipline at SD Plus Marhas, Bandung Regency.The results of the research show that: (1) Religious extracurricular planning to foster student discipline at SD Plus Marhas Bandung Regency was carried out in a structured manner according to the plan that had been set at the beginning of the semester. (2) The process of implementing religious extracurriculars to foster student discipline at SD Plus Marhas, Bandung Regency is going quite well according to planning. (3) Evaluation of religious extracurriculars to foster student discipline at Plus Marhas Elementary School, Bandung Regency, has had a significant effect on students at Plus Marhas Elementary School, Bandung Regency. (4) The supporting and inhibiting factors that arise regarding this problem can be resolved quite well by extracurricular coaches/educators.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bagaimana perencanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur. (2) Mengetahui pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur (3) Mengetahui penilaian hasil program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur (4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: : (1) Perencanaan program tahfidz al- Qur’an di Pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur ini dilakukan dengan rapat internal (2) Proses pelaksanaan program Tahfidz Al-Qura’an di pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur ini masih menggunakan metode turun menurun (3) Penilaian dari hasil program tahfidz al- Qur’an di Pondok Pesantren Alfassalam Ciranjang Cianjur berjalan sesuai dengan perencanaan, meski ada beberapa target yang belum tercapai (4) Faktor pendukung program ini adalah murabbi atau pembimbing yang kompeten dalam bidang tahfidz Sedangkan faktor penghambat program ini adalah kurangnya jumlah murabbi atau pembimbing tahfidz, bukan karena niat untuk Allah, santri yang malas.

References

Abdussamad, Zuchri. Metode Penellitian Kualitatif. Makasar: CV. Syakir Media Press, 2021.

Departemen Agama RI. 2020. Al-Qur‟an dan Terjemahannya, (Bandung: Diponegoro)

Komariah, NUR. Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. HIKMAH 5 2016

Majid, Abdul. 2019. Perencanaan Pembelajaran; Pengembangan Standar Kompetensi Guru. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Nurfitriani, Wilda Aulia, Nan Rahminawati, and A. Mujahid Rasyid. "Analisis Manajemen Kurikulum Lokal dalam Upaya Penguasaan Materi Keagamaan Di MI Anwarussalam Padalarang." Prosiding Pendidikan Agama Islam (2019): 358-365.

Permana, Syifa Hayatunnisa, Nan Rahminawati, and Eko Surbiantoro. "Pengelolaan Pembelajaran Tahfidz Al Quran dengan Metode Tikrar di Kelas X SMA IT Fithrah Insani Kab. Bandung Barat." Prosiding Pendidikan Agama Islam (2017): 1-6.

Sa‟dulloh. 2008. 9 Cara Menghafal al-Qur‟an, (Jakarta: Gema Insani)

Sagala, Syaiful. 2016. Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta)

Sahara, Elsa, Nan Rahminawati, and Eko Surbiantoro. "Pengelolaan Program Pengabdian bagi Alumni di Pondok Modern Assalam Putri Sukabumi." Bandung Conference Series: Islamic Education. Vol. 4. No. 1. 2024

Sopyan H. Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur‟an Di Pondok Pesantren Madrasatul Qur‟an Hasyim Asy‟ari Taneta Bantaeng. UIN Alauddin, 2021.

Zen, Muhaimin. 2018. Problematika Menghafal Al-Qur‟an, (Jakarta: Pustaka Al- Husna)

Published
2024-08-26