Manajemen Program Tahfidz dan Peran Lingkungan Keluarga dalam Keberhasilan Menghafal Al-Qur'an Siswa SDIT Raudhatul Auliya Soreang

  • Tari Rosidah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Manajemen Program Tahfidz, Lingkungan Keluarga, Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an

Abstract

Abstract. This research is motivated by the excellence of students in tahfidz Al-Qur'an and exceeds the target of the tahfidz program set by the school. The superiority of students in tahfidz is inseparable from the support of their environment, namely school and home. Therefore, this study aims to find out (a) the planning of the tahfidz program, (b) the organization of the tahfidz program, (c) the implementation of the tahfidz program, (d) the evaluation of the tahfidz program, (e) the role of the family environment in the success of tahfidz of SDIT Raudhatul Auliya students. This study uses a descriptive qualitative research method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of this study are (a) The planning of the tahfidz program is carried out by setting goals, budgets, quality human resources and strategies for the success of tahfidz. (b) Organizing is carried out by appointing a Tahfidz Coordinator, directing teachers before teaching and dividing tasks. (c) The implementation of the tahfidz program is carried out every day for one and a half hours using the talaqqi and muroja'ah methods. (d) Program evaluation is carried out by making alternative actions, teacher performance evaluations and student evaluations through various exams. (e) The role of the family environment in students who exceed the target receives full support by imitating children through the recitation of the Qur'an, getting children used to repeating and increasing memorization at home, guiding children to memorize the Qur'an, monitoring the progress of children's memorization, facilitating children's needs in memorizing the Qur'an, providing advice and motivation on the importance of memorizing the Qur'an.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunggulan siswa dalam tahfidz Al-Qur’an dan melampaui target program tahfidz yang ditetapkan sekolah. Unggulnya siswa dalam tahfidz ini tidak terlepas dari dukungan lingkungannya, yaitu sekolah dan rumah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) perencanaan program tahfidz (b) pengorganisasian program tahfidz (c) pelaksanaan program tahfidz (d) evaluasi program tahfidz (e) peran lingkungan keluarga dalam keberhasilan tahfidz siswa SDIT Raudhatul Auliya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (a) Perencanaan program tahfidz dilakukan dengan penetapan tujuan, anggaran, SDM berkualitas dan strategi keberhasilan tahfidz. (b) Pengorganisasian dilakukan dengan menunjuk Koordinator Tahfidz, pengarahan guru sebelum mengajar dan pembagian tugas. (c) Pelaksanaan program tahfidz dilakukan setiap hari selama satu setengah jam dengan metode talaqqi dan muroja’ah. (d) Evaluasi program dilakukan dengan membuat alternatif tindakan, evaluasi kinerja guru dan evaluasi siswa melalui berbagai ujian. (e) Peran lingkungan keluarga pada siswa yang melampaui target mendapat dukungan penuh dengan meneladani anak melalui tadarus Al-Qur’an, membiasakan anak mengulang dan menambah hafalan di rumah, membimbing anak menghafal Al-Qur’an, memantau kemajuan hafalan anak, memfasilitasi kebutuhan anak dalam menghafal Al-Qur’an, memberikan nasihat dan motivasi pentingnya menghafal Al-Qur’an.

References

Irsyad M, Qomariah N. Strategi menghafal Al-Quran sejak usia dini. In: Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE). 2017. p. 135–48.

Noer S. Historisitas Tahfidzul Qur’an: Upaya Melacak Tradisi Tahfidz di Nusantara. JOIES (Journal Islam Educ Stud. 2021;6(1):93–107.

Hakim F, Permatasari YD. Tren: Pendidikan Tahfidz Qur’an Pada Anak Di Rumah Qur’an Ar-Roudhoh Rowotengah. Auladuna J Prodi Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah. 2020;2(2):19–26.

Fachrudin Y. Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Pesantren. Dirasah J Pemikir Dan Pendidik Dasar Islam. 2021;4(2):91–108.

Salsabila A, Puspitasari P. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa. 2020;2(2):278–88.

Khairunnisa N, Rigianti HA. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didakt J Ilm PGSD STKIP Subang. 2023;9(3):1360–9.

Arsoniadi A, Mujidin M, Suyono H. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. JISIP (Jurnal Ilmu Sos dan Pendidikan). 2021;5(3).

Ruhaya B. Fungsi Manajemen Terhadap Pendidikan Islam. Risâlah, J Pendidik Dan Stud Islam. 2021;7(1):125–32.

Dirgayunita A, Luayyin RH. Pendidikan Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Psikologi. Imtiyaz J Ilmu Keislam. 2020;4(2):163–74.

Adi L. Pendidikan keluarga dalam perspektif Islam. J Pendidik Ar-Rasyid. 2022;7(1):1–9.

Arifin B, Setiawati S. Gambaran strategi pembelajaran tahfidz Al-Quran. J Pendidik Tambusai. 2021;5(2):4886–94.

Nurjannah N. Pendampingan Orang Tua Dalam Menstimulus Hafalan Al-Qur’an Anak. J Anifa Stud Gend Dan Anak. 2021;2(1):40–51.

Ayudia I, Haqqi A, Munthe ST. Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib. 2021;11(1):90–7.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Alfabeta Bandung; 2022. 274 p.

Published
2024-08-25