Manajemen Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Mubarokah Ciwidey Kabupaten Bandung

  • Aspia Rida Firmansyah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Eko Surbiantoro Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pendidikan, Manajemen, Kurikulum

Abstract

Abstract. Education is all life situations that have an impact on changes in individuals, thus influencing individual growth and development as experiences that take place in all environments and throughout life. One aspect of life that is very important for humans education, education greatly influences a person's life path. Then a process of change occurs in the individual, so that he is able to live independently in the environment where the individual is. It is hoped that the Al-Qur'an Education Park can contribute to the instillation of Islamic values ​​in students so that the Islamic religion can truly color human attitudes and behavior in everyday life and can help realize the goals of Islamic education, namely forming human beings who believe and fear to Allah SWT. This research aims to explore curriculum management at the Al-Mubarokah Al-Quran Education Park Ciwidey Bandung Regency. This research uses a qualitative approach, the method used in this research is the case study research method. The results of this research found that three aspects of management, namely planning, implementation and supervision/evaluation of the Al-Mubarokah Al-Quran Education Park Al-Quran curriculum Bandung Regency, have carried out the stages of running an educational institution that produces graduates who have competence in memorizing Al-Quran Juz 30, memorize daily prayers and read and write the Al-Quran.

Abstrak. Pendidikan merupakan segala situasi hidup yang memiliki dampak adanya perubahan pada individu, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan individu sebagai pengalaman yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Salah satu aspek kehidupan yang sangat penting untuk manusia adalah pendidikan, pendidikan sangat mempengaruhi jalan hidup seseorang. Maka terjadilah proses perubahan pada individu tersebut, sehingga mampu hidup mandiri dalam lingkungan dimana individu itu berada. Taman Pendidikan Al-Qur’an yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap penanaman nilai-nilai Islam pada peserta didik sehingga agama Islam betul-betul dapat mewarnai sikap dan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari dan dapat membantu mewujudkan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami manajemen kurikulum pada Taman Pendididikan Al-Quran Al-Mubarokah Ciwidey Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus. Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa tiga aspek manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan/evaluasi pada kurikulum Taman Pendidikan Al-Quran Al-Mubarokah Ciwidey Kabupaten Bandung telah melakukan tahapan-tahapan berjalannya sebuah lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi dalam hafalan Al-Quran Juz 30, Hafalan doa-doa harian dan baca tulis Al-Quran.

References

Arifin, M. (2003). Filsafat Pendidikan Islam . Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.

Engkoswara, A. K. (2010). Administrasi Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Fattah, N. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Febriansyah, V. H. (2016). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Enterpreneur Academy Indonesia Bandung. Jurnal Riset Akuntansi, 24-25.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. M. (2006). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Konsep dan Prosedurnya. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Rusdiana. (2013). Pengelolaan Pendidikan . Bandung : Pustaka Setia.

Rusman. (2012 ). Manajemen Kurikulum . Jakarta : Rajawali Pers.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta: Bandung.

Sudjana. (1992). Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah . Bandung : Nusantara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Terry, R., George, & Rue, L. W. (2010). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2024-08-25