Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah dalam Film Sijjin

  • Aulia Nakhita Hashi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Nilai, Pendidikan Aqidah, Film Sijjin

Abstract

Abstract. Film media is a form of mass communication that has a major impact in spreading messages and values ​​to the wider community. Some people argue that horror films can be a good form of entertainment and have educational value. Behind the tense scenes, there are implied messages related to the values ​​of Islamic education in the field of aqidah. This study aims to examine: (a) how is the description of the film sijjin? (b) What are the values ​​of aqidah education in the film sijjin? (c) How is the relevance between the film and QS. Al-Mutaffifin: 7-9? This study uses a qualitative approach. The type of research is library research. The data collection method used is the documentation method with the data sources used in the study, namely primary data and secondary data. From this study, several conclusions were obtained about the values ​​of aqidah according to the pillars of faith contained in the film Sijjin. There are 4 kinds of values, namely: (a) Faith in Allah (b) Faith in the books of Allah (c) Faith in the last day (d) Faith in Qada and Qadar. Based on the results of the research and discussion that have been described, it can be concluded that the film Sijjin is a film that can be used as an alternative in learning, especially in the education of aqidah and making film one of the important media in the education of religious values.

Abstrak. Media film merupakan cara komunikasi massa yang memiliki dampak besar dalam menyebarkan pesan dan nilai-nilai kepada masyarakat secara luas. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa film horor bisa menjadi salah satu bentuk hiburan yang baik dan memiliki nilai edukasi. Di balik adegan-adegan menegangkan terdapat pesan-pesan tersirat yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam bidang aqidah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (a) bagaimana deskripsi film sijjin? (b) Apa saja nilai-nilai pendidikan aqidah dalam film sijjin? (c) Bagaimana relevansi antara film dengan QS. Al-Mutaffifin: 7-9? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. jenis penelitiannya adalah studi kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dan data skunder. Dari penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan tentang nilai-nilai aqidah sesuai rukun iman yang terkandung di dalam film Sijjin. Ada 4 macam nilai yaitu :  (a) Iman kepada Allah (b) Iman kepada kitab-kitab Allah (c) Iman kepada hari akhir (d) Iman kepada Qada dan Qadar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa film Sijjin merupakan film yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran, khususnya pendidikan aqidah dan menjadikan film sebagai salah satu media penting dalam pendidikan nilai-nilai keagamaan.

References

Ainina, A. N. (2023). metafora dan simbolisasi dalam film penyalin cahaya. Universitas Islam Indonesia.

Al-Ahmad, R. H. (2023). Representasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Pendek Topi (Analisis Semiotik Roland Barthes). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Hall, S. (Ed. . (1997). Representation: Cultural Representations dan Signifying Practices. SAGE Publications, Inc.

Hoed, Benny H. 2011. Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.

Munirul Hakim, A. (2023). JRF: Journal of Religion and Film Islam dan Film Horor: Membentengi Individu dengan Keimanan dalam Film Qodrat. Jrf: Journal of Religion and Film, 2(1), 245–258.

Rahman, A. (2015). Peran Pendidikan Islam dalam Pembetukan Moral Bangsa. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(1), 45–59.

Thaufani, R. D., & Sa’idah, Z. (2024). Representasi Pelecehan Seksual dalam Konsep Film Horor Religi Pada Film Qorin (2022). TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 253–267.

Widodo, W. (2017). Unsur-unsur Intrinsik Sya’ir Arab. Jurnal Pedagogy, 10(2), 1–12. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/p edagogy/article/view/12

Published
2024-08-25