Studi Komparatif Metode Iqro dan Baghdadiyyah untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di MI Nurul Falah III Desa Situ Ilir Kabupaten Bogor

  • den supi kamil Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode Iqro, Metode Bagdadiyah, kemampuan membaca Al-Qur’an

Abstract

Abstract. A Comparative Study of the Iqro and Baghdadiyyah Methods to Improve the Ability to Read the Qur'an in Students at MI Nurul Falah III, Situ Ilir Village, Bogor Regency. Thesis of the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Islamic University of Bandung, 2024. Mastering the reading of the Qur'an correctly according to the rules of tajweed is a must for Muslims. Meanwhile, the results of the research observation found that the low quality of reading the Qur'an among students at MI Nurul Falah III, which was characterized by a long learning duration to achieve adequate reading skills, low learning scores, lack of student focus in participating in lessons, and limitations of teachers in mastering effective teaching methods. The objectives of this study are: 1. To find out how the iqro method affects the ability to read the Qur'an Al-Qur'an in MI Nurul Falah III students 2. To find out how the baghdadiyyah method affects the ability of the Qur'an in Nurul Falah III.3. To find out the effectiveness between the Iqro method and the Baghdadiyyah method in reading the Qur'an in MI Nurul Falah III students. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. The quantitative approach was chosen because this study aims to coordinate the learning methods of reading the Qur'an, namely the Iqro and Baghdadiyyah methods, in improving the ability to read the Qur'an among students at MI Nurul Falah III. The quasi-experimental method was used to compare two groups of students who used different learning methods, so that the difference in learning outcomes between the two methods could be evaluated. Based on the results of the research, the Baghdadiyyah method shows higher effectiveness in improving students' ability to read the Qur'an compared to the Iqro method. The average score of students with the Baghdadiyyah method was higher (64.22) compared to the Iqro method (54.78), with a significance value of 0.007 (<0.05), which showed a significant difference between the two methods. This study shows that the Baghdadiyyah method is more effective in providing a significant and even increase among students, while the Iqro method improves the ability of students who are already at a higher level but does not provide an even increase across the student population.

Abstrak. Studi Komparatif Metode Iqro Dan Baghdadiyyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Di MI Nurul Falah III Desa Situ Ilir Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung, 2024. Menguasai bacaan Al-Qur'an dengan benar sesuai kaidah tajwid merupakan suatu keharusan untuk umat muslim. Sedangkan hasil observasi penelitian menemukan rendahnya kualitas bacaan Al-Qur'an di kalangan santri di MI Nurul Falah III, yang ditandai dengan durasi pembelajaran yang lama untuk mencapai kemampuan membaca yang memadai, nilai belajar yang rendah, kurangnya fokus siswa dalam mengikuti pelajaran, serta keterbatasan guru dalam menguasai metode pengajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode iqro terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Al-Qur’an pada siswa MI Nurul Falah III 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode baghdadiyyah terhadap kemampuan Al-Qur’an Al-Qur’an pada siswa Nurul Falah III.3. Untuk mengetahui efektivitas antara metode Iqro dan metode Baghdadiyyah dalam membaca Al-Qur’an pada siswa MI Nurul Falah III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Pendekatan kuantitatif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk mengkoparasi metode pembelajaran membaca Al-Qur'an, yaitu metode Iqro dan Baghdadiyyah, dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan santri di MI Nurul Falah III. Metode quasi eksperimen digunakan untuk membandingkan dua kelompok siswa yang menggunakan metode pembelajaran yang berbeda, sehingga dapat dievaluasi perbedaan hasil belajar antara kedua metode tersebut. Berdasarkan hasil penelitian metode Baghdadiyyah menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa dibandingkan metode Iqro. Skor rata-rata siswa dengan metode Baghdadiyyah lebih tinggi (64,22) dibandingkan dengan metode Iqro (54,78), dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 (<0,05), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua metode. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode Baghdadiyyah lebih efektif dalam memberikan peningkatan yang signifikan dan merata di antara siswa, sedangkan metode Iqro meningkatkan kemampuan siswa yang sudah berada pada tingkat yang lebih tinggi tetapi tidak memberikan peningkatan yang merata di seluruh populasi siswa.

References

Abdurahman, A. J. (2012). Cepat dan mudah belajar membaca Al-Qur'an dengan benar. Jurnal Kaysa Media, 52.

Alawiyah, T. (2022). PEMAKNAAN LAFADZ TARTIL DALAM QS. AL MUZZAMMIL AYAT 4 PERSPEKTIF METODE AS-SYIFA. Jurnal skripsi ilmu Al-Qur'an dan hadits, 55.

El-Mawa, M. (2023, Maret Jumat). Metode Baca Al-Qur’an Baghdadi. From kemenag.go.id: https://kemenag.go.id/kolom/metode-baca-al-qur-an-baghdadi-Aw7Ym

Fazil, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf. In Jurnal Peradaban Islam (Vol. 2, Issue 1)

Ida Vera Sophya. (2014). Metode Baca Al-Qur’an. Elementary, 2, 338.

Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. Ananta Vidya

Kristina. (2021, Juni Rabu). Memahami Arti Iqra dalam Al-Qur'an. From news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-5608045/memahami-arti-iqra-dalam-al-quran

Marki, J. M. (2021, April Minggu). Keutamaan Membaca Al-Qur'an. From kemenag.go.id: https://kemenag.go.id/islam/keutamaan-membaca-al-qur039an-m1p42z

Mukarom Faisal, H. S. (2014). Buku siswa Al-Qur'an Hadits. Jurnal Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, 140.

ningtyas, R. w. (2017, Agustus 23). Makalah Metode Iqro. Diambil kembali dari Blogger.com: https://riskywahyuningtyas.blogspot.com/2017/08/makalah-metode-iqra.html?m=1

Nurulamini. (2015). One Group Pretest Posttest Design Riset. SCRIBD, 2.

Ningsih, F., & Taman Siswa Bima, S. (n.d.). Analisis Efektifitas Metode Iqro dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SD.

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3).

Sri Mayasari, W. D. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN AYAM GORENG KALASAN CABANG ISKANDAR MUDA MEDAN. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 76.

Tsaqifa Taqiyya Ulfah, M. S. (2019). Jurnal Pendidikan Unissula, 59.

Yulianti, T. E. (2022, September Selasa). 7 Metode Belajar Membaca Al-Qur'an dan Masing-masing Kelebihannya. From www.detik.com: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6315198/7-metode-belajar-membaca-al-quran-dan-masing-masing-kelebihannya

Published
2024-08-25