Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Pengetahuan Tentang Shalat Lima (5) Waktu Pada Siswa SMA SLTA Kota Bandung

  • Nur Aida Fatimah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Eko Surbiantoro Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kesadaran diri, pengetahuan ibadah shalat

Abstract

Abstrak. Kesadaran diri didalam beribadah menjadikan komponen penting diri mereka sendiri agar lebih memahami lebih dalam tentang siapa mereka sebenarnya. Penelitian ini dilakukan dari beberapa sekolah secara acak. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi pearson yang merupakan korelasi sederhana yang melibatkan satu variabel terikat (dependent) dan satu variabel bebas (independent). Dan menggunakan penelitian lapangan (filed research). Didalam skripsi ini peneliti juga melibatkan 2 kelas pada setiap sekolah. Hasil dari skripsi ini, peneliti dapat mengetahui bahwa hubungan antara kesadaran diri dengan pengetahuan ibadah tentang shalat pada siswa dapat dilihat dalam tabel dengan nilai r hitung > r tabel atau 0,106 > 0,124. Dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya antara hubungan antara kesadaran diri dengan pengetahuan ibadah tentang shalat pada siswa terdapat hubungan yang sangat rendah. Hal tersebut memiliki nilai di angka 0,00-0,20 maka hasil tersebut dapat dikatakan tidak signinfikan. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan ibadah tentang shalat yang diketahui siswa, belum tentu dapat menjadikan siswa mempunyai kesadaran terhadap dirinya sendiri, harus diniatkan dari diri sendiri. Meskipun seseorang itu sudah diajarkan mengenai ibadah sekalipun, dan dicontohkan tetap saja belum tentu membuat anak itu sadar akan kepentingan shalat, dan ingin melakukannya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kesadaran diri tidak mempunyai hubungan signifikan terhadap pengetahuan ibadah tentang shalat.

References

Annisa Amalia, Erhamwilda, & Sobar Al Ghazal. (2023). Proses Menumbuhkan Self Control dalam Mengerjakan Shalat Wajib. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 97–104. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.2956Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Zainuddin. (2013). Manusia dalam perspektif filsafat.

Mulia, R. (2003). Menyelami seluk-beluk ibadah dalam islam. Prenada Media.

Makmun, H. (2017). Life Skill Personal Self Awareness (Kecakapan Mengenal Diri). Deepublish.

Erhamwilda. (2015). Konseling Sebaya (Vol. 1). Media Akademi.

Published
2024-08-25