Implikasi Pendidikan dari Al-Quran Surat Al-Isra’ Ayat 53 tentang Perintah Berkata Baik terhadap Berkomunikasi dalam Pendidikan

  • Fahmi Faizal Muharom Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Al-Isra Ayat 53, Etika Berkomunikasi dalam pendidikan, Berkata baik

Abstract

Abstract. Habluminannaas is a powerful reminder of the importance of relationships and needs that have meaning in everyday life. The concept of habluminannaas emphasizes that every human being is not an isolated entity, but rather part of a larger whole. This idea is implemented in the Qur'an which speaks of the importance of unity and cooperation among people, regardless of race, tribe, culture, or other related factors. The basic concept of Islam as a mercy lil alamin, slowly crushed by a wave of group selfishness and momentary interests. Muslims blaspheme each other, slander each other and even threaten each other to be killed in the name of jihad. This condition, which the writer then felt important to remind of the values of Islamic integrity. The purpose of this study is to identify the content of QS.Al-Isra’s paragraph 53 according to the Mufashirs, to study from the QS’s interpretation. Al-Israh’s verse 53, to know the opinions of educational experts on the ethics of communicating, to find the educational implications in Qs.”Al-ISRA’s verse 53 on the command of good speech against the ethic of communicate in education. This research uses the Library Research method with the examination of the study of interpretations, books, notes, journals, and reports related to the research. Thus, the Muslims must keep their words to the other Muslims, or even to the faithful. Even when someone else's speech causes us pain, a Muslim must keep his mouth so that it does not cause division. It's also true in the world of education, educators are required to have the social competence to control. Education implications in QS. Al-Isra verse 53 against Communicating Ethics in Education that is the ethics of communicating is one of the important elements in the learning process, good communication between educators and pupils will produce effective and efficient learning, as well as teachers need to understand the communication behavior of pupils so that learning process is carried out effectively and efficiently.To deviate, it requires an education of parents and of oneself.

Abstrak. Habluminannaas merupakan pengingat yang kuat akan pentingnya hubungan dan kebutuhan yang memiliki makna dalam dengan kehidupan sehari-hari. Konsep habluminannaas menekankan bahwa setiap insan bukanlah entitas yang terisolir, melainkan bagian dari keseluruhan yang lebih besar. Gagasan ini diimplementasikan di dalam Al-Qur’an yang berbicara tentang pentingnya persatuan dan kerja sama di antara orang-orang, terlepas dari perbedaan ras, suku, budaya, atau faktor-faktor lain terkait. Konsep dasar Islam sebagai rahmatan lil alamin, pelan-pelan tergerus oleh gelombang egoisme kelompok dan kepentingan sesaat. Sesama muslim saling hujat, saling fitnah, bahkan saling ancam untuk dibunuh dengan atas nama jihad. Kondisi ini, yang kemudian penulis merasa penting untuk mengingatkan kembali akan nilai-nilai luhur Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengidentifikasi isi kandungan QS.Al-Isra’ ayat 53 menurut para mufassir, mengkaji dari tafsir QS.Al-Isra’ ayat 53, Mengetahui pendapat pakar pendidikan tentang etika berkomunikasi, untuk Menemukan implikasi pendidikan dalam QS. Al-Isra’ ayat 53 tentang perintah berkata baik terhadap etika berkomunikasi dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Library Research (Penelitian pustaka) dengan penelaahan studi tafsir, buku, catatan, jurnal, dan laporan yang berkaitan dengan penelitian. Dari penelitian ini, diperoleh isi kandungan dari QS.Al-Israa ayat 53 bahwa muslim harus menjaga ucapannya dengan baik dan benar kepada muslim lainnya atau orang musyrik sekalipun. Bahkan apabila ada ucapan orang lain mengakibatkan kita sakit hati, seorang muslim tetap harus menjaga lisannya sehingga tidak menimbulkan perpecahan. Hal ini juga berlaku di dunia pendidikan, pendidik diharuskan memiliki kompetensi sosial yang mumpuni. Implikasi pendidikan dalam QS. Al-Isra ayat 53 terhadap Etika berkomunikasi dalam pendidikan yaitu etika berkomunikasi merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran, komunikasi yang baik antara pendidik dan peserta didik akan menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien,serta guru perlu memahami perilaku komunikasi peserta didik agar proses pembelajaran terlaksana dengan efektif dan efisien.menyimpang, maka diperlukan adanya edukasi dari orang tua dan diri sendiri.

References

Al-Qurrthurbi, A. A. (2008). Tafsir Al Qurrthurbi Surrah: Al Hijir. An-Nahl. Al Israa’ dan Al Kahfi (M. I. Al-Hifnawi & M. H. Urtsman (Erds.); Vol. 10). Purstaka Azzam.

Ath-Thabari, I. jarir. (2007). Tafsir Ath-Thabari (A. M. Syakir & M. M. Syakir (Erds.); Vol. 59). Purstaka Azzam.

Aurlia, I. (2022). Kasih Sayang serbagai Konserp Hablurmminannas dalam Perrsperktif Hadis: Sturdi Takhrij dan Syarah Hadis. Gurnurng Djati Conferrerncer Serriers, 16, 126–135.

Az-zurhaili, W. (2003). Tafsir Al-Murnir Jilid VIII. Germa Insani.

Basit, L. (2018). Furngsi Komurnikasi. Al-Hikmah Merdia Dakwah, Komurnikasi, Sosial Dan Kerburdayaan, 9(2), 26–42. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i2.1737

Derwi, M. S. R. (2019). ISLAM DAN ErTIKA BErRMErDIA ( Kajian Ertika Komurnikasi Nertizern di Merdia Sosial Instagram Dalam Perrsperktif Islam ). 3(1).

Drajat, A. (2017). Urlurmurl Qurran (Perngantar Ilmur Qurran). Kerncana.

Furad, S., Erfferndi, N., & Ronaning, Er. (2021). Perrurbahan Perrilakur Komurnikasi Gernerrasi Milernial dan Gernerrasi Z di Erra Digital. 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550

Jamallurdin. (2016). Manfaat Merdia Komurnikasi dalam Perndidikan dan Permberlajaran. Jurrnal UrM Palermbang, 1(1), 14–26. https://jurrnal.urm-palermbang.ac.id/attabligh/articler/vierw/135/107

Kurrniawan, D. (2018). Komurnikasi Moderl Laswerll Dan Stimurlurs-Organism-Rersponser Dalam Merwurjurdkan Permberlajaran Mernyernangkan. Jurrnal Komurnikasi Perndidikan, 2(1), 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65

Kursurmawati, T. I. (2016). Komurnikasi Verrbal Dan Nonverrbal Tri Indah Kursurmawati. Jurrnal Perndidikan Dan Konserling, 6(2), 84.

Manurlang, M. (2004). Perdoman Terknis Pernurlisan Skripsi. ANDI.

Marwah, N. (2021). Ertika Komurnikasi Islam. Al-Din : Jurrnal Dakwah Dan Sosial Keragamaan, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35673/ajdsk.v7i1.1704

Masdurl, M. R. (2018). Komurnikasi Permberlajaran Lerarning Commurnication. Iqra: Jurrnal Ilmur Kerperndidikan Dan Kerislaman, 13(2), 1–9. https://www.jurrnal.urnismurhpalur.ac.id/inderx.php/IQRA/articler/vierw/259

Maurlida, H. (2020). Perrilakur Komurnikasi di Serkolah Ramah Anak Kota Magerlang (Commurnication Berhavior at Child Frierndly School of Magerlang City). Sosio Informa: Kajian Perrmasalahan Sosial Dan Ursaha Kerserjahterraan Sosial, 6(3), 239–251.

Mirzaqon, T.Abdi dan Purrwoko, B. (2018). Sturdi Kerpurstakaan Merngernai Landasan Terori dan Praktik Konserling Erxprerssiver writing. Jurrnal BK UrNErSA, 1–8.

Murkarom, Z. (2020). Terori-Terori Komurnikasi. http://md.urinsgd.ac.id

Murlyasa, Er. (2013). Kurrikurlurm Tingkat Saturan Perndidikan. Rermaja Rosdakarya.

Nasurtion, S. M., Sari, P. L. P., & Nasurtion, W. N. A. (2021). Ertika Berrkomurnikasi Dalam Perndidikan. Jurrnal Perngabdian Kerpada Masyarakat, 1(2), 141–149.

Nurrhadi, Z. F., & Kurrniawan, A. W. (2017). Jurrnal Komurnikasi Hasil Permikiran dan Pernerlitian-ISSN: 2461-0836 KAJIAN TErNTANG ErFErKTIVITAS PErSAN DALAM KOMUrNIKASI. 1, 90–95.

Nurrhamim, A. K. bin. (2005). Konserp Perndidikan Akhlak Mernurrurt dalam Kitab Adab Ad-Durnya wa Ad-din Karangan Imam Hasan Ali bin Murhammad bin Habib Al-Bashari Al-Mawardi.

Pohan, D. D., & Fitria, Ur. S. (2021). Jernis-Jernis Komurnikasi. Pohan, Dersi Damayani, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Qurlurb, L. (Liyanaturl). (2019). Profersionalismer Perndidik dalam Prosers Permberlajaran. Dirasat, 14(01), 29–44. https://www.nerliti.com/purblications/332274/

Rurkajat, A. (2018). Pernderkatan Pernerlitian Kuralitatif. CV Burdi Urtama.

Saihur, M. (2021). Ertika Komurnikasi dalam Perndidikan Merlaluri Kerrangka Terori Teracherr Erngagermernt ( Sturdi di Smk Purspita Perrsada Jakarta Serlatan Tahurn Perlajaran 2019 / 2020 ). Erdurkasi Islami: Jurrnal Perndidikan Islam, 10(1), 445–466. http://jurrnal.staialhidayahbogor.ac.id/inderx.php/eri/articler/vierw/1593

Sari, M. (2020). Pernerlitian Kerpurstakan (Library Rerserarch) Dalam Pernerlitian Perndidikan IPA. Jurrnal Pernerlitian Bidang IPA Dan Perndidikan IPA Jilid 6, 41–53.

Shihab, M. Q. (2014). Tafsir Al-Misbah (Vol. 7, Issurer 2). Lernterra Hati.

Surlaiman, A. I. (2013). Moderl Komurnikasi Formal dan Informal dalam Prosers Kergiatan Permberrdayaan Masyarakat. Jurrnal Pernerlitian Komurnikasi, 16(2), 173–188. https://doi.org/10.20422/jpk.v16i2.38

Surryati. (2014). Pernanaman Adab Sopan Santurn Siswa terrhadap Gurrur Perndidikan Agama Islam di SD Murhammadiyah Klerco Kotagerder Yogyakarta.

Suryurti, I. (2008). sturdi Al-Qurran Komprerhernsif. Indiva Purstaka.

Turrnip, Er. Y., & Siahaan, C. (2021). Ertika Berrkomurnikasi dalam Erra Merdia Digital. Jurrnal Erkonomi, Sosial & Hurmaniora, 3(4), 1–8. https://www.jurrnalinterlerktiva.com/inderx.php/jurrnal/articler/vierw/659

Winarsih, S. (2020). Implermerntasi Perndidikan Adab Serberlurm Ilmur urnturk Mermbernturk Perrilakur Kermandirian Siswa di MI Murhammadiyah 6 Nglergok Ponorogo.

Yurdi Abdurllah, & Yertty Oktarina. (2017). Rurang Lingkurp Komurnikasi. Komurnikasi Dalam Perrsperktif Terori Dan Praktik, 38-.

Zikri, A. (2019). Fitnah (HOAX). Tolerransi Merdia Ilmiah Komurnikasi Urmat Berragama, 11(1), 103.

Published
2024-08-25