The Hubungan Bimbingan Orangtua dalam Membentuk Pribadi yang Tidak Sombong dan Marah terhadap Kecenderungan Anak pada Perilaku Bullying di Desa Sindangsari Garut

  • Salma Wildani Siti Hafsah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Tidak Sombong, Tidak Marah, Bullying

Abstract

Abstract. This study is titled "The Relationship Between Parental Guidance in Shaping a Humble and Emotionally Controlled Personality with the Tendency of Children to Engage in Bullying Behavior." The main issue faced is the high level of bullying among adolescents, which is suspected to be related to the lack of parental guidance in teaching humility and emotional control. The research questions are: 1. What is the level of parental guidance in teaching children to control arrogance and anger according to Islamic teachings? 2. How is the tendency of children to engage in bullying behavior? 3. Is there a relationship between the level of parental guidance in teaching children to control arrogance and anger according to Islamic teachings and the tendency of children to engage in bullying? The objective of this study is to analyze the relationship between parental guidance in shaping a humble personality and controlling anger with the tendency of children to engage in bullying. The research method used is quantitative with a correlational approach. Data was collected through questionnaires distributed to parents and children in Desa Sindangsari. Data analysis was performed using the coefficient of determination (R²) and F-test to test the hypotheses. The results indicate that parental guidance in preventing arrogance and controlling anger together has a significant impact on the tendency of children to engage in bullying, meaning that more than half of the variation observed in the variables has a strong relationship. The analysis also shows a significant effect between parental guidance and the tendency of children to engage in bullying. Based on these results, it is recommended that parents be more consistent in providing guidance to shape a humble personality in their children and help them manage anger to reduce bullying tendencies among children.

Abstrak. Penelitian ini berjudul "Hubungan Bimbingan Orangtua Dalam Membentuk Pribadi Yang Tidak Sombong dan Marah Terhadap Kecenderungan Anak Pada Perilaku Bullying". Permasalahan utama yang dihadapi adalah tingginya tingkat bullying di kalangan anak remaja yang diduga berkaitan dengan kurangnya bimbingan orangtua dalam mengajarkan sikap rendah hati dan pengendalian emosi. Rumusan masalah yang diajukan ialah; 1. Bagaimana tingkat bimbingan orangtua dalam mengajarkan anak mengendalikan tidak sombong dan marah dalam ajaran Islam? 2. Bagaimana kecenderungan anak melakukan perilaku bullying? 3. Adakah hubungan antara tingkat bimbingan orangtua dalam mengajarkan anak mengendalikan tidak sombong dan marah dalam ajaran Islam dengan kecenderungan anak melakukan bullying?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara bimbingan orangtua dalam membentuk pribadi yang tidak sombong dan mengendalikan emosi marah dengan kecenderungan anak melakukan bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada orangtua dan anak-anak di Desa Sindangsari. Analisis data dilakukan menggunakan uji koefisien determinasi (R2) dan uji F untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orangtua dalam mencegah sifat sombong dan mengendalikan emosi marah secara bersama-sama berpengaruh penting terhadap kecenderungan anak melakukan bullying dengan kata lain, bahwa lebih dari setengah variasi yang terjadi pada variabel yang diamati mempunyai hubungan yang cukup kuat. Analisis juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang penting antara variabel bimbingan orangtua dan kecenderungan anak melakukan bullying. Dari hasil ini, disarankan agar orangtua lebih konsisten dalam memberikan bimbingan untuk membentuk pribadi anak yang tidak sombong dan mampu mengendalikan emosi marah guna mengurangi kecenderungan bullying di kalangan anak-anak.

References

Erhamwilda, A., Suhardini, A. D., Afrianti, N., & Mulyati, H. (2023). Pendidikan dalam Keluarga dan Parenting. Yogyakarta: CV. Graha Ilmu

'Ulwan, A. N. (2012). Pendidikan Anak dalam Islam. Sukoharjo: Penerbit Insan Kamil.

Zuhdi, M. S., & Nuqul, F. L. (2022). Konsepsi emosi marah dalam perspektif budaya di Indonesia: sebuah pendekatan indigenous psychology. Jurnal Psikologi, 18(1), 51-62.

Salamah, F. (2023). Peran Orang Tua dalam Pencegahan Bullying Pada Anak (Studi Literatur).

Parlina, I., Hidayat, T., & Istianah, I. (2022). Konsep Sombong Dalam Al-Quran Berdasarkan Metode Pendekatan Tematik Digital Quran. Civilization Research: Journal Of Islamic Studies, 1(1), 77-93.

Published
2024-08-22