Pengaruh Pembelajaran Adab Berbusana terhadap Etika Berbusana Muslimah Siswi Kelas XI Man 1 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2022-2023

  • Selvi Putri Wahyutiara Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Arif Hakim Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pembelajaran Adab, Etika Berbusana, Pendidikan Agama

Abstract

Abstract. Dress ethics learning in the context of Islamic religious education is crucial for Muslimah students, especially in maintaining moral values and ethical dressing according to religious teachings. This research aims to identify the influence of dress ethics learning on Muslimah dress ethics outside of school among Class XI students of MAN 1 Kota Bandung in the academic year 2022-2023. The research employed a quantitative descriptive approach using field research methods, involving the entire population of Class XI female students of MAN 1 Kota Bandung as the sample. The findings indicate that the majority of students have received good dress ethics learning at school, as evidenced by their choices in attire that covers the aurah, appropriate materials, and suitability with environmental conditions. However, there are still challenges in applying Muslimah dress ethics outside of the school environment, such as forgetting to pray before wearing or removing clothing. Statistical analysis reveals a significant positive correlation between dress ethics learning and the practice of Muslimah dress ethics, indicating that better dress ethics learning correlates with better implementation of Muslimah dress ethics outside of school. This study underscores the importance of comprehensive and consistent religious education in shaping attitudes and practices of Muslimah students' attire. The implications of these findings can serve as a basis for enhancing religious education curricula that effectively support understanding and practice of Muslimah dress ethics aligned with Islamic values among students of MAN 1 Kota Bandung.

Abstrak. Pembelajaran adab berbusana dalam konteks pendidikan agama Islam sangat penting bagi siswi Muslimah, khususnya dalam menjaga nilai-nilai moral dan etika berbusana sesuai ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran adab berbusana terhadap etika berbusana Muslimah di luar sekolah pada siswi Kelas XI MAN 1 Kota Bandung tahun pelajaran 2022-2023. Metode penelitian lapangan digunakan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, melibatkan seluruh populasi siswi Kelas XI MAN 1 Kota Bandung sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswi telah mendapatkan pembelajaran adab berbusana yang baik di sekolah, terbukti dari pilihan busana yang menutup aurat, material yang sesuai, serta kesesuaian dengan kondisi dan lingkungan. Meskipun demikian, masih ada tantangan dalam menerapkan etika berbusana Muslimah di luar lingkungan sekolah, seperti lupa berdoa sebelum mengenakan atau melepas busana. Analisis statistik menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran adab berbusana dengan praktik etika berbusana Muslimah, menunjukkan bahwa semakin baik pembelajaran adab berbusana, semakin baik juga implementasi etika berbusana Muslimah di luar sekolah. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan agama yang menyeluruh dan konsisten dalam membentuk sikap dan praktik berbusana siswi Muslimah. Implikasi dari hasil ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kurikulum pendidikan agama yang lebih efektif dalam mendukung pemahaman dan praktik berbusana Muslimah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam di kalangan siswi MAN 1 Kota Bandung.

References

Abdullah, Ma'ruf. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja. Pressindo.

Al-Albani, M. N. (2014). Kriteria Busana Muslimah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi`i

Alawiyah, S., Handrianto, B., & Rahman, I. K. (2020). Adab Berpakaian Wanita Muslimah Sesuai Tuntunan Syariat Islam. Rayah Al-Islam, 4(02), 218-228.

Alifuddin, M. (2014). Etika Berbusana dalam Perspektif Agama Dan Budaya. Shautut Tarbiyah, 20(2), 80-89.

Andi Field (2009). Discovering Statistics Using SPSS. (3rd ed.). SAGE Publications Ltd, London UK Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipt

Arifin, S. (2018). Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azzahra, F. (2018). Efektivitas Pembelajaran Fiqih terhadap Kesadaran Berbusana Muslimah Siswi MA Al-Hidayah Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Asnawi, S. H., & Sulaiman, A. (2021). Niqabstyle: Media Sosial, Fashion, dan Kesalehan. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 4(1), 77-97.

Barker, C. Pistrang, N & Elliot, R (2016). Research Methods in Clinical Psychology. (3rd ed.). John Wiley & Sons, LTD, Chichester UK

Meliana, M., & Murniyetti, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Adab Berbusana Peserta Didik. An-Nuha, 3(1), 116-125

Miskah. (2020). “Pengaruh memakai berbusana muslimah dengan model busana terhadap ketenangan jiwa santri Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus (Mahasiswa STAIN Kudus)”.

Muliana, Y., & Ahmad, A. (2019). Pengaruh Media Telekomunikasi Terhadap Gaya Berbusana Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 50-61.

Muliati, M., Masdul, M. R., Lasawali, A. A., & Purnamawaty, R. (2020). Urgensi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Minat Berbusana Muslimah di luar Sekolah Siswi MTS Al Khairaat Palapi. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 15(2), 70-78.

Muliyati, S. (2021). Pengaruh Persepsi Jamaah Shalawat Ibu-Ibu Terhadap Etika Berbusana Muslimah di Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1).

Published
2024-08-22