Eksplorasi Penggunaan Gawai sebagai Media Pembelajaran terhadap Proses Pembelajaran Kognitif pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP PGII 2 Bandung

  • Cyka Putri Miryani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • dedih surana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • iwan sanusi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Gawai, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Abstract. The background of this study is the low interest and motivation of students towards learning PAI. This is reflected in boredom when the teacher teaches, sleepiness during lessons, difficulty maintaining concentration, and the tendency of students to chat that can disturb other friends. All these factors have a negative impact on the learning process and outcomes. This study aims to understand the effect of using gadgets as PAI learning media on the cognitive learning outcomes of VIII grade students of SMP PGII 2 Bandung. This study assumes that the use of devices can increase the effectiveness and efficiency of learning, make students more interactive, and encourage teachers to be more innovative in creating flexible and internet-based learning media. It is expected that the use of devices can affect cognitive learning outcomes which include the ability to remember, understand, apply, analyze, assess, and create. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques include observation, in-depth interviews, documentation, and literature study. The research participants were VIII grade students of PGII 2 Bandung Junior High School and teachers who taught PAI. Data analysis was conducted by interpreting and understanding data obtained from various sources. The research findings show that the use of gadgets as learning media has a positive impact on students' cognitive learning outcomes.

Abstrak. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi peserta didik terhadap pembelajaran PAI. Hal ini tercermin dari rasa bosan saat guru mengajar, rasa mengantuk selama pelajaran, kesulitan menjaga konsentrasi, serta kecenderungan peserta didik untuk mengobrol yang dapat mengganggu teman-teman lainnya. Semua faktor ini memberikan dampak negatif pada proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh penggunaan gawai sebagai media pembelajaran PAI terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP PGII 2 Bandung. Penelitian ini berasumsi bahwa penggunaan gawai dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, membuat siswa lebih interaktif, serta mendorong guru untuk lebih inovatif dalam menciptakan media pembelajaran yang fleksibel dan berbasis internet. Diharapkan penggunaan gawai dapat memengaruhi hasil belajar kognitif yang meliputi kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menilai, dan mencipta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VIII SMP PGII 2 Bandung serta guru-guru yang mengajar PAI. Analisis data dilakukan dengan menafsirkan dan memahami data yang diperoleh dari berbagai sumber. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gawai sebagai media pembelajaran memberikan dampak positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Siswa merasa lebih mudah mengakses dan memahami materi yang diberikan oleh guru melalui internet, serta dapat menonton video terkait mata pelajaran PAI, sehingga materi lebih mudah dipahami. Selain itu, penggunaan gawai mendorong guru untuk lebih inovatif dalam menyampaikan materi, menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan dan penuh antusiasme, serta meningkatkan interaktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

References

Arista, Vinni. Keefektifan Pembelajaran Daring terhadap Atensi Belajar dan Kemampuan Pemahaman Siswa di SMPN 7 Muaro Jambi. Skripsi; 2021.

Diahratri, Khusnul. Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Skripsi; 2022.

Pribowo, P. Persepsi Guru SD Muhammadiyah terhadap Penggunaan Gawai dalam Pembelajaran di Kelas. Proceding: Literasi dalam Pendidikan di Era Digital untuk Generasi Milenial; 2021.

Sujana, I. W. C. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Wijaya: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 04 No. 01; 2019.

Published
2024-08-19