Penguatan Pribadi Muslim Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Tahfidz Di Smp Telkom Bandung

  • Nida Nur Rosiddah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Eko Surbiantoro Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Tahfidz Qur’an, Character, Muslim Personality

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengarah pada empat rumusan permasalahan yang meliputi: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz 2) proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz 3) pentingnya kegiatan ekstrakurikuler tahfidz dalam penguatan kepribadian muslim dan 4) hambatan dan pendukung kegiatan ekstrakurikuler tahfidz untuk memperkuat kepribadian muslim. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dari bulan Mei-Juni 2024. Ruang lingkup subjek dalam penelitian adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfidz, sedangkan pembicara pendukung lainnya antara lain kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler tahfidz, dan pelatih ekstrakurikuler tahfidz. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terkait penguatan kepribadian muslim melalui kegiatan ekstrakurikuler tahfidz menunjukkan bahwa: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz dilakukan dengan mencocokkan jadwal hari efektif dan seleksi hafalan siswa 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz yaitu kegiatan pembukaan, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutupan 3) Pentingnya kegiatan ekstrakurikuler tahfidz untuk memperkuat kepribadian muslim adalah kontrol dari sekolah yaitu kemahasiswaan dan kepala bidang prestasi dan ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap kali 4) Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler tahfidz untuk penguatan kepribadian muslim adalah apresiasi dari sekolah bagi siswa yang telah mencapai target menghafal dengan memberikan piagam dan uang pembinaan serta sarana prasarana. Sementara itu, faktor penghambat adalah ada mahasiswa yang minatnya kurang optimal, dan antusiasme dan fokus yang tidak stabil membuat konsentrasi menurun.

References

Almu’tasim A. Penciptaan Budaya Religius Perguruan Tinggi Islam (Berkaca Nilai Religius UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). J-PAI J Pendidik Agama Islam. 2016;3(1):105–20.

Aprilia S, Sajari D. Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha. TA’LIM J Stud Pendidik Islam. 2022;5(2):211–22.

Wirasasmita MA, Nasrulloh MF, Rizal AS, Budiyanti N. Menghidupkan Sunnah Harian Rasulullah dalam Pembentukan Karakter Pribadi Muslim. Sosio Reli J Kaji Pendidik Umum. 2023;21(1):7–15.

Sunarso A. Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budaya Religius. J Kreat J Kependidikan Dasar [Internet]. 2020;10(2):155–69. Available from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23609

Najla MF. Konsep Kepribadian Muslim Menurut Prof. Dr. Hamka Dalam Buku Pribadi Hebat Dan Aplikasinya Dalam Program Studi Pendidikan Agama Islam. 2020;1–144.

Ridho A, Jannah J, Nuraini, Arifin S, Junaidi. Ikhlas Dalam Perspektif Al–Qur’an (Analisis Tafsir M. Quraish Shihab Terhadap QS. Al–An’am Ayat 162-163). 2019;

Yunus M, Trisnawati I. Hafiz Al-Qur’an Perspektif Q.S Al-Hijr/15:9 (Suatu Kajian Tahlili). El-Maqra’ Ilmu Al-Qur’an, Hadis, dan Teol. 2022;2(1):61–80.

Kosim A. Muwashofat Di Sekolah Menengah Atas Tahfidzul Qur ’ An Abi -Ummi Boyolali. 2023.

Muslim A, Ayuni DP, Wipradharma M, Wiyanti H. Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Upaya Penanaman Karakter Islami di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Bul Literasi Budaya Sekol. 2021;3(2):130–3.

Isa MH, Manshur A. Syarah 10 Muwashafat penjelasan lengkap 10 karakter muslim tangguh. cetakan ke. Ghufron A, editor. JL. Slamet Riyadi 485 H Ngendroprasto, Pajang, Laweyan Solo 57146: PT. Era Adicitra Intermedia; 2022.

Utami VP, Fathoni A. Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Penguatan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. J Basicedu. 2022;6(4):6329–36.

Published
2024-08-22