Upaya Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas XI Melalui Program Reward di SMAN 2 Lembang

  • Amelia Indah Lestari Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Motivasi, Menghafal Al-Qur’an, Program Reward

Abstract

Abstract. Abstract. This research is motivated by the low motivation of students in memorising the Qur'an, in addition to the infak program SMAN 2 Lembang is also motivated by the reward program, with the existence of this, there must be a spirit to build motivation by giving rewards. This reward program aims to motivate students to memorise the Qur'an. This research uses a qualitative approach with analytical descriptive method. Data collection methods used observation, interviews, and documentation. Data analysis used data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that efforts to increase the motivation to memorise the Qur'an of class XI students through the reward program at SMAN 2 Lembang have increased very well. Where this can be seen from the planning in this reward program, namely with a special time and each year will be the same, standardisation of program participants containing worship reports, and a minimum memorization requirement of 1 juz. The implementation of this reward programme is carried out through administrative selection and interviews, Al-Qur'an memorisation selection, and munaqosyah at the end of the test.

The evaluation of this reward programme is by monitoring the Al-Qur'an memorisation monitoring card. The motivation needed in the reward programme is intrinsic and extrinsic motivation. The supporting and inhibiting factors in this reward programme are the daily infaq of students and GTK, the worship report card containing the 5 daily prayers, the memorisation control card, qualified facilities and facilitators, and student laziness due to lack of intrinsic motivation. It can be concluded that the reward programme at SMAN 2 Lembang has increased students' motivation in memorising the Qur'an.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya motivasi siswa dalam menghafalkan Al-Qur’an, selain dari pada itu program infak SMAN 2 Lembang juga melatarbelakangi hadirnya program reward, dengan adanya hal tersebut harus adanya suatu semangat dalam membangun motivasi dengan cara pemberian reward. Program reward ini bertujuan untuk memberikan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa kelas XI melalui program reward di SMAN 2 Lembang mengalami peningkatan yang sangat baik. Dimana hal tersebut dapat terlihat dari perencanaan dalam program reward ini yaitu dengan adanya waktu khusus dan setiap tahun akan sama, adanya standarisasi peserta program yang memuat rapot ibadah, serta adanya syarat hafalan minimal 1 juz. Pelaksanaan program reward ini dilakukan melalui seleksi administrasi dan wawancara, seleksi bacaan Al-Qur’an, serta adanya munaqosyah di akhir pengetesan. Evaluasi dari program reward yaitu pemantauan kartu monitoring hafalan Al-Qur’an. Motivasi yang dibutuhkan dalam program reward yakni motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Faktor pendukung dan penghambat dalam program reward ini yaitu ada nya infak harian siswa dan GTK, rapot ibadah dengan memuat 5 waktu shalat, kartu kontrol hafalan, fasilitas dan fasilitator yang mumpuni, serta adanya rasa malas terhadap pribadi siswa dikarenakan motivasi intrinsik yang kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa program reward di SMAN 2 Lembang telah mengalami peningkatan motivasi dalam menghafalkan Al-Qur’an siswa-siswi.

References

Abd Rahman, and Nanda Fitriani. 2023. “Pelaksanaan Program Liga Tahfiz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an.” Jurnal Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 15(1): 133–44. doi:10.47435/al-qalam.v15i1.2100.

Alwie, rahayu deny danar dan alvi furwanti et al. 2020. “Tugas Akhir Tugas Akhir.” Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201 2(1): 41–49.

Kurniawan, D, and N F Lukya. 2022. “Motivasi Berprestasi Santri Tahfidz Qur’an Ma’had Al Kahfi Dalam Menempuh Pendidikan Di MAN 1 Lampung Timur.” Skula: Jurnal Pendidikan Profesi Guru: 1–10. http://202.162.210.184/index.php/skula/article/view/287.

Kurniawati, Weni. 2021. “Desain Perencanaan Pembelajaran.” Jurnal An-Nur 7(1): 1–10.

Kusainun, Noven. 2020. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan 5(1): 134–54.

Ma’rifah, Hidayatul. 2022. “Upaya Peningkatan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Santri Melalui Program Reward Dan Punishment Di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung.”

Yuliasari, Eka. 2022. “Analisi Motivasi Kerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Dikantor Camat Inuman Kabupaten Kuantan Singingi.”

Muzaiyanah, I. A., Hayumuti, H., & Asrori, A. (2023). Implementasi Metode Wafa dengan Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP Mujahidin Surabaya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2292-2299.

Nikmah, L. U. L. (2020). Implementasi Metode Iqro'Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur'an Santri TPA Al-Mustawa Siman (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Siswanto, S., & Susanti, E. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Islam. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65-74.

Published
2024-08-22