Peran Orang Tua terhadap Keberhasilan Pembelajaran Anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Nurul Muttaqien Desa Mandalamekar Kabupaten Bandung
Abstract
Abstract. his study emphasizes the importance of parental support and involvement in enhancing the effectiveness and efficiency of children's education, particularly within the context of madrasahs and religious education. Effective communication between parents and the school is seen as a key factor in supporting the learning process and fostering the religious character of children. The research aims to investigate how education and learning processes are conducted in madrasahs, explore the role of parents in supporting the success of educational programs in madrasahs, and identify the planning, implementation, evaluation processes, as well as the supporting and inhibiting factors that influence educational success. The study uses a qualitative approach with descriptive methods, gathering data through direct observation, in-depth interviews, and document analysis. The findings reveal that parents play a crucial role in fulfilling the basic needs of children, such as financial support and balanced nutrition, which are essential for their health and development. Parents are also actively involved in supporting educational programs in madrasahs, including religious activities and Qur’an learning. Despite challenges like children’s attraction to games and technology, as well as the parents’ limited knowledge of religious education, they still recognize the importance of guiding their children in religious studies at home. Collaboration between parents and madrasahs is vital in ensuring a holistic educational experience for children.
Abstrak. Penelitian ini menyoroti peran penting dukungan dan keterlibatan orang tua dalam meningkatkan efektivitas pendidikan anak di madrasah, khususnya dalam pendidikan agama. Komunikasi efektif antara orang tua dan sekolah dianggap sebagai faktor kunci dalam mendukung proses pembelajaran serta pengembangan karakter religius anak. Tujuan penelitian ini adalah meneliti pelaksanaan pendidikan di madrasah, mengeksplorasi peran orang tua dalam mendukung program pembelajaran, serta mengidentifikasi proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor pendukung atau penghambat keberhasilan pendidikan. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan dalam memenuhi kebutuhan dasar anak, seperti kebutuhan finansial dan nutrisi, yang penting untuk kesehatan dan perkembangan mereka. Orang tua juga aktif mendukung program pembelajaran di madrasah, termasuk kegiatan keagamaan dan pengajaran Al-Qur’an. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi meliputi ketertarikan anak pada game dan teknologi serta keterbatasan pengetahuan agama orang tua. Namun, mereka tetap berusaha mendampingi anak dalam belajar agama di rumah dan bekerja sama dengan pihak madrasah untuk meningkatkan pembelajaran agama. Kolaborasi yang baik antara orang tua dan madrasah sangat penting dalam mendukung pendidikan yang holistik bagi anak-anak.
References
2. M. H. Masyithoh. Manajemen Mutu Pendidikan Perspektif Qs. Ar-Ra’du Ayat 11 Dan Impelemtasinya Dalam Pengelolaan Madrasah. Vol. 1, No. 1, Februari – Oktober 2020. J Jump. 2020;1(1):37–50.
3. Kinanti Diajeng Ayu, Trihantoyo Syunu. Urgensi Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Bermutu. J Inspirasi Manaj Pendidik. 2021;9:256–64.
4. Indy R. Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, J Soc Cult [Internet]. 2019;12(4):1–18. Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
5. Handayani Wahyu Suci. Implementasi Education Management Information System (Emis) Dalam Pengambilan Keputusan Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. 2020;192.
6. Clarisa Ayu Aprilia, Novia Ayya Shofia, Wann Nurdiana Sari. Pentingnya Kontribusi Orang Tua Terhadap Lembaga Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. J-CEKI J Cendekia Ilm. 2021;1(1):20–30.
7. Lubis Z, Ariani E, Segala SM, Wulan W. Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak. Pema (Jurnal Pendidik Dan Pengabdi Kpd Masyarakat). 2023;1(2):92–106.
8. Mustika M, Dedi S, El-Falahi L. Batasan Nafkah Anak Perspektif Kompilasi Hukum Islam Dan Mazhab Syafi’i Serta Penerapanya Di Desa Pelakat Semende Darat Ulu. 2021; Available from: http://e-theses.iaincurup.ac.id/2438/
9. Kusumawardani E. Urgensi Pelibatan Orangtua untuk Anak Remaja. 2023. 1–64 p.
10. Widiyati T. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perempuan Presfektif Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung; 2018.
11. Jamaludin D. Ilmu Pendidikan Islam. Vol. 01. 2022.
12. Yuhani`ah R. Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Anak. J Kaji Pendidik Islam. 2022;3(2).
13. Jamila. 58765-ID-pendidikan-berbasis-islam-yang-memandiri. J EduTech. 2016;2(2):73–83.