Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Pembelajaran PAI terhadap Minat Siswa Kelas V SD Negeri Jatisari Bandung

  • Yulli Fathul Aini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Helmi Aziz Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Minat Belajar

Abstract

Abstract. Student learning interest is an important part of student learning development. Learning interest is of the efforts to realize maximum student learning outcomes occurs because of changes in behavior after participating in the teaching and learning process so that optimal learning achievement is achieved. This study aims to determine the effect of the cooperative learning model of talking stick type on PAI learning on student interest in the material let's live simply and sincerely in class V SD Negeri Jatisari Bandung. The research method used in this research is quasi-exsperimental design with the form of non-equivalent control group design.The sample of this study consisted of two classes, namely the experimental class (V A) and the control class (V B). The results showed that there was an effect of the cooperative learning model of talking stick type on PAI learning material let's live simply and sincerely on students' interest in learning. This is evidenced by the increase in student interest in learning in the experimental class (treated) higher than the control class. In the experimental class, the average value of students' interest in learning was 72, while in the control class it was 59.6. The results of hypothesis testing using the independent t test of learning interest obtained a significance value (p) of 0.000. This figure is smaller than 0.05 so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the use of the talking stick type cooperative learning model has an influence on student interest in learning.


Abstrak. Minat belajar siswa merupakan bagian penting dalam perkembangan belajar siswa. Minat belajar harus terpenuhi karena salah satu upaya untuk mewujudkan hasil belajar siswa yang maksimal hal tersebut terjadi karena adanya perubahan perilaku setelah mengikuti proses belajar mengajar sehingga tercapai prestasi belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pembelajaran PAI terhadap minat siswa materi mari hidup sederhana dan ikhlas pada kelas V SD Negeri Jatisari Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi exsperimental design dengan bentuk desain non equivalent control group desain. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 Februari s/d 28 Maret 2024 di kelas V SD Negeri Jatisari Bandung tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (V A) dan kelas kontrol (V B). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pembelajaran PAI materi mari hidup sederhana dan Ikhlas terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya minat belajar siswa pada kelas eksperimen (yang diberi perlakuan) lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada kelas kelas eksperimen nilai rata-rata minat belajar siswa yaitu 72, sedangkan pada kelas kontrol 59,6. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent minat belajar nilai signifikansi (p) diperoleh 0,000. Angka tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa.

References

1. Nopirianti R. Upaya Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan melalui Belajar sambil Bermain. 2021;1–12.
2. Oktavia SA. Model-Model Pembelajaran. Ke-1. Amira Zatin, editor. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penertbit CV.Budi Utama); 2020.
3. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Ke-3. Sutopo, editor. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI); 2021. 99–100
4. Lidia W, Silvester S, Dimmera BG. Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan. Sebatik. 2022;26(2):666–72.
5. Suhendi. Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. 2023;III:552–63.
6. Yosefa E, Benge K. Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. J Educ Technol. 2017;1(4):231.
Published
2024-08-18