Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Hadits Riwayat Ahmad No. 21693 tentang Akhlak Peserta Didik terhadap Pendidikan

  • Rifia Arfianti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Mujahid Rasyid Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Hadist Riwayat Ahmad, Akhlak Peserta Didi, Menghormati

Abstract

Abstract. Educators and learners are very important components in education. One important aspect that is closely related to educators and students is manners and morals. As the purpose of education is to make students become a noble character. In addition, globalization has brought a wide impact, including in education. Azyumadi mentioned that the global age has many positives and negatives. One of the negative impacts is making students lose their original identity. Therefore, the author raises research on the Educational Values Contained in Hadith No. 21693 Ahmad's About the Morals of Learners Towards Educators. This reaseach aims to (1) find out the opinion of hadith commentators about Ahmad’s Hadith No. 21693 (2) describe the essence of Ahmad’s Hadith No. 21693 (3) know the opinion of education experts about the morals of students (4) analyze the values of moral education of students contained in Ahmad’s Hadith No. 21693. The method used in this research is literature (Library Reasech). Through an analytical descriptive approach. The hadith method approach uses the tausiq, tashih, tathbiq, takhrij and tahlili methods, namely by collecting the opinions of the muhadittsin, then analyzing with literature, namely by collecting data that is related to the discussion of researchers. The results of the research suggest that the values of education in the Ahmad History Hadith No. 21693 are (1) respect and obedience to educators (2) glorification of science and knowledgeable people (3) ethics and virtue in learning (4) compassion and empathy in social interaction.

Abstrak. Pendidik dan peserta didik merupakan komponen yang sangat penting dalam pendidikan. Salah satu aspek penting yang sangat terkait dengan pendidik dan peserta didik adalah adab dan akhlak. Sebagaimana tujuan pendidikan adalah menjadikan peserta didik menjadi seorang yang berakhlak mulia. Disamping itu globalisasi telah membawa dapak yang luas termasuk dalam pendidikan. Azyumadi menyebutkan bahwa zaman global memiliki banyak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah membuat pelajar kehilangan identitas aslinya. Oleh sebab itu, penulis  mengangkat penelitian tentang Nilai-nilai Pendidikan Yang Terkandung Dalam Hadist Riwayat Ahmad No. 21693 Tentang Akhlak Peserta Didik Terhadap Pendidik.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pendapat para pensyarah hadits tentang Hadits Riwayat Ahmad No. 21693 (2) mendeskripsikan esensi Hadits Riwayat Ahmad No.21693 (3) mengetahua pendapat ahli pendidikan tentang akhlak peserta didik (4) menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik yang terkandung pada Hadits Riwayat Ahmad No. 21693.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Reasech). Melalui pendekatan deskriptif analitik. Adapun pendekatan metode hadits menggunakan metode tausiq, tashih, tathbiq, takhrij dan tahlili, yaitu dengan  mengumpulkan pendapat para muhadittsin, lalu menganalisis dengan kepustakaan yaitu dengan cara mengumpulkan data yang ada keterkaitan dengan pembahasan peneliti. Hasil penelitian mengemukakan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam Hadits Riwayat Ahmad No. 21693 adalah (1) hormat dan patuh kepada pendidik (2) memuliakan ilmu dan orang yang berilmu (3) etika dan adab dalam belajar (4) kasih sayang dan empati dalam interaksi sosial.

References

[1] ASM, S. A. (2017). Pengantar Ilumu Hadits dan Cara Berteladan Pada Rasul. Bandung: Komunitas Kajian Alquran dan Hadits.
[2] Ulwan, A. N. (2002). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
[3] Jawas, Y. (2018). Adab & Akhlak Penuntut Ilmu. Bogor: PUSTAKA AT-TAQWA
[4] Waluyo, A., & Sani, M. R. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak dalam KItab Ta'lim Muta'allim Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di Indonesia. Jurnal Tawadhu, 3.
[5] Zakaria, H. (2020). Solusi pembelajaran Kitab Ta'lim Muta'alim Pada Problem Mendapatkan Keberkahan Ilmu . Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains.
[6] Nufus, Fika Pijaki, et al. (2017). "Konsep Pendidikan Birrul Walidain Dalam QS. Luqman (31): 14 dan QS. Al-Isra (17): 23-24". Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran.
[7] Bunyamin (2014). "Menyelami Sifat Kasih Sayang Rasulullah SAW. Jurnal Konunikasi dan Sosial Keagamaan
Published
2024-08-18