Implementasi Metode Al-Barqy dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an bagi Ibu-Ibu di Majelis Taklim As-Sakinah MTKD Cibeunying Kaler Kota Bandung

  • Irma Nopianti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode, Al-Barqy, Pembelajaran Al-Qur’an

Abstract

Abstract. Method is a way or path taken to achieve a goal. The Al-Barqy method is one of the fastest methods of reading the Qur'an. Al-Barqy is also known for its anti-forgetting method and the most effective and efficient method of teaching according to some of its users. The characteristics of learning with this method are easy, happy, anti-    forgetting and fast.The purposes of this study are to: (1) describe the process of planning learning the Qur'an with the Al-Barqy method. (2) describe the implementation of the al barqy method in learning the Koran at MTKD Cibeunying Kaler. (3) describe the evaluation of the al barqy method in learning the Qur'an at MTKD Cibeunying Kaler.To achieve this goal, the researcher used qualitative research with a qualitative descriptive approach. In the process of data collection is done by means of interviews, observation, and documentation.The research results obtained are: (1) the learning planning process, in this case the most important thing, is conducting teacher training because the al-barqy method is different from other methods. (2) the process of implementing al barqy learning is done classically using the word institution. (3) the learning evaluation process is carried out at the same time by writing on the Al-Barqy module, besides that the evaluation is carried out with the UTS and UAS in writing.

Abstrak. Metode adalah cara atau jalan yang ditempuh untuk  mencapai suatu tujuan. Metode Al-Barqy merupakan salah satu metode membaca Al-Qur’an yang tercepat. Al-Barqy juga dikenal dengan metode anti lupa dan metode yang paling efektif dan efisien pengajarannya menurut sebagaian penggunanya. Ciri khas belajar dengan metode ini adalah mudah, gembira, anti lupa dan cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Al-Barqy. (2) mendeskripsikan pelaksanaan metode al barqy dalam pembelajaran al qur’an di MTKD Cibeunying Kaler. (3) mendeskripsikan evaluasi metode al barqy dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTKD Cibeunying Kaler.Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam proses pemgumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) proses perencanaan pembelajaran dalam hal ini yang paling utama yaitu melelakukan pelatihan pada guru karena metode al barqy berbeda dengan metode lainnya. (2) proses pelaksanaan pembelajaran al barqy dilakukan secara klasikal menggunakan kata lembaga. (3) proses evaluasi pembelajaran dilakukan pada saat itu juga dengan menulis pada modul Al- Barqy, selain itu evaluasi dilakukan dengan UTS dan UAS secaraa tertulis.

Published
2022-01-20