Pengaruh Pola Asuh Orangtua Karir Teerhadap Kedisiplinan Shalat Pada Anak Usia 7-12 Tahun di Desa Ciberes
Abstract
Abstract. In the Family Circle, parents have influence in instilling prayer discipline in them. To instill prayer discipline, there is upbringing and parenting from parents for their children. Facts on the ground prove that every parent has a different way or method of parenting. This study aims to see the influence of career parenting on prayer discipline in children after 7-12 years. The purpose of this study is to find out how the parenting style of career parents affects prayer discipline in children aged 7-12 years, and to find out how much influence the parenting style of career parents has on prayer discipline in children aged 7-12 years in Ciberes Village. The method in this study uses a descriptive quantitative method. This research was carried out in Ciberes Village with a population of 30 people. The main data collection tool uses questionnaires and documents. The data analysis methods used were validity test, reliability test, normality test, homogeneity test and correlation test. Based on the results of data analysis through questionnaires using correlation tests, it can be concluded that there is a significant influence between career parenting and prayer discipline in children in Ciberes Village. The results were shown by Pearson Correlation of 0.858 with a confidence level of 95%. The results of the calculation stated that there was a Ho rejected and H1 accepted, in other words there was an influence of career parenting on prayer discipline in children aged 7-12 years.
Abstrak. Di Kalangan Keluarga, orangtua memiliki pengaruh dalam menanamkan keidisplinan shalat pada mereka. Untuk menanamkan kedisiplinan shalat, adanya didikan dan pola asuh dari orangtua untuk ana-anaknya. Fakta di lapangan membuktikan bahwa setiap orangtua memiliki cara atau metode pola asuh yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pola asuh oarngtua karir terhadap kedisiplinan shalat pada anak usai 7-12 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pola asuh orangtua karir terhadap kedisiplinan shalat pada anak usia 7-12 tahun, dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orangtua karir terhadap kedisiplinan shalat pada anak usia 7-12 tahun di Desa Ciberes. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ciberes dengan populasi sebesar 30 orang. Alat pengumpulan data utama menggunakan kuesioner dan dokumen. Metode analisi data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji korelasi. Berdasarkan hasil Analisa data melalui angket dengan menggunakan uji korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orangtua karir dengan kedisiplinan shalat pada anak di Desa Ciberes. hasil tersebut ditunjukkan dengan pearson correlation 0,858 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Hasil perhitungan tersebut menyatakan bahwa terdapat maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan kata lain terdapat pengaruh pola asuh orangtua karir terhadap kedisiplinan shalat pada anak usia 7-12 tahun.
References
[2] Diki Gustian, d. (2018). Pola Asuh Anak Usia Dini Keluarga Muslim dengan Ibu Pekerja Pabrik. Jurnal Pendidikan Islam, 7, 370-385.
[3] Erhamwilda, N. A. (2023). Pendidikan dalam Keluarga dan Paranting Menciptakan Suasana Keluarga Kondusif bagi Child Well Being Melalui Positive Parenting Islami. Yogyakarta: Media Akademi.
[4] Erhamwilda, N. A. (2022). Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur'ani. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 793-800. doi:10.31004/obsesi.v6i2.1329
[5] Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
[6] Hasanah, I. D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam . Jakarta: Amzah.
[7] Hayati Nufus, L. A. (2020). Pola Asuh Berbasis Qalbu dan Perkembangan Belajar Anak. Ambon: LP2M IAIN Ambon.
[8] Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.
[9] Mulia, A. T. (2003). Menyelami Seluk Beluk Ibadah Dalam Islam. Jakarta: Prenada Media.
[10] Semiawan, C. R. (2009). Penerapan Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Indeks
[11] Sugiono. (2016). Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & d. Bandung: Alfabeta.
[12] Sugiyono. (2017). Metode Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.