Efektivitas Metode Demonstrasi Berbasis Video pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Pasawahan 06

  • Luthfia Daffa Dhiya Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: metode pembelajaran, metode demonstrasi, hasil belajar

Abstract

Abstract. One of the issues in education is the improper selection of teaching methods, which can decrease students' interest and motivation in learning. This study aims to examine the effectiveness of video-based demonstration methods in the Islamic Education subject, specifically on the topic of purification. This study employed a quasi-experimental design with a control group pretest-posttest approach. The research sample consisted of 26 sixth-grade students, randomly divided into two groups: an experimental class taught using the video-based demonstration method and a control class taught using conventional teaching methods, with 13 students in each group. Data were collected through observation, interviews, documentation studies, and tests, and were then analyzed using the t-test. The results of the study indicate that the implementation of the video-based demonstration method significantly improved student learning outcomes in the experimental class compared to the control class. This is evidenced by the higher average posttest score in the experimental class (90) compared to the control class (67.31). The t-test analysis also supports this finding, with the calculated t-value being greater than the critical t-value (5.995 > 1.771), leading to the conclusion that the video-based demonstration method is effective in improving student learning outcomes in Islamic Education.

Abstrak. Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah kurang tepatnya pemilihan metode pembelajaran, yang dapat menurunkan minat dan semangat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode demonstrasi berbasis video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya materi bersuci. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan control group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 26 siswa kelas VI yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi berbasis video dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, masing-masing terdiri dari 13 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbasis video secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi di kelas eksperimen (90) dibandingkan dengan kelas kontrol (67,31). Analisis uji-t juga mendukung temuan ini dengan nilai t hitung > t tabel (5,995 > 1,771), sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi berbasis video efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

1. As-Suyuthi J, Al-Mahalli J. Tafsir jalalain. Surabaya: Imaratullah; 2003.
2. Muhidin M, Ahmad N, Suhartini A. Kesadaran Akan Maksud dan Tujuan Penciptaan Manusia. As-Syar’i J Bimbing Konseling Kel. 2021;3(2):150–9.
3. Anshori HM. Fiqih Ibadah. Bogor: GUEPEDIA; 2021.
4. Sutra R. Pentingnya Pemahaman Mandi Wajib Bagi Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 4 Pinrang. IAIN Parepare; 2019.
5. Endayani TB, Rina C, Agustina M. Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya J Ilm Pendidik MI/SD. 2020;5(2):150–8.
6. Kurniawan A, Nanang, Arifannisa, Noflidaputri R, Supriadi A, Rahman AA, dkk. Metode Pembelarajan di Era Digital 4.0 [Internet]. 1 ed. Yanto A, Wahyuni TP, editor. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi; 2022. Tersedia pada: http://repository.uki.ac.id/9835/1/MetodePembelajarandiEraDigital.pdf
7. Hasibuan D. Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran. HIBRUL ULAMA. 2022;4(1):1–10.
8. Amin. Model Pembelajaran Kontemporer [Internet]. 1 ed. Amalina S, editor. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi; 2022. 630 hal. Tersedia pada: http://repository.unismabekasi.ac.id/218/6/Ebook Komplit Pak Amin.pdf
9. Trisnawati. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Audio Visual Terhadap Gerakan Salat Siswa Kelas Ii SDN 2 Nanga Man. Pendidik Dasar. 2020;1.
10. Hasanah M, Nurmina. Implementasi Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendidik dan Kegur. 2023;1:32–41.
11. Dahlan A. Efektivitas Penerapan Metode Ceramah Dan Demonstrasi Pada Pembelajaran Wudhu di SDN Jingah di Muara Teweh. pendidikan. 2020;
12. Batubara HH. Media pembelajaran efektif. Vol. 3, Semarang: Fatawa Publishing. semarang; 2020.
13. Ikhwan A, Febriansyah FI, Syam AR. Metode Demonstrasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Tilawatil Qur’an. J Pendidik Nusant. 2022;1(2):100–
Published
2024-08-18