Pendidikan Agama Islam Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Masa Bimbingan Terpadu Siswa Kelas X di SMA PGII 1 Kota Bandung

  • Adam Alhafidz Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dedih Surana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Peran, Guru PAI, Karakter Religius

Abstract

Abstract. The background to this research problem is that the increasing cases of behavior of the current generation of young people indicate a decline in moral and moral quality so that real efforts are needed to instill religious values ​​as a solution to the problems that occur. Therefore, SMA PGII 1 Bandung City implements the Mabit program in forming religious character. This research aims to determine the guidance period program, the role of PAI teachers and PAI teacher strategies in forming religious character at SMA PGII 1 Bandung City. The research results show that 1). This Mabit program can shape religious character through integrated guidance (MABIT) in forming religious character 2). The role of PAI teachers has the role of informer, motivator, and inspirer in forming religious character 3). The PAI teacher's strategy for implementing it in groups is to make the program easier to have a religious character. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was collected through observation, in-depth interviews and documentation. The research results show that PAI teachers at SMA PGII 1 have a need to strengthen students' religious character education amidst increasingly complex moral and social challenges. The main aim of this program is to instill the values ​​of faith and devotion in students' daily lives and to form characters with noble morals. And the main role of PAI teachers in the Mabit program is as a guide and facilitator. PAI teachers are involved in the planning process by compiling teaching materials and activities that are relevant to the program objectives. In implementation, PAI teachers lead Islamic studies, provide lectures, and ensure that each activity goes according to plan and has a positive impact on students. Apart from that, the main strategy that I use in forming students' religious character through the Mabit program is through an approach that combines Islamic values ​​in all aspects of activities. We combine theoretical education with real practice so that students can understand and apply Islamic teachings in everyday life. Apart from that, activities such as recitations of the Koran, Islamic studies, and mentoring are also designed to build an environment that supports the development of students' religious character. It can be concluded that PAI teachers act as guides and facilitators, active in planning and implementing activities. They focus on Islamic teaching material and activities such as recitations and Islamic studies to shape students' character.

Abstrak. Latar belakang masalah penelitian ini yaitu Maraknya kasus-kasus perilaku generasi muda saat ini mengindikasikan penurunan kualitas moral dan akhlak sehingga perlu upaya nyata untuk menanamkan nilai agama sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang terjadi. Maka dari itu sekolah SMA PGII 1 Kota Bandung menerapkan program mabit dalam membentuk karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program masa bimbingan, peran guru PAI dan strategi guru PAI dalam pembentukan karakter religius Di SMA PGII 1 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). program mabit ini dapat membentuk karakter religius melalui bimbingan terpadu (MABIT) dalam membentuk karakter religius 2). Peran guru PAI mempunyai peran sebagai informator,motivator,inspirator dalam membentuk karakter religius 3). Strategi guru PAI dalam pelaksanaan dengan berkelompok agar mempermudah program tersebut dalam karakter religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI di SMA PGII 1 memiliki kebutuhan untuk memperkuat Pendidikan karakter religius siswa di tengah tantangan moral dan sosial yang semakin kompleks. Tujuan utama dari program ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan sehari-hari siswa serta membentuk karakter yang berakhlak mulia. Dan adapun peran utama guru PAI dalam program mabit adalah sebagai pembimbing dan fasilitator. Guru PAI terlibat dalam proses perencanaan dengan menyusun materi ajaran dan kegiatan yang relevan dengan tujuan program. Dalam pelaksanaan, guru PAI memimpin kajian keislaman, memberikan pematerian, serta memastikan bahwa setiap kegiatan berlangsung sesuai rencana dan memberikan dampak yang positif terhadap siswa. Selain itu, strategi utama yang saya gunakan dalam membentuk karakter religius siswa melalui program mabit adalah melalui pendekatan yang menggabungkan nilai-nilai keislaman dalam semua aspek kegiatan. Kami mengkombinasikan Pendidikan teoritis dengan praktik nyata sehingga siswa dapat memahami dan mengaplikasikan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan-kegiatan seperti tilawah al-qur’an, kajian keislaman, dan mentoring juga dirancang untuk membangun lingkungan yang mendukung perkembangan karakter religius siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru PAI bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator, aktif dalam merancanakan dalam melaksanakan kegiatan. Mereka fokus pada materi ajaran islam dan kegiatan seperti tilawah serta kajian keislaman untuk membentuk karakter siswa.

References

1. Hamidah, W. T., & Adi, A. S. (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pucuk Lamongan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(4), 961–975. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n4.p961-975
2. Marantika, L. O. (2024). MENUMBUHKAN KEPEMIMPINAN ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BANDA ACEH. 09.
3. Nur’asiah, N., Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.203
4. Ramadhani, E. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERPEN BERBASIS KARAKTER PESANTREN UNTUK SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL MAARIF 01 SINGOSARI TAHUN AJARAN 2020/202.
5. Suryani, A. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI DI STAI KUALA KAPUAS. 1(2).
6. Yandrizal, D., Kustati, M., & Bonjol, U. I. (n.d.). PERAN KOMUNITAS MAHARDIKA MUDA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI DAERAH TERTINGGAL.
7. Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Pendidikan Islam, 14(01).
8. Zulaikhah, S. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558
Published
2024-08-18