Nilai Pendidikan Islam dalam Film Buya Hamka Vol I Sutradara Fajar Bustomi
Abstract
Abstract. In this modern era, many people have experienced a moral decline from the values of the Quran and hadits. In fact, recently the reality of human life has changed into worldliness and radicalism between groups. This requires a solution to overcome moral problems in humans. Education that focuses on Islam to overcome the problems of humans experiencing moral decline. Islamic education efforts to instill Islamic values can be done in various ways, one of which is through learning using film media. Film media is able to transfer values more easily. One film that can be used to transfer values about Islam is the film Buya Hamka Vol I. The aim of this research is to find out what values Islamic education contains in the film Buya Hamka Vol I. This research is descriptive qualitative research with a semiotic approach. Data collection techniques use documentation techniques. Meanwhile, the data analysis technique was carried out using Roland Barthes' semiotic analysis. The primary data source used by researchers is the film Buya Hamka Vol I and secondary data in the form of books, articles, journals and other relevant writings The research results show: The values of Islamic education include the value of faith in the form of faith in Allah, the Books, the Messenger, qadha and qadhar; moral values include morals towards Allah, parents, family and friends, society; Sharia values (worship) include the mahdah worship of the morning prayer, the unseen prayer and the ghair mahdah worship including saying greetings, jihad, say laailahaillah, kissing parents' hands, seeking the approval of Allah SWT, husbands are obliged to provide for their wives and families.
Abstrak. Zaman modern ini banyak manusia yang mengalami kemunduran moral dari nilai-nilai Alquran dan hadits. Faktanya akhir-akair ini realitas kehidupan manusia berubah menjadi keduniawian, radikalisme antar kelompok. Hal ini perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan moral pada manusia. Pendidikan yang berfokus pada islam untuk mengatasi permasalahan manusia yang mengalami kemunduran moral. Upaya pendidikan islam untuk menanamkan nilai islam bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui pembelajaran menggunakan media film. Media film mampu mentransfer values lebih mudah. Salah satu film yang dapat digunakan untuk mentransfer value tentang islam adalah film Buya Hamka Vol I. Tujuan penelitian ini untuk menemukan apa saja nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam film Buya Hamka Vol I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Sumber data primer yang digunakan oleh penelti adalah film Buya Hamka Vol I dan data sekunder berupa buku, artikel, jurnal, dan tulisan lain yag relevan. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai-nilai pendidikan islam antara lain nilai akidah berupa iman kepada Allah, Kitab-kitab, Rasul, qadha dan qadhar; nilai akhlak meliputi akhlak terhadap Allah, orang tua, keluarga dan sahabat, masyarakat; nilai syariah (ibadah) meliputi ibadah mahdah shalat subuh, shalat ghaib dan ibadah ghair mahdah diantaranya mengucapkan salam, jihad, mentalqinkan laailahaillah, mencium tangan orang tua, mencari ridho Allah SWT, suami wajib memberi nafkah kepada istri dan keluarga
References
Amelia, Olpa, and Marlina. “Penanaman Nilai Akhlakul Karimah Melalui Film Kartun Riko The Series Di Kelas VII MTs Nurul Huda Sukaraja Marlina Pendahuluan Pendidikan Merupakan Suatu Kebutuhan Yang Bersifat Absolut Bagi.” Jurnal Pendidikan Islam Nusantara 01, no. 01 (2022): 42.
Arifin, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Aziz, Abdul, Muhammad Azam, and Abdul Wahhab Sayyed Hawwas. Fiqh Ibadah. Cetakan ke. Jakarta: AMZAH, 2010.
Bustomi, Fajar. Buya Hamka Vol.1. Indonesia: Netflix, 2023.
Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.
———. “Undang-Undang Sistem Pendidkan Nasional.” In UU SISDIKNAS, 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Hanafi, Halid, La Adu, and Zainuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Edited by Ika Firia. Cetakan Pe. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2019.
Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam. Edited by Candra Wijaya. Cetakan Pe. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016.
———. Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia.” Medan: LPPPI, 2016.
Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019.
Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlaq, 2023.
Kemendikbud. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring,” 2023. https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/semiotik.
Khodijah, Siti, Mustopa Kamal, and Yosep Farhan Dafik Sahal. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Upin & Ipin Season Ke 10.” Tarbiyah Al-Aulad 4, no. 1 (2019): 57–86.
Kristanto, Andi. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya, 2016.
Margiono, Junaidi Anwar, and Latifah. Agama Islam. Jakarta: Yudihistira, 2006.
Marzuki. Metodologi Riset. Cetakan 9. Yogyakarta: BPFE-UII, 2002.
Minuddin, A, and dkk. Pendidikan Agama Islam. Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Mudjiono, Yoyon. “Kajian Semiotika Dalam Film.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 1 (2011): 133–35.
Muhammad Daud Ali. Pendidikan Agama Islam. Cetakan 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Muhtarudin, Habib, and Ali Muhsin. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Al- Mawā‘iẓ Al - ‘Uṣfūriyyah.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 311–30.
Mujib, Abdul, and Jusuf Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: kencana, 2010.
Nazir. Metode Penelitian. Ghalia Ind. Jakarta, 1995.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” In KBBI, 263. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Ramayulis, and Samsul Nizar. Filsafat Pedidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2011.
Rohidin. Pendidikan Agama Islam. Cetakan ke. Yogyakarta: FH UII Press, 2020.
Rokhami, Azka. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM BILAL: A NEW BREED OF HERO KARYA AYMAN JAMAL Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh,” 2019, 1–92.
Rokhmah Hidayatu. “Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Terhadap Peserta Didik Di Sd It Harapan Bunda Purwokerto Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto.” Penanaman Nilai-Nilai Spiritual Terhadap Peserta Didik Di Sd It Harapan Bunda Purwokerto, 2016.
Saefulloh. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK KARYA BUYA HAMKA.” Skripsi. Purwokerto, 2023.
Sarwat, Ahmad. Fiqih Shalat Jenazah. Edited by Fatih. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing, 2018.
Satrisno, Hengki. Filsafat Pendidikan Islam. Edited by Isdianingsih Nur Aini. Cetakan I. Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.
Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Sugiono. Metologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Supardie, Didiek Ahmad, and Sarjuni. Pengantar Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Taba, Hilda, and Munzir Hitami. Menggagas Kembali Pendidikan Islam. Edited by Infinite Press. Yogyakarta, 2004.
Tim Penyusun Kamus Pusat pembinaan dan bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Trinova, Zulvia. “Pemanfaatan Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTSN Model Padang.” Skripsi. Padang, n.d.
Une, Darwin, Agil Bahsoan, Lukman D Katili, Muhammad Nur Kasim, Yoan Tamu, Suyono Dude, Syamsi Pomalingo, et al. Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Edited by Likman D Katili. Cetakan ke. Gorontalo: Ideas Publishing, 2015.