Efektivitas Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Media Bamboozle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Elmira Yuliana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Efektivitas, Teams Game Tournament, Bamboozle

Abstract

Abstract. This research is motivated by the low learning outcomes of students who have not reached the KKM score of 63% and teacher-centred learning methods. The aim of the research is to determine whether there is an increase in student learning outcomes by using the Teams Games Tournament type cooperative model assisted by Bamboozle media in Islamic Religious Education subjects at Al-Hidayah Ciparay High School. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. This research involved the experimental class XI IPS 2 and the control class XI IPS 1 which showed that 1) Student learning outcomes in the experimental class before the learning model was applied obtained an average score of 46.72 and the control class obtained an average score of 48.44. 2) The implementation of learning that has been carried out in the experimental class produces a percentage of 86% in the very satisfactory category. 3) Student learning outcomes increased after being given treatment, including in the cognitive domain in the experimental class getting an average score of (81.25) while the control class (66.41). In the spiritual affective domain, the experimental class received a score of (86.09) and social affective (85.22), while the control class in the spiritual affective domain received a score of (77.97) and the social affective domain (78.13). In the psychomotor domain, the experimental class received a score of (83.34) while the control class received a score of (69.81). So it can be concluded that the Teams Games Tournament type cooperative model assisted by Media Bamboozle is effective in improving learning outcomes.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 63% dan metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantu media Bamboozle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al-Hidayah Ciparay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimen. Penelitian ini melibatkan kelas eksperimen XI IPS 2 dan kelas kontrol XI IPS 1 yang menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebelum diterapkan model pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 46,72 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 48,44. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang sudah terlaksana di kelas eksperimen menghasilkan persentase sebesar 86% dengan kategori sangat memuaskan. 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan diantaranya pada ranah kognitif di kelas eksperimen mendapat rata-rata nilai (81,25) sedangkan kelas kontrol (66,41). Pada ranah afektif spiritual di kelas eksperimen mendapat nilai (86,09) dan afektif sosial (85,22) sedangkan kelas kontrol pada ranah afektif spiritual mendapat nilai (77,97) dan ranah afektif sosial (78,13). Pada ranah psikomotorik di kelas eksperimen mendapat nilai (83,34) sedangkan kelas kontrol (69,81). Maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantu Media Bamboozle efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

References

1. Numimiti A, Iskandar, Nuryatin A. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Mediator. 2023;2023(15):192–201.
2. Yasin I. Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara J (Jurnal Penelit dan PKM Bid Ilmu Pendidikan). 2021;2(3):239–46.
3. Daulay AS. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Darul ‘Ilmi. 2022;Vol. 10 No(02):276.
4. Yurisnawati E. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Mengidentifikasi Ciri Negara Berkembang dan Negara Maju dengan Menggunakan Model STAD. Serambi Akad. 2016;IV(1):18–27.
5. Ulfah, Arifudin O. Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. J Al-Amar Ekon Perbank Syariah, Agama Islam Manaj dan Pendidik. 2021;2(1):1–9.
6. Nabillah T, Abadi AP. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Pros Semin Nas Mat dan Pendidik Mat Sesiomadika 2019 [Internet]. 2019;2(1):659. Available from: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
7. Hafizha D, Ananda R, Aprinawati I. Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. J Rev Pendidik Dasar J Kaji Pendidik dan Has Penelit. 2022;8(1):25–33.
8. Prakoso PS, Santosa AB. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model TGT Menggunakan Permainan Uno Stacko pada Mata Pelajaran Pemrograman Kelas XI TAV SMKN 1 Blitar Agus Budi santosa. J Pendidik Tek Elektro. 2020;9(2):301–6.
9. May B, Tobing DUAL, Ritonga NS, Jamaludin, Yunita S. Strategi Pembelajaran Kreativitas Media Bamboozle Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. 2024;2(1):62–9.
10. Ernada K, Hartanto S, Gusmania Y. Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Media Ludo terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kolese Tiara Bangsa Batam. Pythagoras J Progr Stud Pendidik Mat. 2021;10(1):113–21.
11. Adilah N. Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah. Indones J Prim Educ. 2018;1(1):98.
12. Wulandari AP, Salsabila AA, Cahyani K, Nurazizah TS, Ulfiah Z. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar. J Educ. 2023;5(2):3928–36.
13. Solihah A. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artik Pendidikan). 2016;1(1):45–53.
14. Salehoddin. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn melalui TGT pada Siswa Kelas V. 2021;I:28–36.
15. Sholicha M, Indrawati V, Pangesthi L, Bahar A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. 2021;10(2):234–45.
16. Margareta E, Manalu SIY. Pengaruh Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lawe Sigala-Gala. J Pendidik Ekon Dan Entrep. 2023;1(3):24–33.
17. Ariani T, Agustini D. Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. Sci Phys Educ J. 2018;1(2):65–77.
Published
2024-08-18