Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Omar dan Hana

  • Khaira Shaliha Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Heru Pratikno Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Film Animasi Omar dan Hana

Abstract

Abstract. This research aims to analyze the values of Islamic education shown in the animated film Omar and Hana. The method used in this research is qualitative research method with the type of research library research. Screening, codification and documentation are techniques used to gather data, as well as content analysis models used to analyze data. The results of the analysis show that the animated films Omar and Hana present significant Islamic educational values. There are eight values that can be identified in the Omar and Hana animated film in particular in the compilation “Faris”, which covers the episodes “Kotak Apa Ini?”, “Asyura”, “Main Sama-Sama”, “Dah Tak Sakit”, “Mulakan dengan Bismillah”, and “Doa Setelah Wuduk”. These values cover three aspects, namely akidah, akhlak and syari’ah aspects. The aspect of akidah consists of faith in the Prophet (saw). Aspects of akhlak include the attitude of help, honesty, sharing, maintaining cleanliness. Aspects of syari’ah include, reading bismillah, praying after ablution and fasting. With the animated film Omar and Hana as a learning medium, it is expected that religious values will be given priority and the public will be able to understand, live, and practice the entire teachings of Islam.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang ditunjukkan dalam film animasi Omar dan Hana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Teknik simak-catat, kodifikasi dan dokumentasi adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, serta model analisis isi digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa film animasi Omar dan Hana menyajikan nilai-nilai pendidikan Islam yang signifikan. Terdapat 8 nilai yang dapat diidentifikasi dalam film animasi Omar dan Hana khususnya pada kompilasi “Faris”, yang meliputi episode-episode “Kotak Apa Ini?”, “Asyura”, “Main Sama-Sama”, “Dak Tak Sakit”, “Mulakan dengan Bismillah”, dan “Doa Selepas Wuduk”. Nilai-nilai tersebut mencakup meliputi tiga aspek, yaitu aspek akidah, aspek akhlak dan aspek ibadah. Aspek akidah terdiri dari iman kepada Rasulullah saw. Aspek akidah diantaranya adalah sikap tolong-menolong, kejujuran, saling berbagi, menjaga kebersihan. Aspek ibadah meliputi, membaca bismillah, berdoa setelah wudhu dan berpuasa. Dengan film animasi Omar dan Hana sebagai media pembelajaran, diharapkan nilai-nilai keagamaan diprioritaskan dan masyarakat dapat memahami, menghayati, dan mengamalkan seluruh ajaran agama Islam.

References

1. Lailatuzzahro LM. Peran Tokoh Agama dalam Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam kepada Masyarakat Desa Tranjang Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 2023;
2. Ainiah M. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Syamil dan Dodo. Skripsi. 2020;(IAIN Purwokerto).
3. Umam C. Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. [Internet]. Riau: DOTPLUS; 2020. 30 p. Available from: https://books.google.co.id/books?id=nn0hEAAAQBAJ&lpg=PR5&ots=HkFt1Sj6Xs&lr&hl=id&pg=PR5#v=onepage&q&f=false
4. Fadilla N, Sari IY, Arafah F, Azmi NN. Peranan Media Animasi Interaktif Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai. 2023;3(1):1–17.
5. Hariyadi A, Matin F, Putri A. Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Audio Visual Pada Mata Kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleks Edukatika J Ilm Kependidikan. 2021;12(1):110–6.
6. Amelia RF, Lestari T. Tanggapan Orang Tua Mengenai Pengaruh Youtube Terhadap Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. J Pendidik Tambusai [Internet]. 2021;5(1):1482–9. Available from: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1124
7. Helminsyah. Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam Laboratorium Aceh Besar. 2020;
8. Westri Z, Pransiska R. Analisis nilai-nilai agama dan moral anak usia dini pada film. J Golden Age. 2021;5(02):221–32.
9. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2016.
10. Andalas EF. Eskapisme Realitas dalam Dualisme Dunia Alice Telaah Psikologi-Sastra Film Alice in Wonderland (2010). Kembara J Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya [Internet]. 2017;3(2):185–95. Available from: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/5136
11. Sugiyono P. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D [Internet]. Vol. 5, Revista Brasileira de Linguística Aplicada. 2019. 1689–1699 p. Available from: https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa
12. Syakhrani AW. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. TA’LIM J Stud Pendidik Islam. 2019;1(2):221–39.
13. Masrur MS, Amri A. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Animasi Nussa Episode Sholat Itu Wajib. Palapa. 2021;9(1):55–75.
14. Hamdi AS, Badrudin AR. Dasar-Dasar Agama Islam [Internet]. 2016. Available from: https://books.google.co.id/books?id=P-YvDwAAQBAJ&lpg=PA1&ots=LsJRSOET7C&dq=Asep Saepul Hamdi%2C Arief Rachman Badrudin%2C Dasar-Dasar Agama Islam&lr&hl=id&pg=PP5#v=onepage&q=Asep Saepul Hamdi, Arief Rachman Badrudin, Dasar-Dasar Agama Islam&f=false
15. Kamalia DN, Hidayah F. Kontekstualisasi Nilai-Nilai Akidah dan Akhlak dalam Novel Diary Ungu Rumaysha Karya Nisaul Kamilah terhadap Materi AKidah AKhlak Madrasah Aliyah. 2022;
16. Hafiz A, Romdaniah L, Ahmad Nizar R, Mauliza S. Konsep Kenabian dan Ajaran Moral dalam Agama-Agama. Rayah Al-Islam. 2024;8(1):66–79.
17. Amin SM. Ilmu Akhlak [Internet]. Jakarta: Imprint Bumi Aksara; 2022. Available from: https://books.google.co.id/books?id=QWqAEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=QCSSAh52af&dq=akhlak&lr&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q=akhlak&f=false
18. Rahmatiah S. Korelasi Antara Hasil Belajar Fiqih dengan Pengalaman Ibadah Shalat dan Karakter Kejujuran Peserta Didik di MTs Muhammadiyah Sinjai. 2019;(932127517):461893.
19. Agustina A. Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. J Penelit Ilmu Ushuluddin. 2021;1(2):96–104.
20. Firdaus IA, Azwa NN, Adinda NP. Konsep Dan Praktek Kesehatan Gigi Dalam Pandangan Islam. 2023;1:228–34.
21. Khalid M, Ritonga FU. Penerapan Prinsip Ukhuwah Islamiyah : Serikat Tolong Menolong Al-Amin Dusun X Desa Bandar Setia. 2022;2(3):433–40.
22. Saputra T. Konsep Ta’awun dalam Al-Qur’an Sebagai Penguat Tauhid dan Solidaritas Sosial. Al-Mutharahah J Penelit dan Kaji Sos Keagamaan. 2022;19(2):29–45.
23. Sodik F. Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri | J Stud Islam. 2020;14(1):1.
24. Husna K, Arif M. Ibadah dan praktiknya dalam masyarakat. 2021;4(2):143–51.
25. Irfan M. Puasa Tanggal Sembilan Muharam (Tasu‘a) Perspektif Hadis Nabi Saw. Al Yasini J Keislaman, Sos Huk dan Pendidik [Internet]. 2021;6(1):34–44. Available from: http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4280
26. Syarbini A, Jamhari S. Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an [Internet]. 2012. Available from: https://books.google.co.id/books?id=PvCpCgAAQBAJ&lpg=PR2&ots=jlXwBndYhs&dq=membaca basmallah aktivitas akan berjalan lancar dan membawa kebaikan serta berkah. &lr&hl=id&pg=PA54#v=onepage&q&f=false
27. Hafidz A, Rusydi. Konsep Dzikir dan Doa Perspektif Al-Qur’an. 2019;
Published
2024-08-18