Penerapan Metode Talaqi dan Metode Tasmi' pada Program Kelas Takhosus Tahfidz Al-Qur'an di MI Nur Al-Hijrah
Abstract
Abstract. Indonesia is a country with the largest muslim majority in the world which is around 86% of the total population of 275 million people, Indonesi has a potensial to produce Al-qur’an memorize. However in reality in the level of Al-Qur’an memorization in Indonesia is still relatively low only around 30 thousend people which is around 0,01%. The methode used will later be evaluated to determine whether it is running or not by the teacher and principal, the evaluation is a carried out in the form of daily evaluation, and evaluation conducted at the end of each semester. The study determine: (1) implementation aplication the talaqi method and the tasmi’ method in the takhosus tahfidz Al-Qur’an program at MI Nur Al-Hijrah, (2) roles of teacher and student the talaqi method and the tasmi’ method in the takhosus tahfidz Al-Qur’an program at MI Nur Al-Hijrah, (3) the results and evalution of the appliaction of the method and tasmi’ method. This research was conducted using aqualitative approach with descriptive methods that present data in accordance with the facts in the field, the techniques used in this study with the stages of observation, interview, and documentation, data analysis techniques using descriptive data that collect data in accordance with the facts with the support of documentary evidence that is categorised game pattern relationship studied. The results of this study indicate that the effectiveness in the application of this method has been running according to aspects but it is better to be separeted from the use of these two methods. As for same vehicles in the application of this method, the person is conducive to the classroom when the teacher performs the talaqi methods.
Abstrak. Indonesia merupakan negara dengan mayoritas pemeluk islam terbanyak di dunia yakni sekitar 86% dari total populasi 275 juta penduduknya, Indonesia memiliki potensi yang cukup tinggi untuk melahirkan para penghafal Al-Qur’an. Namun, pada kenyataannya tingkat penghafal Al-Qur’an di Indonesia masih tergolong rendah hanya sekitar 30 ribu orang yaitu sekitar 0,01%. Metode yang digunakan nantinya akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui berjalan atau tidaknya oleh guru dan kepala sekolah, evaluasi yang dilakukan berupa evaluasi harian, evaluasi mingguan, dan evaluasi yang dilakukan setiap akhir semesternya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah penerapan metode talaqi dan metode tasmi pada program takhosus tahfidz Al-Qur’an di MI Nur Al-Hijrah; (2) peranan guru dan peserta didik dalam menerapkan metode talaqi dan metode tasmi pada program takhosus tahfidz Al-Qur’an di MI Nur Al-Hijrah; (3) hasil dan evaluasi dari penerapan metode talaqi dan metode tasmi pada program takhosus tahfidz Al-Qur’an di MI Nur Al-Hijrah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menyajikan data sesuai dengan fakta dilapangan, teknik yang dilakukan pada penelitian ini dengan tahap observasi, wawancara, dan dokumnetasi, taknik analisis data menggunakan data deskriptif yang menghimpun data sesuai dengan fakta dengan dukungan bukti dokumentasi yang bersifat kategorisasi dan pola hubungan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa efetivitas dalam penerapan metode ini telah berjalan sesuai dengan aspek tetapi lebih baik dipisahkan dari penggunaan kedua metode ini. Adapun beberapa kendala dalam penerapan metode ini yaitu kurangnya kondusif ruangan kelas ketika guru melakukan metode talaqi.
References
Jumlahnya? databoks. 2023.
2. Eksan M. Hafidz Al-Qur’an, Indonesia Menang dari Saudi, Kalah dari Mesir.
Kuasarakyat.com. 2023.
3. Hidayati N. Teori Pembelajaran Al Qur’an. Al Furqan J Ilmu Al Quran dan Tafsir.
2021;4(1):29–40.
4. Bhayangkara U, Raya J. Prinsip Pembelajaran Dalam Al- Qur ’ an. 2022;4(1):82–109.
5. Mustaqim MR, Maghfiroh M, Nurhaedha H. Management of Halaqah Tahfidz al-Qur’an
in Darut Taqwa Ponorogo Islamic Boarding School. J Tarbiyatuna. 2020;11(2):128–42.
6. Khoerunnisa P, Aqwal SM. Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia. 2020;4(1):1–
27.
7. Zulfikar MY, Azzahro S. Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia
Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji. 2024;13(2):1755–66.
8. Ulya H, Ni’mah M. Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan
Hafalan Surat Pendek Di Ra Nurul Jadid Blimbing Besuki. Afeksi J Penelit dan Eval
Pendidik. 2023;4(1):9–16.
9. Chahnia J, Kustati M, Amelia R. Pendampingan Tahfiz Al-Qur’an Santri Menggunakan
Metode Tasmi’ di MDTA Nurul Yaqin Bukittinggi. RENATA J Pengabdi Masy Kita
Semua. 2023;1(3):99–106.
10. Ibad FI, Bahrodin A. Pengaruh Metode Tasmi ’ Terhadap Kualitas Hafalan Siswa
Program Tahfidz Di MTs Ar Rahman Nglaban Diwek Jombang. 2023;2(02):109–26.
11. Muslimah M, Rafifah M, Nabighah MZ, Inayati NL, Studi P, Agama P, et al. Evaluasi
Pembelajaran Tahfidz Metode Talaqqi di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar.
2024;2(1):708–14.
12. Wahyuni SN, Aisyah N. Evaluasi Program Pembelajaran Metode Ummi dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SMP. Pedagog J Ilmu Pendidik.
2020;20(2):141–8.