Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Box Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 194 Sukajadi Kota Bandung

  • Siti Rahmawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Giantomi Muhammad Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Media Pembelajaran, Media Smart box, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa di SDN 194 Sukajadi Kota Bandung karena pembelajaran masih bersifat monoton. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan media smart box danpembelajaran konvensional, serta mengetahui perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa setelah diterapkanya media smart box dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Jenis pengambilan sampel menggunakan Non-probability Sampling atau pemilihan nonrandom yang melibatkan kelas eksperimen IV-A dan kelas kontrol IV-B. Hasil penelitian menunjukkan (1) Motivasi belajar siswa di kelas kontrol mengalami penurunan setelah diberikan perlakuan, dapat dilihat dari skor rata-rata pre-test sebesar 78,61 dan post-test sebesar 74,35. (2) Motivasi belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan media smart box, dapat dilihat dari skor rata-rata pre-test  sebesar 78,57 dan post-test sebesar 84,29. (3) Efektivitas hasil motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dibuktikan dengan analisis uj t (hipotesis), diperoleh nilai t hitung > t tabel (9,278 > 2,002), maka dapat disimpulkan  ditolak dan  diterima berarti terdapat efektivitas yang signifikan motivasi belajar siswa dalam penggunaan media pembelajaran smart box pada kelas eksperimen terhadap kelas kontrol.

References

H. Nurhuda, “Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems ; Factors and Solutions,” J. Pemikir. dan Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, hal. 127–137, 2022.

Hendrizal, “Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran,” J. Ris. Pendidik. Dasar dan Karakter, vol. 2, no. 1, hal. 44–53, 2020.

F. Pratama, Firman, dan Neviyarni, “Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar,” EDUKATIF J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, hal. 280–286, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, hal. 289–302, 2021.

G. Muhammad, U. Ruswandi, N. Nurmila, dan Q. Y. Zakiyah, “Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools,” Eur. J. Educ. Pedagog., vol. 4, no. 6, hal. 113–120, 2023, doi: 10.24018/ejedu.2023.4.6.768.

H. M. F. Aladdin, “Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan,” J. Penelit. Medan Agama, vol. 10, no. 2, hal. 153, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6417/3050

G. Muhammad dan Q. Yulianti Zakiah, “Kebijakan Program Pembiasaan Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin di SMP Negeri,” Website J., vol. 7, no. 2, hal. 237–251, 2021.

A. Ruswandi dan A. Mahyani, “Analisis Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah,” Int. Conf. Islam. Law, Soc., vol. 1, no. 1, hal. 95–106, 2021.

R. F. Yusuf, S. Sumarwiyah, dan E. Haryanti, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, hal. 472–477, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i2.433.

G. Muhammad, A. Hasanah, dan B. S. Arifin, “Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius,” Atthulab Islam. Relig. Teach. Learn. J., vol. 6, no. 2, hal. 161–174, 2021, doi: 10.15575/ath.v6i2.14772.

S. D. Fadilla, A. Saepudin, dan Erhamwilda, “Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz dengan minat belajar jarak jauh PAI di SMA PGII 2 Bandung,” Pros. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 2, hal. 227–231, 2020.

F. Firmadani, “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Konf. Pendidik. Nas., vol. 2, no. 1, hal. 93–97, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

G. Muhammad, Q. Y. Zakiah, dan M. Erihadia, “Implementasi pendidikan karakter religius melalui media pembelajaran berbasis teknologi,” Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 4, hal. 481, 2021, doi: 10.32832/tadibuna.v10i4.5073.

Abdullah, Lubaabut Tafsir Min Ibni Katsir (Jilid 1), Cet.Ke-4,., vol. 4, no. 1. Pustaka Imam asy-Syafa’i, 2005.

M. Husen, “Konsep Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31-32 (Studi Komparatif Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah),” Aksioma Ad-Diniyah, vol. 8, no. 1, hal. 89–108, 2020, doi: 10.55171/jad.v8i1.413.

N. Rahminawati, A. Saepudin, dan A. Hakim, “Internal Quality Assurance System in Early Childhood Education Institutions,” Proc. 4th Soc. Humanit. Res. Symp. (SoRes 2021), vol. 658, no. SoRes 2021, hal. 77–81, 2022, doi: 10.2991/assehr.k.220407.014.

D. Darwin, Muhammad., Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Kota Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2021.

H. Ahyar et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2020.

A. D. Putri, R. S. Hilmia, S. Almaliyah, S. Permana, dan U. Pendidikan, “Pengaplikasian uji t dalam penelitian eksperimen,” vol. 4, no. 3, hal. 1978–1987, 2023.

G. Muhammad, R. Rofiani, B. S. Arifin, dan U. Ruswandi, “Penerapan Pendidikan Agama Islam untuk menjaga kualitas pendidikan islami di Aisyiyah Boarding School Bandung,” Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 3, hal. 388, 2022, doi: 10.32832/tadibuna.v11i3.7370.

R. A. Defi, Z. Abidin, dan S. Susilaningsih, “Pengembangan Media Puzzle Game Materi Gaya Untuk Kelas IV Sekolah Dasar,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 4, hal. 329–338, 2021, doi: 10.17977/um038v4i42021p329.

Z. Zurhaida, S. Nurfitria, dan A. Nur Aeni, “Pengembangan Words Scramble Game Tentang Politik Islam Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 6, hal. 273–278, 2022, doi: 10.52436/1.jpti.181.

T. I. Cahyaningtyas, E. S. Maruti, V. Rulviana, dan R. Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita Sdn Inklusi Sukowinangun 02 Magetan,” vol. 10, no. 2, hal. 2086–6356, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

B. A. Pribadi, Media dan Teknologi dalam Pembelajaran (Edisi Kedua), Ke-2. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

F. Fahrudin, A. Ansari, dan A. S. Ichsan, “Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam,” Hikmah, vol. 18, no. 1, hal. 64–80, 2021, doi: 10.53802/hikmah.v18i1.101.

I. Sanusi, A. Suhartini, H. Q. Nurhakim, U. Nur’aeni, dan G. Muhammad, “Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam,” Masagi J. Pendidik. Karakter, vol. 1, no. 1, hal. 1–12, 2024.

H. B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, 2021. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=8o5_tQEACAAJ

Muhammad Giantomi, “Kebijakan Pendidikan Mbkm Dan Evaluasi Implementasi Mbkm,” J. Penelit. Pendidik. Sos. Hum., vol. 8, no. 1, hal. 121–131, 2023.

A. Saepudin, “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam,” Syntax Lit. JurnalIlmiah Indones. –ISSN 2541-0849 e-ISSN 2548-1398, vol. 3, no. 1, hal. 11–20, 2018.

Published
2024-08-16