Implementasi Program Pembelajaran Tematik Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Membaca dan Menghafal Siswa Kelas XI di SMA Al Falah Kota Bandung

  • Lathifah Nur 'Abidah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Program Tematik, Membaca Menghafal Quran, Pembelajaran Qur'an

Abstract

Abstract. One important aspect that is often overlooked is Qur'anic education. In general, parents focus more on Formal Education and less on Qur'anic Education. This study aims to determine how the planning, implementation, evaluation and factors that influence the learning process in the Thematic Learning Programme of the Qur'an for class XI students at Al Falah High School, Bandung City. The method used in this research is descriptive method with Qualitative approach, which is conducted to describe the implementation of Thematic Learning Programme of Al-Qur'an in class XI. As well as preparing learning media in the form of tajweed science guidebooks, yanbu'a Al-Qur'an, Iqra' and memorization deposit cards owned by students. the implementation of learning is divided into 3 stages, namely opening activities, core activities and closing activities. evaluation in the Al-Qur'an Thematic Learning Programme is carried out 2 times a year, namely after the end of semester exams and after the end of year exams in the form of oral tests. The factors that influence the Thematic Learning Programme of the Qur'an, namely there are internal supporting factors in the form of learning methods used. Internal inhibiting factors in the form of a lack of educators and because the place of learning for the Thematic Al-Qur'an Programme is carried out in the mosque, it takes a lot of time to condition the class. External supporting factors in the form of good parental cooperation in controlling their children's recitation. External inhibiting factors in the form of some parents who are still ignorant of children so that parents pay less attention to students when at home.

Abstrak. Salah satu aspek penting yang sering dikesampingkan adalah pendidikan Al-Qur’an. Pada umumnya orangtua lebih menitikberatkan ilmu terhadap Pendidikan Formal saja dan kurang mementingkan Pendidikan mengenai Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor-faktor yang memengaruhi proses pembelajaran dalam Program Pembelajaran Tematik Al-Qur’an siswa kelas XI di SMA Al Falah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, yang dilakukan untuk menggambarkan implementasi Program Pembelajaran Tematik Al-Qur’an di kelas XI. Serta menyiapkan media pembelajaran berupa buku panduan Ilmu tajwid, Al-Qur’an yanbu’a, Iqra’ serta kartu setoran hafalan yang dimiliki siswa. pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. evaluasi dalam Program Pembelajaran Tematik Al-Qur’an dilakukan 2 kali dalam satu tahun yaitu setelah dilaksanakannya Ujian Akhir semester dan setelah dilaksanakannya Ujian Akhir Tahun berupa tes lisan. faktor-faktor yang memengaruhi Program Pembelajaran Tematik Al-Qur’an, yaitu terdapat dari faktor pendukung internal berupa metode pembelajaran yang digunakan. Faktor penghambat internal berupa kurangnya tenaga pendidik dan dikarenakan tempat pembelajaran Program Tematik Al-Qur’an ini dilakukan di masjid, maka lumayan memakn banyak waktu untuk mengkondisikan kelas. Faktor pendukung eksternal berupa kerjasama orangtua yang baik dalam mengontrol ngaji anaknya. Faktor penghambat ekstrenal berupa sebagian orangtua yang masih cuek terhadap anak sehingga kurang perhatian orangtua terhadap siswa saat di rumah.

References

Denis Guritno. Pengertian Pendidikan. Jakarta; 2018.

Said C. Paradigma Pendidikan Dalam Perspektif Surah Al-Alaq Ayat 1-5. Hunafa J Stud Islam. 2016 Jul 20 [Cited 2023 Oct 29];13(1):91–117.

Https://Www.Jurnalhunafa.Org/Index.Php/Hunafa/Article/View/415

Ahmad Husain. Ketahanan Dasar Lingkungan Basic Environment. Semarang: Sah Media; 2019.

Fuadah Ns, Enoh E, Suhardini Ad. Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Dengan Metode Insaniyah Pada Siswa Sdit Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat. Pros Pendidik Agama Islam. 2017;3(Vol 3, No 1):29–35.

Http://Repository.Unisba.Ac.Id:8080/Xmlui/Handle/123456789/9380

Hastuti Mt, Saepudin A, Khambali. Implementasi Metode Insaniyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas 1 Sdit Fitrah Insani 2 Kabupaten Bandung. J Pendidik Agama Islam. 2022;2(Vol. 2 No. 2):291–2.

Https://Proceedings.Unisba.Ac.Id/Index.Php/Bcsied/Article/View/3316

Fitriani Di, Hayati F. Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. J Pendidik Islam Indones. 2020;5(1):17.

Https://Ojs.Pps-Ibrahimy.Ac.Id/Index.Php/Jpii/Article/View/227

Sutanto A. Teori Belajar Dan Pmebelajaran Di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group; 2016 [Cited 2023 Oct 29]. 310 P.

Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Teori_Belajar_Dan_Pembelajaran_Di_Sekola/Ievndwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Ahmad Susanto%2c Teori Belajar Dan Pembelajaran&Pg=Pp1&Printsec=Frontcover&Bsq=Ahmad Susanto%2c Teori Belajar Dan Pembelajaran

Sardiman A, Raharjo, Haryono A, Harjito. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press; 2021. 6 P.

Inten Dn, Aziz H, Hakim Hqn, Mulyani D. Pelatihan Pengajaran Hafalan Quran Melalui Metode Ritme Otak Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Madrasah Diniyah Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi. 2024;7(2):294–5.

Https://Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Abdimas-Siliwangi/Article/View/22656

Nasution M Kalsum. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. J Ilm Bid Pendidik. 2017;11(Vol. 11 No. 01):9.

Https://Ftk.Uinbanten.Ac.Id/Journals/Index.Php/Studiadidaktika/Article/View/515

Fatah A. Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz Al-Qur’an. J Penelit Pendidik Islam. 2014;9(Vol. 9 No. 2):345.

Http://Dx.Doi.Org/10.21043/Edukasia.V9i2.779

Ramadhani Nl, Sobarna A, Inten Dn. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Pada Anak Usia Dini Di Pg/Tk X. J Ris Pendidik Guru Paud. 2022;2(2):120–2.

Https://Journals.Unisba.Ac.Id/Index.Php/Jrpgp/Article/View/1337

Samsudin M. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar. J Pendidik Islam. 2020;2(2):164.

Https://Iaibbc.E-Journal.Id/Xx/Article/View/38%0d

Published
2024-08-15