Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Sosial Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Nislenia Salisa Rahmadhani Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Enoh Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Kemampuan sosial emosional, Anak usia dini, Bermain peran

Abstract

Abstract. This research was motivated by social emotional problems that commonly occur in Aliman Sholihan Kindergarten, such as conflicts between children, lack of showing empathy, and not wanting to interact with other children. This study aims to examine efforts to improve social emotional skills in children aged 5-6 years through role-playing activities in Aliman Sholihan Kindergarten using a quantitative approach experimental method. Data were collected through tests, observations, documentation studies and field notes. Data management in this study variable assessment, validity test, reality test, normality test, correlation test and hypothesis test. The results showed that there was a significant increase in children's social emotional skills through role play, namely increasing the ability to socialize well, increasing cooperation between children, and honing creativity and communication skills. The lowest score recorded in the experimental group was 47 the control group was 49. Meanwhile, the highest score in the experimental group was 55, and in the control group it was 53. through the correlation test, a significant relationship was found between role-playing learning methods (X) and social-emotional aspects (Y) with a correlation coefficient of 0.677. through the t (partial) test, the significance results between role-playing (X) and social-emotional (Y) learning methods showed values of 0.000 < 0.05. In addition, the t-count value is 1.922 > 1.734. Thus, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted it can be concluded that there is a significant influence of role-playing learning methods on the social-emotional development of children in Aliman Sholihan Kindergarten.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sosial emosional yang umum terjadi di TK Aliman Sholihan seperti konflik antar anak, kurangnya menunjukkan rasa empati, dan tidak mau berinteraksi dengan anak yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan kemampuan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain peran di TK Aliman Sholihan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, studi dokumentasi dan catatan lapangan. Pengelolahan data dalam penelitian ini penilaian variable, uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan sosial emosional anak melalui bermain peran yaitu meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi dengan baik, meningkatkan kerjasama antar anak, serta mengasah kreativitas dan kemampuan komunikasi. Hasil evaluasi dalam Skor terendah yang tercatat dalam kelompok eksperimen adalah 47 kelompok kontrol adalah 49. Sementara itu, skor tertinggi dalam kelompok eksperimen adalah 55 dan dalam kelompok kontrol adalah 53. Melalui uji korelasi, ditemukan hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran bermain peran (X) dan aspek sosial-emosional (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,677. melalui uji T (parsial), hasil signifikansi antara metode pembelajaran bermain peran (X) dan sosial-emosional (Y) menunjukkan nilai 0,000 < 0,05. Selain itu, nilai t-hitung sebesar 1,922 > 1,734. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran bermain peran terhadap perkembangan sosial-emosional anak di TK Aliman Sholihan.

References

[1] Lilianti, L. , R. W. , A. A. , S. H. , K. K. , A. A. , & J. J. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
[2] Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003 Bakri, A. R., & Nasucha, J. A. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79.
[3] Fitri, M. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan moral pada anak usia dini. . . . Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15.
[4] Jay, G. K. & J. (2019). upporting Kindergarten Children’s Social and Emotional Development: Examining the Synergetic Role of Environments, Play, and Relationships. Journal of Research in Childhood Education, 32(4), 472–485.
[5] Puspitasari, R. N. , & A. B. S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sosial Melalui Pendekatan Project Based Learning. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 30–39.
Published
2024-08-17