Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Suluh Rindu Karya Habiburrahman El-Shirazy
Abstract
Abstract. This study aims to understand, explore, and analyze the values of character education in the novel "Suluh Rindu" by Habiburrahman El-Shirazy. Character education is an important aspect of achieving educational goals in Indonesia. A qualitative approach using descriptive qualitative data research methods was employed. Data was collected through reading, classifying, and gathering relevant information regarding the character education values in the novel "Suluh Rindu" by Habiburrahman El-Shirazy. The research results show that "Suluh Rindu" can be considered an educational literary work, aligned with character education values. The novel reflects 17 out of 18 character education values proposed by the Ministry of Education and Culture, which are religious, honest, tolerant, disciplined, hardworking, creative, independent, democratic, curious, nationalist, patriotic, appreciative of achievement, friendly/communicative, peace-loving, fond of reading, socially concerned, and responsible. Many characters in the novel exemplify behaviors reflecting these values. Teachers can play a role in educating and instilling these values through consistent teaching and habituation in the school environment. Therefore, it is recommended that educational institutions and related parties use this book, as it is well-suited to serve as a learning resource or supplementary book in education. Each conflict in the novel offers educational values that can be learned and emulated. This study is expected to contribute to the literature on character education and provide practical insights for the development of character education in students.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengeksplorasi, dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Suluh Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy. Pendidikan karakter menjadi aspek penting bagi tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian jenis data kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui membaca, mengklasifikasi, dan mengumpulkan data-data yang relevan dengan penelitiannya yaitu nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Suluh Rindu karya Habiburrahman El-Shirazy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Suluh Rindu dapat dipandang sebagai karya sastra yang mendidik sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Terdapat 17 dari 18 nilai pendidikan karakter yang telah digagas oleh Kemendikbud. 17 nilai-nilai pendidikan karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Banyak karakter tokoh dalam novel ini memberikan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Guru dapat memiliki peran dalam mengedukasi dan menanamkan nilai-nilai ini melalui pengajaran dan pembiasaan yang dilakukan secara konsisten di lingkukan sekolah. Oleh karena itu disarankan agar lembaga pendidikan dan pihak terkait dapat memanfaatkan buku tersebut, karena sangat cocok apabila novel ini dijadikan sumber belajar atau sebagi buku pendukung dalam dunia pendidikan. Karena di setiap konflik pada novel tersebut banyak nilai-nilai pendidikan yang dapat dipetik dan dapat diteladani. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada literatur pendidikan karakter dan memberikan pandangan praktis bagi perkembangan pendidikan karakter pada peserta didik.
References
Tafsir PDA. Ilmu Pendidikan Islami. Kuswadi E, editor. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013.
Sodik A. Prophetic Character Building. Jakarta Timur: Kencana; 2018. 242 p.
Lubis SSW. MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA JURNAL BACA HARIAN. Pionir [Internet]. 2020;9:127–35. Available from: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/7167/4160
Faisol A. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel (Study tentang Pendidikan Karakter pada Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. 2015;
Minderop A. Psikologi Sastra : Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Oktober 20. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia; 2010. 330 p.
Hayati F. Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Ta’dib J Pendidik Islam. 2018;7(1):67–74.
Akko T, Muhaemin. Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak ( Perilaku Jujur ). IQRO J Islam Educ. 2018;1(1):55–70.
Rizki Pratama UK. Toleransi dalam Surat Al-Mumtahanah Perspektif Tafsir Al-Munir. 2016;9(0):1–23.
Anggara MT, Ahluwalia SEL, ... Penerapan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada PT Sucofindo Bandar Lampung. J Strateg … [Internet]. 2023;(2):47–57. Available from: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/article/view/3295
Marzuki I, Hakim L. Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr J Pemikir dan Pencerahan. 2019;15(1):79–87.
KEMENDIKBUD. Pedoman Umum penggalian dan perwujudan nilai akhlak mulia bagian penguatan pendidikan karakter (PPK). Jakarta: KEMENDIKBUD; 2017. 89 p.
Maryono, Hendra Budiono RO. Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. J Gentala Pendidik Dasar. 2018;3(I):1–31.
Hutami D. Demokratis. Pristanti, editor. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara; 2020. 67 p.
Yogiswari KS. KERAGUAN KRITIS : DESCARTES. J Sanjiwani. 2019;10(1):46–7.
Tahrani M. Filsafat Umum Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Agama. Aziz R, editor. Purwokerto: Amerta Media; 2023. 107 p.
Laluhu S. Membendung Korupsi Demi Negri. Ahmad M, editor. Jakarta: Balai Pstaka; 2021. 218 p.
Kurniawaty I, Purwati P, Faiz A. Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. J Educ Dev. 2022;10(3):496–8.
Novita A. Pengaruh Pemberian Reward Transaksional Orangtua terhadap Prestasi Siswa Di SMK N 1 Saptosari. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2015;22(3):251.
Wuryaningtyas CJ. Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif. J Penelit. 2015;19(1):102–8.
Erviana VY. Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. J Penelit Ilmu Pendidik. 2021;14(1):1–9.
Farhani A. Keutamaan Membaca di Era Global. Progr Stud Pendidik Sej Fak Kegur dan Ilmu Pendidik. 2022;1–4.
Yuniria A, Utari E, Suhendar. Analisis karakter peduli sosial anak usia dini dalam film animasi Riko The Series. PAUDIA J Penelit dalam Bid Pendidik Anak Usia Dini. 2022;11(2):154–61.