Upaya Kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Desa Katapang

  • Dhiyaan Wadzikran Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • masnipal Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Upaya Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru, Guru

Abstract

Abstract. A professional teacher is a guarantee of more effective teaching and learning implementation, and a qualified teacher is expected to be able to make the teaching and learning process successful to the maximum, from that it can create educational products that meet educational standards and follow the demands and needs of the community. The efforts made by the elementary madrasah in Katapang village are carried out by involving teachers in training and other development activities to improve the professional competence of teachers. The method used is a descriptive method with data collection techniques used are interviews and documentation. Data analysis techniques are carried out through several stages of data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study are that the efforts of the elementary madrasah in Katapang village have participated in several trainings such as workshops, KKG, training, and supervision, but there are several obstacles in developing teacher professional competence seen from internal factors and external factors of the teacher.

Abstrak. Guru yang profesional ialah  jaminan pelaksanaan  belajar mengajar yang lebih efektif, dan guru yang berkualitas diharapkan proses belajar mengajar dapat berhasil secara maksimal, dari itu dapat terciptanya produk pendidikan yang memenuhi standar pendidikan dan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Upaya yang dilakukan madrasah ibtidaiyah di desa katapang di lakukan dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan dan kegiatan pengembangan yang lainnya untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan adalah metode dekriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa upaya madrasah ibtididaiyah di desa katapang sudah mengikuti beberapa pelatihan seperti workshop, KKG, diklat, dan supervisi, namun terdapat beberapa kendala dalam pengembangan kompetensi profesional guru dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal guru tersebut.

References

Amiruddin, A. (2018). Upaya Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh. DAYAH: Journal of Islamic Education, 1(2), 182. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.4141

Anam, N., & Malikkhah, Z. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Jurnal Mu’allim, 2(2), 242–259. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2263

Anas, A., & Adinugraha, H. H. (2017). Dakwah Nabi Muhammad terhadap Masyarakat Madinah Perspektif Komunikasi Antarbudaya. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(1), 53–72. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1356

Ansar, A., Arismunandar, & Wahira. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Se

kolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 2 Bone. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 187–197. https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p187-197

Arum, wahyu sri ambar. (2007). UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU KEHIDUPAN BANGSA Wahyu Sri Ambar Arum. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16(8), 1–9.

Buku Manajemen Trasportasi.Pdf. (n.d.).

Butho, Z. A. (2016). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru Pai Di Aceh. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40(2), 370–389. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.291

Published
2024-08-16