Strategi Guru PAI Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di SMPN 2 Karawang Barat
Abstract
Abstract. This research focuses on PAI Teachers' Strategies in Preventing Bullying Behavior. The goal is to become the main foundation in shaping the quality of a nation. In the midst of the rampant negative behavior of students, especially the phenomenon of bullying, prevention carried out by schools, supported by PAI teacher strategies, is the key in maintaining a safe and conducive learning environment. The approach used in this study is a qualitative approach, while the method used in this study is a descriptive analysis method with observation, interviews and documentation. Data The results of the study show that the strategies of pie teachers in preventing student bullying problems are: motivating students, giving good advice to students, and giving reprimands and punishments in the form of memorizing verses of the Qur'an to students in order to get a deterrent effect by not bullying again. Supporting Factors for Teachers in Schools to Work Together in Overcoming Bullying, There is a Program and the efforts made by the school in overcoming bullying, the existence of reprimands, punishments and sanctions in preventing bullying.
Abstrak. Penelitian ini fokus pada Strategi Guru PAI Dalam Mecegah Perilaku Bullying. Tujuannya adalah menjadi landasan utama dalam membentuk kualitas suatu bangsa. Di tengah maraknya perilaku negatif siswa, terutama fenomena bullying, pencegahan yang dilakukan oleh sekolah, didukung oleh strategi guru PAI, menjadi kunci dalam menjaga lingkungan belajar yang aman dan kondusif.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekaatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode analisis deskriptif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa strategi guru pai dalam mencegah Masalah seputar intimidasi siswa termasuk mendorong siswa, menawarkan nasihat yang bijaksana, dan menghukum siswa dengan membuat mereka menghafal ayat-ayat dari Al-Qur'an untuk mencegah mereka menindas orang lain di masa depan. Sekolah telah menerapkan program dan inisiatif untuk memerangi bullying, serta tindakan seperti teguran, hukuman, dan sanksi untuk menghindari bullying. Aspek-aspek ini memberikan dukungan bagi instruktur di sekolah untuk berkolaborasi dalam memerangi bullying.
References
[2] A. Jalil, “Pernikahan Beda Agama dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia,” Andragogi J. Diklat Tek. Pendidik. dan Keagamaan, vol. 6, no. 2, pp. 46–69, 2018, doi: 10.36052/andragogi.v6i2.56.
[3] D. A. Muhtarom, A. Triyanto, U. A. Syafri, and B. Handrianto, “Lembaga pendidikan dalam peradaban Islam,” J. Manag. Islam. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 61–72, 2023, doi: 10.32832/idarah.v4i1.9395.
[4] I. Arafa and S. Supriyanto, “Strategi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 4, pp. 1–9, 2021.
[5] M. dan M. Warif, “Strategi Guru Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi’ Bontoa Kabupaten Maros,” Iqra J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, p. 21, 2021, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5802
[6] M. Mukaromah, “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel ‘Cinta Dalam Ikhlas’ Karya Kang Abay,” J. Tawadhu, vol. 7, no. 1, pp. 62–74, 2023.
[7] D. Marita Sari, “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional,” Turots J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 144–169, 2019, doi: 10.51468/jpi.v1i2.13.
[8] M. Tri Bagas Romadhoni, M. Junnatul Azzizah Heru, A. Rofiqi, Z. Warquatul Hasanah, and V. Anda Yani, “Pengaruh perilaku bullying terhadap interaksi sosial pada remaja,” J. Keperawatan Prof., vol. 11, no. 1, pp. 3–21, 2023.
[9] M. A. Sanjani, “Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa,” J. Serunai Adm. Pendidik., vol. 10, no. 2, p. 34, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517
[10] Marzuenda, “Strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying,” J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 1, pp. 204–226, 2022.
[11] K. Koerniantono, “Strategi Pembelajaran,” J. Kateketik dan Pastor., vol. 3, no. 1, pp. 126–142, 2020.
[12] B. Hartatik, “MENGATASI PERUNDUNGAN MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ( P5 ) DI MTS N 4 SLEMAN : MENUJU KEPEMIMPINAN MASA DEPAN,” no. 24, pp. 1031–1039, 2023.
[13] Jumiati, “Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd Negeri 24 Betung Kabupaten Banyuasin,” Pros. Semin. Nas. 21 Univ. PGRI Palembang, pp. 559–565, 2018.
[14] A. C. Meytasari, A. N. Fadilah, N. Zain, and A. A. Marsita, “Upaya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) melalui Gerakan Anti Bullying di SD Muhammadiyah Karangharjo,” pp. 1962–1967, 2023.
[15] A. Maulida and R. Rahman, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik,” An-Nuha, vol. 2, no. 1, pp. 14–28, 2022, doi: 10.24036/annuha.v2i1.130.
[16] S. H. Nur Komariyatul, N. Pundri Selvianda, I. Datul Hasanah, and M. Surur, “Strategi Inovatif Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik,” J. Pedagog., vol. 11, no. 1, pp. 71–78, 2024.