Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Akhlak
Abstract
Abstract. This research aims to determine the influence of the Project Based Learning (PjBL) model on students creative thinking skills in moral education at SMP Pemuda Banjaran, Kabupaten Bandung, for the academic year 2022/2023. The research methodology utilized Quasi-Experimental Design within a quantitative research framework. Two groups were involved: an experimental group exposed to the PjBL method and a control group subjected to conventional teaching methods. The study employed a Non-Equivalent Control Group design with pretests and posttests for both groups. The research population consisted of odd-semester 7th-grade students at SMP Pemuda Banjaran, Academic Year 2022/2023. The sample comprised 39 students from class 7F as the experimental group and 39 students from class 7G as the control group. Students creative thinking skills were examined, focusing on the fluency of thinking, encompassing the ability to generate numerous ideas, solutions, questions, and to explore various perspectives in problem-solving. The research findings indicated a statistically significant positive influence of implementing the Project Based Learning model on students creative thinking skills, with a significance value (2-tailed) of 0.00 < 0.05. Consequently, the conclusion drawn from this study is that the Project Based Learning model exhibits a positive impact on the development of students creative thinking skills in moral education at SMP Pemuda Banjaran, Kabupaten Bandung, for the academic year 2022/2023.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi akhlak di SMP Pemuda Banjaran, Kabupaten Bandung, tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dalam kerangka penelitian kuantitatif. Dua kelompok subjek terlibat dalam penelitian ini: kelompok eksperimen yang menerima perlakuan menggunakan metode PjBL, dan kelompok kontrol yang menerima perlakuan konvensional sesuai dengan pembelajaran biasa. Penelitian menggunakan desain NonEquivalent Control Group dengan pretest dan posttest untuk kedua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester ganjil SMP Pemuda Banjaran, Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel terdiri dari 39 siswa kelas 7F sebagai kelompok eksperimen dan 39 siswa kelas 7G sebagai kelompok kontrol. Keterampilan berpikir kreatif siswa diteliti melalui aspek kelancaran berpikir, mencakup kemampuan untuk menghasilkan banyak ide, solusi, pertanyaan, serta melihat berbagai sudut pandang dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Project Based Learning memberikan pengaruh positif signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model Project Based Learning memiliki pengaruh yang positif terhadap pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi akhlak di SMP Pemuda Banjaran, Kabupaten Bandung, tahun pelajaran 2022/2023.
References
[2] Dzulkifli, Muhammad. (2022). Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran. Skripsi : Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
[3] Ilhami, Ina & Ilhami, Aldeva. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. Skripsi : UIN Sultan Syarif Kasim Riau
[4] Jumroh, Siti. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Skripsi : Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.
[5] Komalasari, Kokom .(2013). Pembelajaran Kontekstual, Bandung: Refika Aditama.
[6] Kosasih .(2014). Strategi Belajar Dan Pembelajaran, Bandung : Yrama Widya,
[7] Muhajir, Hariani & Amri. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Secara Daring. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Parepare.
[8] Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
[9] Sudijana, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta, : Rajawali Pres.
[10] Sudjana, Nana. (1999). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.
[11] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Bandung : Alfabeta
[12] Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: pustaka pelajar.
[13] Wena, Made. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer Suatu Tinjauan Konseptual Oprasional, Jakarta : Bumi Aksara.
[14] Wirasana Jagantar, Made (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sma, E-Journal, Volume 4.