Manajemen Pembelajaran Tahfidz dalam Mencapai Target Hafalan di MI Asyafi’iyah Jatinangor

  • Sany Nurchoeriyah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Manajemen, Tahfidz, Pembelajaran Al-Al-Qur’an

Abstract

Abstract. This research is motivated by the researcher's interest in the management of Tahfidz Qur'an learning at MI Asyafi'iyah school is an Islamic religious education institution that tries to guide students to love the Qur'an and produce a generation of memorizers of the Qur'an. Tahfidz Qur'an learning has a memorization target, to achieve the memorization target is certainly inseparable from the management. This knowledge aims to analyze the management of Tahfidz Al-Qur'an which includes planning, implementation, and evaluation of learning. The research method used in this study is descriptive analysis with a qualitative approach approach. The results of this study indicate that: 1). Tahfidz Qur'an Learning Planning formulates and determines Tahfidz Qur'an learning, prepares Tahfidz Qur'an learning lesson plans, prepares learning materials, implements activities, learning methods, time and place for implementing Tahfidz Qur'an learning. 2). Implementation of Tahfidz Qur'an learning activities Tahfidz Qur'an Learning activities at MI Asyafii'yah are carried out every Monday - Friday at 08.00-09.30. The implementation of this Qur'an Tahfidz learning is divided into three stages, namely: Introduction, core, and closing. The inhibiting factors include children who do not learn the Qur'an at all, finally at school starting from scratch, and finally the child has difficulty reciting the Qur'anic verses, especially for long letters. The supporting factor is in terms of time. 3). Evaluation of Tahfidz Qur'an learning, evaluation of the Tahfidz Qur'an learning process to evaluate the success of teachers in teaching Tahfidz Qur'an, namely meetings every six months held by the principal.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di sekolah MI Asyafi’iyah merupakan lembaga pendidikan agama islam yang berusaha membimbing siswanya untuk cinta terhadap Al-Al-Qur’an dan mencetak generasi penghafal Al-Al-Qur’an. Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an ini mempunyai target hafalan, untuk mencapai target hafalan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan tersebut. Pengetahuan ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Tahfidz Al-Al-Qur’an yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Perencaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an merumuskan dan menetapkan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, menyusun RPP pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, menyiapkan materi pembelajaran, pelaksanaan kegiatan, metode pembelajaran, waktu dan tempat pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. 2). Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an kegiatan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MI Asyafii’yah dilaksanakan setiap hari senin-jum’at pukul 08.00-09.30. Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu: Pendahuluan, inti, dan penutup. Faktor penghambat diantaranya yaitu anak-anak yang tidak belajar sama sekali Al-Al-Qur’an, akhirnya disekolah memulainya dari nol, dan akhirnya anak tersebut agak kesulitan melafadzkan ayat Al-Al-Qur’an terutama untuk surat-surat yang Panjang. Faktor pendukung yaitu dari segi waktu, karena telah di programkan oleh sekolah supaya anak-anak bisa mencetak generasi tahfidz Al-Qur’an. 3). Evaluasi pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, evaluasi proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an untuk mengevaluasi keberhasilan guru dalam pengajaran Tahfidz Al-Qur’an, yaitu pertemuan setiap enam bulan sekali yang diadakan oleh kepala sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam kurun enam bulan. Dan masukan selanjutnya dapat dijadikan motivasi dan bahan penyempurnaan kegiatan Tahfidz Al-Qur’an kedepannya.

References

G. Muhammad, D. Surana, I. Sanusi, and A. Suhartini, “Islamic Education As An Effort To Strengthen Morals In The Era Of Globalization,” AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, vol. 9, no. 1, pp. 108–125, 2024.

G. Muhammad, “Peran Orang Tua Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Jarak Jauh,” Fastabiq : Jurnal Studi Islam, vol. 2, no. 1, pp. 14–29, 2021, doi: 10.47281/fas.v2i1.31.

G. Muhammad, R. Rofiani, B. S. Arifin, and U. Ruswandi, “Penerapan Pendidikan Agama Islam untuk menjaga kualitas pendidikan islami di Aisyiyah Boarding School Bandung,” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 3, pp. 388–399, 2022.

N. T. Nadri, G. Muhammad, R. Fawzi, and L. Elmuna, “The Values of Inclusiveness, Competence, and Tolerance in the Exegesis of Surah Al-Hujurat Verse 13,” Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, vol. 24, no. 01, pp. 48–66, 2024.

R. Istiqomah and R. Hidayah, “Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an: Studi Kasus Longitudinal di Pondok Pesantren,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 1, pp. 138–150, 2021, doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6932.

G. Muhammad, A. D. Suhardini, A. Suhartini, and N. A. E. Q. A. EQ, “Implementasi pendidikan pesantren salaf pada pondok pesantren khalaf di era globalisasi,” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, pp. 705–715, 2023.

Sarlota Singerin, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Cetakan Pe. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka, 2022.

S. F. Izzati, “Manajemen Pembelajaran Program Tahfidz Pada Siswa Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an (SDTQ) Al-Abidin Banyuanyar Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023,” p. 174, 2023.

Fatkhur Rohman, “Tanggung Jawab Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam,” Jurnal Intiqad : Journal Agama dan Pendidikan Islam 12, vol. 02, 2020.

M. Hasan Basari, “MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBINA KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK SMAT KRIDA NUSANTARA BANDUNG.”

N. Latifatul and A. Safina, “Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur ’ an Santriwati Pondok Pesantren Islam Al- Mukmin Sukoharjo,” Suhuf, vol. 31, no. 1, pp. 13–39, 2019.

A. M. Amaly, G. Muhammad, M. Erihadiana, and Q. Y. Zakiyah, “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 1, pp. 88–104, 2021, doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712.

G. Muhammad, U. Ruswandi, N. Nurmila, and Q. Y. Zakiyah, “Implementation of Multicultural Values through the Hidden Curriculum of PAI Subjects in Forming a Peace-loving Character in Junior High Schools,” European Journal of Education and Pedagogy, vol. 4, no. 6, pp. 113–120, 2023.

G. Muhammad, Q. Y. Zakiah, and S. Supiana, “Kebijakan Program Pembiasaan Sekolah dalam Membentuk Karakter Disiplin di SMP Negeri,” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, pp. 237–251, 2021.

G. M. Giantomi, “KEBIJAKAN PENDIDIKAN MBKM DAN EVALUASI IMPLEMENTASI MBKM,” JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, vol. 8, no. 1, pp. 121–131, 2023.

B. Arifin and S. Setiawati, “Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 4886–4894, 2021.

A. Salehah, “Manajemen Kearsipan Dalam Ketatausahaan Di Min 3 Pringsewu,” Manajemen Pendidikan Islam, pp. 1–114, 2018.

I. Sanusi, A. Suhartini, H. Q. Nurhakim, U. Nur’aeni, and G. Muhammad, “Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam,” Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2024.

G. Muhammad, H. Q. Nurhakim, M. Rifaldi, and M. I. Pamungkas, “Pencegahan Perundungan pada Peserta Didik Melalui Elemen Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila,” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, pp. 177–188, 2024.

G. Muhammad, M. Rahmat, and G. M. Ganeswara, “Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah,” PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah dasar, vol. 7, no. 1, pp. 10–20, 2020.

G. Muhammad, H. Rahmawati, R. Rofiani, A. Hasanah, and B. S. Arifin, “Character Building Based on The State Philosophy in The Context of Islamic Education,” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 14, no. 4, pp. 7131–7138, 2022.

Published
2024-08-16