Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di SD Dewi Sartika Kota Bandung
Abstract
Abstrak. Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi pendidikan agama islam pada kelas inklusi di SD Dewi Sartika Kota Bandung. Fenomena yang terjadi dimana seorang siswi yang duduk dikelas 1 sekolah dasar di kota Solo mengalami perundung dari teman sebayanya karena mengalami diseleksia yaitu gangguan belajar yang menyebabkan masalah dengan membaca, menulis, dan mengeja. Ia sering menjadi bahan ejekan temannya karena ia sering berteriak dan hiperaktif di kelas. Hal tersebut menunjukan bahwa pentingnya pendidikan agama islam bagi ABK karena berdampak positif bagi perkembangan spiritual, emosional, dan sosial mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung pada pembelajaran PAI pada kelas inklusi di SD Dewi Sartika Kota Bandung. Pada penelitian ini peneliti melakukan pendekatan kualitatif, menggunakan metode jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dan data penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas inklusi di sd dewi sartika kota bandung belum berjalan maksimal, hal ini dikarenakan dalam rencana pembelajaran yang sudah dirangkai sebaik mungkin tidak berjalan dengan baik dalam pelaksanaannya. Adapun faktor penghambat yaitu faktor materi dan keterbatasan siswa ABK yang memiliki emosional yang tidak menentu. Adapun faktor pendukung yaitu support dari kepala sekolah, wali kelas, tenaga pendidikan, dan orang tua kepada siswa ABK begitu baik sehingga mendorong siswa ABK untuk selalu semangat dan selalu berusaha untuk bisa mengikuti pembelajaran dengan baik di kelas.
References
[2] Purwanti E. Konsep dasar pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah inklusi. J Chem Inf Model [Internet]. 2021;53(February):2021.
[3] Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Pedoman umum penyelenggaraan pendidikan insklusif. Dep Pendidik Nas. 2011;(70):1–36.
[4] Farah A. Panduan Pendidikan Inklusif. Plt Kepala Pus Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidik Kementeri Pendidik Kementeri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknol [Internet]. 2022;1–50. Available from: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf
[5] Mayasari LD. Alasan Menyekolahkan Anak Non ABK di Sekolah Inklusi [Internet]. 2023. Available from: https://mubadalah.id/alasan-menyekolahkan-anak-non-abk-di-sekolah-inklusi/