Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S Al-Hajj Ayat 5 tentang Proses Perkembangan Manusia terhadap Bukti Kekuasaan Allah SWT
Abstract
Abstract. Humans are one of the creatures that Allah created with the best creation. The creation of humans itself is a sign of proof of Allah SWT's power that occurs in humans themselves with the aim of providing warnings and increasing human faith, in the verses of the Koran which can be used as guidance about the process of human development, including in Q.S Al-Hajj Verses 5 The aims of this research are: (1) To obtain the results of the mufassir's thoughts regarding Q.S Al-Hajj Verses 5; (2) To know the essence contained in Q.S Al-Hajj Verses 5; (3) To find out the opinions of education experts about the process of human development; (4) to find educational values about the process of human development. The approach used in this research is a qualitative approach, while the method used is a descriptive method with a type of literature, namely by collecting data using books, literature, library materials that support and are related to the researcher's discussion. The educational values from Q.S Al-Hajj Verses 5, namely that as a believer, humans should always practice tadabbur and learn from every incident that occurs in their lives, apart from that, humans must also always be grateful for the blessings of life that Allah SWT has given.
Abstrak. Manusia merupakan salah satu mahkluk yang Allah ciptakan dengan sebaik- baiknya penciptaan. Penciptaan manusia itu sendiri merupakan salah satu tanda bukti kekuasaaan Allah SWT yang terjadi pada diri manusia itu sendiri dengan tujuan untuk memberikan peringatan dan meningkatkan keimanan manusia, dalam ayat Al-Quran yang dapat dijadikan petunjuk tentang proses perkembangan manusia, diantaranya terdapat dalam Q.S Al-Hajj Ayat 5. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memperoleh hasil pemikiran para mufassir tentang Q.S Al-Hajj Ayat 5; (2) Untuk mengetahui esensi yang terdapat dalam Q.S Al-Hajj Ayat 5; (3) Untuk mengetahui pendapat para ahli pendidikan tentang proses perkembangan manusia; (4) untuk menemukan nilai-nilai pendidikan tentang proses perkembangan manusia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis kepustakaan yaitu dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan buku-buku, literatur, bahan pustaka yang menunjang dan ada keterkaitan dengan pembahasan peneliti. Dari hasil penelitian ini nilai-nilai pendidikan dari Q.S Al-Hajj Ayat 5 yaitu sebagai manusia yang beriman seharusnya manusia selalu bertadabbur dan mengambil pembelajaran dari setiap kejadian yang terjadi didalam kehidupannya, selain itu manusia juga harus selalu bersyukur atas nikmat kehidupan yang telah Allah SWT berikan.
References
Yudrik Jahja Kencana (2011). Psikologi Perkembangan.
Drs. Encep Sudirjo, S.Spd, M.Pd, Muhammad Nur Alif, M.Pd. (2018) Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan pertumbuhan
Oktaviani Rita. Penciptaan Manusia Dalam Perspektif Al-Quran Dan Sains. Bandung : 2020
M. Quraish Shihab (2006). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Quran. Jakarta : Vol. 9
Imam Jalaluddin, (2015). Sinar Baru Algesindo Nadia Nur Azizah, Aan Asep Richval, (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Dalam Psikologi Perkembangan