Pengaruh Metode Iqro terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di SMP PGII 2 Bandung

  • Ahmad pauji siddiq Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • A. Mujahid Rasyid Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: penggunaan metode iqra’, kemampuan membaca al-quran

Abstract

Abstract. This thesis reviews the "Effect of Iqra Method" on Improvement of Student Al- Quran Reading Ability in PGII 2 Bandung Middle School "which aims to: 1) Describe the application of the IQRA method 'at SMP PGII 2 Bandung 2) Knowing the ability to read the Koran to students in students in SMP PGII 2 Bandung 3) Analyzing the effect of using the IQRA method on the ability to read the Koran of students at SMP PGII 2 Bandung. The population in this study was all students of PGII 2 Bandung Middle School who still used the IQRA method, which amounted to 26 people while the sample was that all members of the population were sampled. The instrument used in data collection is a questionnaire used to obtain data on the application of the IQRA method and the test used to obtain data on the ability to read the Koran of students. The data analysis technique used in this study is descriptive analysis and simple regression analysis. The results of this study indicate that the application of the IQRA method is in a high category with a percentage of 69% which shows that the application of the IQRA method can help students to more easily read the Koran. Researchers concluded that with this IQRA method students can read the Koran properly and correctly, so that the creation of good and correct students in reading the Koran also the need for guidance from educators who emphasize the mention of makharijul letters and recitation. The successful implementation of the IQRA method is also supported by the existence of collaboration and communication between schools and student guardians to always be applied both at school and at home. It is recommended to other researchers The results of this study can be used as a reference for subsequent research related to the IQRA method 'to improve the ability to read the Koran.

Abstrak. Skripsi ini mengkaji tentang “pengaruh metode iqra’ terhadap peningkatan kemampuan membaca al-quran siswa di SMP PGII 2 Bandung” yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode iqra’ di SMP PGII 2 Bandung 2) mengetahui kemampuan membaca al-quran pada siswa di SMP PGII 2 Bandung 3) menganalisis ada tidaknya pengaruh penggunaan metode iqra’ terhadap kemampuan membaca al-quran siswa di SMP PGII 2 Bandung. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP PGII 2 Bandung yang masih menggunakan metode iqra’ yang berjumlah 26 orang sedangkan samplenya adalah semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang digunakan untuk mendapatkan data penerapan metode iqra’ dan tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil kemampuan membaca al-quran siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode iqra’ berada pada kategori tinggi dengan persentase 69% yang menunjukan bahwa penerapan metode iqra’ dapat membantu siswa untuk lebih mudah membaca al-quran. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan metode iqra’ ini siswa dapat membaca al-quran dengan baik dan benar, agar terciptanya siswa yang baik dan benar dalam membaca al-quran perlunya juga bimbingan dari pendidik yang mempertegas pada penyebutan makharijul huruf serta ilmu tajwidnya. Keberhasilan penerapan metode iqra’ ini juga didukung oleh adanya kolaborasi dan komunikasi antarapihak sekolah dan wali murid supaya selalu di terapkan baik di sekolah maupun di rumah. Disarankan kepada peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian berikutnya yang berhubungan dengan metode iqra’ terhadap peningkatan kemampuan membaca al-quran.

References

Nurlaila. (2017). Penerapan Metode Iqro' dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-12.https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=618936

Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.

Durianto D. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2001.

A. Shimp T. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.

Ainiyah, N. (2013). Penerapan Metode Iqro' dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 71-94.

Alfarisi, M. R. (2015). Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-22.

Ambarita, A. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Iqro terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 230-242.

Amrina, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Iqro dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 56-65.

Astuti, R. (2014). Penerapan Metode Iqro' untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 345-365.

Damayanti, R. (2018). Pengaruh Metode Iqro' terhadap Minat Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 101-112.

Dwiana, E. (2016). Penggunaan Metode Iqro dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 5(2), 102-112.

El Hafiz, Z. (2019). Penerapan Metode Iqro' untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 12-19.

Fadila, N. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Iqro' terhadap Minat dan Hasil Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 55-62.

Fatimah, S. (2017). Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Al- Qur'an Hadis di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 230-242.

Hakim, L. (2016). Penerapan Metode Iqro' dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 121-135.

Hasanah, U. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Iqro terhadap Minat Belajar Membaca Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-12.

Husna, A. (2015). Implementasi Metode Iqro' dalam Pembelajaran Al- Qur'an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 230-250

Istianah, E. (2017). Penerapan Metode Iqro' untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 13-23.

Kusumawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Iqro' terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 55-62.

Laila, N. (2016). Penerapan Metode Iqro' dalam Pembelajaran Al- Qur'an Hadis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 67-79.

Mardiyah, K. (2015). Pengaruh Metode Iqro terhadap Minat Belajar Membaca Al-Qur'an pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 221-229.

Muhlisin, A. (2012). Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 21-35.

Musyarofah, I. (2016). Penerapan Metode Iqro dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 5(1), 69-80.

Mutmainnah, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Iqro' terhadap Minat Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 102-112.

Najicha, S. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Iqro terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 852-860.

Nisa, K. (2018). Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Al- Qur'an di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 12-23.

Nurlaila. (2017). Penerapan Metode Iqro' dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-12.

Nurjanah, S. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Iqro' terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 67-75.

Rosyid, M. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Iqro' terhadap Minat Belajar Membaca Al-Qur'an Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 89-99.

Sabiq, A. (2018). Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Al- Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 12-21.

Sari, N. P. (2020). Penerapan Metode Iqro' untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca

Published
2024-08-16