Penerapan Metode Kitabah dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Juz 30 pada Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Baiturrohim Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang
Abstract
Abstract. This research was motivated by the lack of ability to memorize the Koran among students. This can be seen from the data that none of the students achieved the memorization target and when carrying out the Koran memorization test the students still had difficulty reciting the next verse so they needed help from the teacher to continue memorizing the next verse. This research was conducted at Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Baiturrohim Subang on MD III class students to find out whether there was an increase in the ability to memorize the Koran using the kitabah method. This research uses a quantitative approach with a pre-experimental method in the form of a One Group Pretest-Posttest design. The type of sampling in this study used purposive sampling and the samples in this study were MD III class students with a total of 11 students. The average pretest score was 55.31 in the underprivileged category. Meanwhile, the average post-test score was 83.12 in the very capable category. Increased memorization abilities in students can be proven by t-test analysis, namely Sig = 0.000 < 0.05. Based on this, it can be seen that H1 is accepted and H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there is an increase in the application of the Kitabah method to the ability to memorize the Koran Juz 30 among students at MDTA Baiturrohim Subang from less capable to very capable.
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menghafal Alquran pada santri. Hal ini terlihat dari data bahwa tidak ada santri yang mencapai target hafalan dan ketika pelaksanaan tes hafalan Alquran para santri masih kesulitan dalam melafalkan ayat berikutnya sehingga perlu dibantu oleh guru untuk melanjutkan hafalan ayat selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Baiturrohim Subang pada santri kelas MD III yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan dalam kemampuan menghafal Alquran dengan menggunakan metode kitabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen dengan bentuk desain One Group Pretest-Postest. Jenis pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive dan yang menjadi sampel pada penelitian ini, yaitu santri kelas MD III dengan jumlah santri sebanyak 11 santri. Hasil nilai rata-rata pretest adalah 55. 31 dengan kategori kurang mampu. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 83.12 dengan kategori sangat mampu. Peningkatan kemampuan menghafal pada santri dapat dibuktikan dengan analisis uji t, yaitu Sig = 0.000 < 0.05. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dalam penerapan metode kitabah terhadap kemampuan menghafal Alquran juz 30 pada santri di MDTA Baiturrohim Subang dari kurang mampu menjadi sangat mampu.
References
Sholeha A, Rabbanie MD. Hafalan Al-Qur’an dan Hubungannya dengan Nilai Akademis Siswa. Tarbawi J Pendidik Islam. 2020;17(2):1–10.
Putri RH. Analisis Kesulitan Menghafal Al-Qur’an pada Siswa di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar; 2022.
Putri AD, Harfiani R. Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al-Qur’an di SMP IT Al Munadi Medan. Edu Soc J Pendidikan, Ilmu dan Pengabdi Kpd Masy. 2022;2(3):796–806.
Ismail T, Suhadi, Sulistyowati. Strategi Guru Tahfidz dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal AL-Qur’an. Mamba’ul ’Ulum. 2022;18(2):159–67.
Rifki AW, Rahmadiani F, Romadhon FS, Ma’ruf MI, Mawaddah S, Ula SF, et al. Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sulaimaniyyah. Acad J Multidiciplinary Stud. 2023;7(1):113–36.
Nur’aini. Metode Pengajaran Alquran dan Seni Baca Alquran dengan Ilmu Tajwid. 1st ed. Hamzah, editor. Semarang: CV. Pilar Nusantara; 2020. 127 p.
Acim SA. Metode Pembelajaran dan Menghafal Al-Qur’an. 1st ed. Sugiarto F, Janhari MN, editors. Bantul: Lembaga Ladang Kata; 2022. 210 p.
Djafar F, Akolo IR, Pratama AR. Statistik Pendidikan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. 1st ed. Murtikusuma RP, editor. Lombok Tengah: Yayasan Insan Cendikia Indonesia Raya; 2024.
Lenaini I. Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. J Hist J Kajian, Penelit dan Pengemb Pendidik Sej. 2021;6(1):33–9.
Adri RF. Pengaru Pre-test terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Menara Ilmu J Penelit dan Kaji Ilm. 2020;14(1):81–5.
Zyra SN, Alamsyah TP, Yuliana R. Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. J PGSD J Pendidik Sekol Dasar. 2022;15(2):97–106.
Munawaroh A, Munawir, Pavytha VI. Kurangnya Minat Remaja dalam Belajar Alquran Akibat Pengaruh Canggihnya Teknologi Informasi. J Al-Mau’izhoh. 2023;5(2):460–75.
Rochanah S. Upaya Meningkatkan Daya Ingat Tentang Materi Keseimbangan Lingkungan dengan Menerapkan Mind Mapping. J Educ. 2021;4(1):114–27.
Henrizal, Ningsih MF, Firda E, Liarni D, Pane NS, Muhammadi E, et al. Mozaik Gagasan untuk Pendidikan Indonesia. 1st ed. Henrizal, editor. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru; 2020. 260 p.
Yusuf M, Sarah V. Metode Kitabah Menghafal Alquran Semudah Menulis. 1st ed. Purwakarta: Cahaya Ilmu Bandung; 2017. 1–96 p.
Toyyib M, Syahid I. Pembentukan Kemampuan Menghafal Surah Al Fatihah pada Anak Usia Dini (Studi Kasus dalam Keluarga Hafidzul Qur’an di Desa Tlagah). Al-Ibrah J Pendidik dan Keilmuan Islam. 2021;6(2):27–53.
Budiman P. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Metode Kitabah pada Materi Surah Al-Bayyinah Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di MIS Al-Hidayah Desa Muka Paya Kecamatan Hinai Kebupaten Langkat, Sumatra Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara; 2019.
Sukirman, Aziza Y, Abdurrahmansyah, Syarnubi. Penerapan metode Kitabah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santiwati. J PAI Raden Fatah. 2022;4(4):361–74.
Waliko. Metode Tahfidz Al-Qur’an di Nusantara. 1st ed. Wahid N, editor. Banyumas: Wawasan Ilmu; 2022. 155 p.
Arlina, Priantono D, Nasution IE, Munawwaroh R, Lubis YH. Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Alqur’an Siswa Kelas VE di Sekolah MIN 12 Medan Tembung. Al-Ubudiyah J Pendidik dan Stud Islam. 2022;3(2):1–10.
Kustandi C, Zianadezdha A, Fitri AK, Farhan M, Agustia N. Pemanfaatan Media Visual dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akad J Teknol Pendidik. 2021;10(2):291–9.