Implementasi Program Tahfidz melalui Metode Talaqqi dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al-Qur’an di SMP Plus Al-Aitaam Ciganitri Bandung

  • Syifa Farihah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Implementasi, Metode Talaqqi, Menghafal

Abstract

Abstract. This research was carried out at SMP Plus Al-Aitaam Ciganitri Bandung. This research used a qualitative approach. The results of the research showed (1) Tahfidz Program planning using the Talaqqi Method in overcoming difficulties in memorizing the Al-Qur'an, namely preparing Tahfidz learning activities, targeting student memorization, and delivery of material using the Talaqqi book guidelines from the book Tuhfatul Athfal and the book Al-Jazariyah (2) Implementation of the Thafidz Program through the Talaqqi Method in overcoming difficulties in memorizing the Al-Qur'an is shown through preliminary activities which are started by students carrying out Tahsin first and muroja'ah to improve reading the Al-Qur'an, after that the memorization is carried out in turn to the Tahfidz teacher. (3) Evaluation of the Tahfidz Program through the Talaqqi Method, namely through BTAQ learning to improve the reading of the Al-Qur'an and Tajwid knowledge, and evaluation of the two teachers calling students in turn to test students' memorization by continuing the verses spoken by the teacher and the students continuing. (4) supporting factors and obstacles supporting and inhibiting factors for memorizing the Al-Qur'an. The supporting factors can be family support and good friendships, while the inhibiting factors are that students are lazy about muroja'ah, not being able to read the Al-Qur'an, limited time, similarities in verses. So it can be concluded that the Talaqqi Method is an effective method for overcoming difficulties in memorizing the Al-Qur'an.

Abstrak. Penelitian ini di laksanakan di SMP Plus Al-Aitaam Ciganitri Bandung penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif hasil penelitian menunjukan (1) perencanaan Program Tahfidz merencanakan melalui Metode Talaqqi dalam mengatasi kesulitan menghafal Al-Qur’an yaitu penyusunan kegiatan pembelajaran Tahfidz, menargetkan hafalan siswa, dan penyampaian materi menggunakan pedoman buku Talaqqi dari kitab Tuhfatul Athfal dan kitab Al- Jazariyah (2) Pelaksanaan Program Thafidz melaui Metode Talaqqi dalam mengatasi kesulitan menghafal Al-Qur’an ditunjukan melalui kegiatan pendahuluan yang dimulai siswa melaksanakan Tahsin terlebih dahulu serta muroja’ah untuk memperbagus bacaan Al-Qur’an, setelah itu di lakukan menyetorkan hafalan secara bergantian kepada guru Tahfidz. (3) Evaluasi Evaluasi Program Tahfidz Melalui Metode Talaqqi yaitu melalui pembelajaran BTAQ untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an dan Ilmu Tajwidnya, dan evalauasi kedua guru memanggil siswa secara bergantian untuk mengetest hafalan siswa dengan melanjutkan ayat yang diucapkan oleh guru dan siswa melanjutkannya. (4) faktor pendukung dan hambatan aktor pendukung dan penghambat menghafal Al-Qur’an. Faktor pendukungnya bisa dari dukungan keluarga dan pertemanan yang baik sedangkan faktor penghambat siswa malas muroja’ah, tidak bisa membaca Al-Qur’an, keterbatasan waktu, kesamaan ayat. Jadi dapat disimpulkan Metode Talaqqi merupakan metode yang efektif untuk mengatasi kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an.

References

. Abd Rahman, N. F. (2023). Pelaksanaan Program Liga Tahfiz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam & pendidikan, 142.

. Ibrahim, A. H. (2021). Mengapa Menghafal Al-Qur'an? Motivasi Menghafal Salafus Sholih&Tren Menghafal Zaman Now . Surabaya : CV. Global Aksara Press .

. Mashud. (2019). Meningkatkan Kemampuan Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 347–358.

. Meygamandhayanti, J. A. (2022). Implementasi Metode Talaqqi melalui pembelajaran Hybrid pada mata pelajaran Tahfidz Al-Qur'an . Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam , 73-80.

. Rahmah, A. (2022). Penerapan Program Tahfizul Qur'an di MTS Negeri 1 Tapanuli Tengah . Jurnal Mahasiswa pendidikan Agama Islam [JIMPAI].

. Supraha, W.H (2021). Implementasi Seni Baca Irama Al-Qur'an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an. Ar-Rayyah, 98-122

Published
2024-08-15