Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 70

  • Miftahudin Wirtadipura Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Al-Qur'an, Al-Ahzab, Takdir

Abstract

Abstract. This research aims to examine: (1) the opinions of commentators on Q.S. Al-Ahzab verse 70, (2) the essence of Q.S. Al-Ahzab verse 70, (3) the implications of honest character education in Q.S. Al-Ahzab verse 70, and (4) the values of honest character education in Q.S. Al-Ahzab verse 70. The study involved an in-depth review of various interpretations and books related to the research topic. The conclusions drawn from the research are as follows: (1) The verse contains two main commands: to be pious to Allah and to speak the truth. This verse emphasizes the importance of piety as the foundation of faith that drives Muslims to guard their speech. Honest character education in Surah Al-Ahzab verse 70, according to commentators, emphasizes that honesty is a direct expression of deep faith in Allah. (2) The essence of Q.S. Al-Ahzab verse 70 is (a) One should always believe in Allah (b) One should always be pious to Allah (c) One should always speak the truth (d) The importance of honest character education. (3) The implication of honest character education in Q.S. Al-Ahzab verse 70 is that honesty is a tangible manifestation of deep faith in Allah. This verse affirms that authentic faith must be reflected in real actions, especially in speaking and acting truthfully. (4) The values of honest character education in Q.S. Al-Ahzab verse 70 are (a) Faith values (b) Piety values (c) Honesty in speech.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) bagaimana pendapat para mufassir dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 70? (2) Apa Esensi dari Q.S. Al-Ahzab Ayat 70? (3) Bagaimana implikasi pendidikan karakter jujur dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 70? (4) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter jujur yang terdapat pada Q.S. Al-Ahzab ayat 70?. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Dari penelitian ini diperoleh beberapa Kesimpulan yaitu: (1) Ayat ini mengandung dua perintah utama bertakwa kepada Allah dan berbicara dengan benar. Ayat ini menekankan pentingnya ketakwaan sebagai landasan iman yang mendorong umat Islam untuk menjaga ucapan mereka. Pendidikan karakter jujur dalam Surah Al-Ahzab Ayat 70 menurut para mufassir menekankan bahwa kejujuran merupakan ekspresi langsung dari iman yang mendalam kepada Allah. (2) Esensi Q.S. Al-Ahzab Ayat 70 adalah (a) Hendaknya manusia selalu beriman kepada Allah (b) Hendaknya manusia selalu bertakwa kepada Allah (c) Hendaknya manusia selalu berbicara yang benar (d) Pentingnya pendidikan karakter jujur. (3) Implikasi pendidikan karakter jujur dalam Q.S. Al-Ahzab Ayat 70 adalah menunjukkan bahwa kejujuran merupakan manifestasi nyata dari iman yang mendalam kepada Allah. Ayat ini menegaskan bahwa keimanan yang autentik harus tercermin dalam tindakan nyata, khususnya dalam berbicara dan bertindak dengan benar. (4) Nilai-nilai pendidikan karakter jujur dalam Q.S. Al-Ahzab Ayat 70 adalah (a) Nilai keimanan (b) Nilai ketakwaan (c) Nilai kejujuran dalam perkataan.

References

Abdurrahman, M., & Hasan, A. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 12-25. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Achmad, S. (2021). Implementasi Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 4(2), Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani: Tangerang.

Al-Farabi. (2023). Pendidikan Dan Kebahagiaan. Cairo: Islamic Press.

Al-Ghazali. (2016). Ihya Ulumuddin. Bandung: Penerbit Marja.

Al-Khalidi, S. A. F. (2016). Mudah Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1 Shahih, Sistematis, Lengkap. Edited by Ircham, Afkar, Dahyal, Pambudi, Purwasandy Kesa, and Tubagus Alviansyah. 1st ed. Vol. 1. Jakarta: Magrifah Pustaka.

Amrultah, A. A. (1990). Tafsir Al-Azhar. 1st ed. Vol. 8. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Asadullah, M. N. (2021). The Role of Honesty in Education. London: Routledge.

Bakri, M. A. (2017). Kejujuran dalam Ajaran Islam: Peran Al-Qur’an dan Hadis. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.

Barnawi, and Arifin. (2017). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Brown, B. (2018). Brene Brown: Dare To Lead. 1st ed. Vol. 1. New York: Penguin Random House.

Fatmawati, A., & Rahman, S. (2020). Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an: Perspektif dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 50-64. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Fadillah, N. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Alfabeta.

Hartono, B. (2021). “Transparent Assessment in Education.”

Hasan, N., & Amiruddin, M. (2019). Kejujuran dalam Pendidikan Karakter: Tinjauan dari Surah Al-Ahzab. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 30-40. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Henki Wijaya. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, M., & Setiawan, T. (2021). Ketakwaan sebagai Landasan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 45-60. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Hidayat, R. (2023). Pendidikan Dalam Prespektif Islam.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori Dan Aplikasinya".

Ilahi, M. T. (2022). Reformasi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Imam Jalaludin As-Suyuti. (2012). Tafsir Jalalain. 1st ed. Vol. 1. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. FamilyEdu Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1): 1–11. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Johnson, M. (2022). Integrating Character Education in Curriculum. London: Routledge.

Khomasah, S. N. (2021). Pendidikan Karakter Kejujuran Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.

Kurniawan, B. (2023). Desain Pendidikan Karakter: Pendekatan Terbaru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lestari, D. (2022). Effective Communication in Families.

Mustari, M. (2014a). Nilai Karakter: Refleksi Pendidikan.

Mustari, M. (2014b). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nasr, S. H. (2022). Pendidikan Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Islam.

Noddings, N. (2016). Philosophy of Education. 4th ed. Vol. 1. London: Routledge.

Published
2024-08-17