Analisis Kurikulum Al-Islam, Kemuhamadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) di SMA Muhamadiyah 1 Bandung
Abstract
Abstract. The curriculum is a set of plans and arrangements regarding the objectives, content, learning materials and methods used as guidelines for organizing learning activities to achieve certain educational goals. In simple terms, curriculum components include objectives, content, implementation and evaluation. Muhamadiyah is a successful Islamic-based community organization engaged in education with 162 universities and 3,334 primary and secondary education institutions. In simple terms, the ISMUBA curriculum is a set of lessons used in schools under Muhamadiyah. Based on this study, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is the purpose of the Ismuba curriculum at Muhamadiyah 1 Bandung High School (2) How is the content of the Ismuba curriculum at Muhamadiyah 1 Bandung High School (3) How is the implementation of the Ismuba curriculum at Muhamadiyah 1 Bandung High School (4) How is the evaluation of the Ismuba curriculum at Muhamadiyah 1 Bandung High School. Researchers used a literature study technique method using a qualitative approach. The place chosen to conduct this research is Muhamadiyah 1 Bandung High School. With data collection techniques through observation, interviews and documentation to the deputy principal of the curriculum and affirmed by the secretary of the muhamadiyah council of Bandung. The results of this study are: there is a progressive formulation of the Ismuba curriculum objectives, substantive content, implementation that needs to be improved with cyber pedagogy and equitable evaluation which is directly controlled by the Muhamadiyah Education Council of Bandung.
Abstrak. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan Pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pedidikan tertentu. Secara sederhana komponen kurikulum meliputi tujuan, isi, implementasi dan evaluasi. Muhamadiyah menjadi organisasi Masyarakat berbasis islam yang terbilang sukses bergerak di bidang pendidikan dengan 162 Perguruan tinggi dan 3.334 lembaga pendidikan dasar dan menengah. Secara sederhana kurikulum ISMUBA adalah seperangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah yang berada di bawah naungan Muhamadiyah. Berdasarkan Studi tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana tujuan kurikulum Ismuba di SMA Muhamadiyah 1 Bandung (2) Bagaiaman isi kurikulum Ismuba di SMA Muhamadiyah 1 Bandung (3) Bagaimana implementasi kurikulum Ismuba di SMA Muhamadiyah 1 Bandung (4) Bagaimana evaluasi kurikulum Ismuba di SMA Muhamadiyah 1 Bandung. Peneliti menggunakan metode teknik studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat yang dipilih untuk melakukan penelitian ini adalah SMA Muhamadiyah 1 Bandung. Dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan diafirmasi oleh sekretaris majelis dikdasmen muhamadiyah kota Bandung. Hasil dari penelitian ini adalah: terdapat formulasi yang progresif pada tujuan kurikulum Ismuba, Isi yang substantif, Implementasi yang perludiperbaiki dengan cyber pedagogy dan evalusi yang merata yang dikontrol langsung oleh majelis dikdasmen Muhamadiyah kota Bandung.
References
Syaodih N. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. 2009. 27 p.
DIKDASMEN M. IMPLEMENTASI KURIKULUM AL-ISLAM KEMUHAMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB. 2024;(62).
Indrajit PRE. Cyber Pedagogy. 1st ed. Kika M, editor. Yogyakarta: Andi; 2021. 113 p.
Kemdikbud. DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH ( HOLISTIC EDUCATION IN THE CURRICULUM OF THE BASIC AND SECONDARY EDUCATION ). 2010;467–76.
Zubaidah S. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2020;(2):1–17.