Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Shelsabila Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Eko Surbiantoro Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Efektivitas, Scramble, Hasil Belajar

Abstract

Abstract. This research is motivated by the low learning outcomes of students who have not reached the KKM 70. This research was conducted at SD Negeri Rancatungku 04 which aims to determine the improvement of student learning outcomes by using the scramble type cooperative learning model in Islamic Religious Education and Budi Pekerti subjects. Scramble-type cooperative learning model is an approach that combines elements of games with learning. In this model, students will be given practice questions that generally consist of scrambled words, sentences, or discourse then students must think quickly and creatively in rearranging the scrambled sentences into the correct order. This research uses a quantitative approach with an experimental method with a pre-experimental one group pretest posttest design.  The type of sampling uses random samples. In the results of this research involving one class only as an experimental class. These results show that the average pretest results of student learning in the cognitive domain is 51.28 after being given treatment is 76.41. In the spiritual affective domain before being given treatment resulted in an average of 79.21 after being given treatment of 81.92. In the social spiritual affective domain, it shows that the average before being given treatment is 74.08 after being given treatment shows 77.23. The difference in learning outcomes between pretest and posttest scores on t learning outcomes, in the realm of cogni.

Abstrak. Penelitiaan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Penelitiaan ini dilakukan di SD Negeri Rancatungku 04 yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Model pembelajaran kooperatif tipe scramble yaitu pendekatan yang menggabungkan unsur permainan dengan pembelajaran. Dalam model ini, para siswa akan diberikan latihan soal yang umumnya terdiri dari kata-kata, kalimat, atau wacana yang diacak kemudian siswa harus berpikir secara cepat dan kreatif dalam menyusun kembali kalimat yang diacak menjadi urutan yang benar. Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan bentuk desain pre-eksperimental one group pretest posttest.  Jenis pengambilan sampel menggunakan sampel acak. Dalam hasil penelitiaan ini melibatkan satu kelas saja sebagai kelas eksperimen. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest belajar siswa pada ranah kognitif yaitu 51.28 setalah diberikan perlakuan yaitu 76.41. Pada ranah afektif spiritual sebelum diberikan perlakuan menghasilkan rata-rata 79.21 setelah diberikan perlakuan sebesar 81.92. Pada ranah afektif spiritual sosial menunjukkan bahwa rata-rata sebelum diberi perlakuan yaitu 74.08 setelah diberikan perlakuan menunjukkan 77.23. perbedaan hasil belajar antara nilai pretest dan posttest pada hasil belajar t, pada ranah kognitif t hitung (-4.811 < 3.832), pada ranah afektif spiritual t hitung (6.090 < 7.699), pada ranah afektif sosial (3.025 < 7.124). Dan pada ranah psikomotorik yaitu 4.927. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terdapat efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Tasya N, Syamsurizal, Arsih F, Anggriyani R. JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 242-250 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education. Validitas Modul Ajar Hered Mns Berbas Probl Based Learn. 2023;4:242–50.

Sugandi D, Syach A, Febriyanto D. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Pesawat Sederhana. J Tahsinia. 2020;2(1):37–50.

Huda M. Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran Pai). J Penelit. 2018;11(2):237–66.

Darma Amperawanto. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Siswa Kelas X-IPA SMA Negeri 1. Berk Ilm Pendidik. 2022;2(3):129–38.

Zubaidillah MH, Nuruddaroini MAS. Analisis Karakteristik Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Jenjang Sd, Smp Dan Sma. ADDABANA J Pendidik Agama Islam. 2019;2(1):1–11.

Feriza F. Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMA Muhammadiyah Kota Pagar Alam. Al-Bahtsu J Penelit Pendidik Islam [Internet]. 2018;3(1):0–10. Tersedia pada: https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/1296

Muhyatun M. Upaya Preventif Perilaku Menyontek Siswa Melalui Layanan Dukungan Sistem. BELAJEA J Pendidik Islam. 2019;4(2).

Nurlaila S, Warohmah, Ilmi D, Wati S, Karim HA. Pengaruh Kecerdasaan Interpersonal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 8 Payakumbuh. J Rev Pendidik dan Pengajaran. 2023;6(3):725–35.

Shandra Y, Movitaria MA. Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi. Ikhtisar J Pengetah Islam. 2022;2(1):63.

Daga AT. Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. J Educ FKIP UNMA. 2021;7(3):1075–90.

Fauhah H, Rosy B. Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. J Pendidik Adm Perkantoran. 2020;9(2):321–34.

Somayana W. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. J Pendidik Indones. 2020;1(3):350–61.

Sulolipu AA, Yahya M, Rismawanti E, Anas M. Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. J Pengabdi Kolaborasi dan Inov IPTEKS. 2023;1(5):730–7.

Rahmadaniyati N, Rini TPW. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model PBL, SAVI Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas IV. J Pendidik Sos Dan … [Internet]. 2023;1(3):727–35. Tersedia pada: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/316%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/316/304

Purnama V, Latupeirisa S, Nuryanti S. Keywords : Teams games tournaments , scramble , motivation , learning outcomes , acid-based solutions. 2018;7(August):159–63.

Hakim F. Efektifitas Metode Scramble Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Balonggabus Sidoarjo. eL Bidayah J Islam Elem Educ. 2021;3(2):161–78.

fahrudin, ansar ahmad shofituddin ichsan. Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam [Conventional and Critical Creative Learning in the Perspective of Islamic Education]. Hikmah. 2021;18(1):64–80.

Wulandari D. Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Aksioma Ad-Diniyah. 2022;10(1).

Maduratna TP, Setyawan A. Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal. J Pros Nas Pendidik [Internet]. 2020;1(1):h,350. Tersedia pada: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1059

Ramdani NG, Fauziyyah N, Fuadah R, Rudiyono S, Septiyaningrum YA, Salamatussa’adah N, et al. Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indones J Elem Educ Teach Innov. 2023;2(1):20.

Hamuni, Idrus M, Aswati. Perkembangan Peserta Didik. 2022.

Sitorus F, Rahmawati F, Niawati S, Atika P, Pandia S. Perkembangan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar di SDn Socah 2. 2016;(0):1–23.

Tahsinia J, Arini DA, Gianistika C, Ropiah NS, Kooperatif P. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah di Indonesia. 2021;110–24.

Mardianto, Anas N, Fadli Daulay R, Saragih B, Wulan Ramadhani T. Gerakan Literasi Asmaul Husna Berbasis Permainan Scrumble Card Pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah. Attaqwa JurnalIlmuPendidikan Islam. 2022;18(1):120–31.

Kharisna F. Learning Studies Using the Scramble Model on Learning Outcomes in Elementary Schools. | J CERDAS Proklamator. 2022;10(2):6–9.

Sianturi R. Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. 2022;8(1):386–97.

Sianturi RW, Harianaja SD, Anakampun R, Tobing LL, Naibaho FR. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Keaktifan Belajar PAK Siswa di SMP Negeri 1 Harian Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2023/2024. J Teol Injili dan Pendidik Agama. 2023;1(4):82–95.

Kusumawati N. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez J Kependidikan Dasar Islam Berbas Sains. 2019;4(1):87–100.

Parwati NN, Suryawan PP, Apsari RA. Belajar dan Pembelajaran. 2018.

Asda Y. Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. Pendalas J Penelit Tindakan Kelas dan Pengabdi Masy. 2022;2(3):160–74.

Putra IGD, Widiana IW, Wibawa IMC. Peran Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. J Penelit dan Pengemb Pendidik. 2020;4(3):409.

Ilmiah J, Matematika P, Mardhiyana D, Izar S, Studi P, Matematika P, et al. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap. 2020;8(2):249–56.

Published
2024-08-16