Peran Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Siswa Kelas VII di SMP PGII 1 Bandung

  • Muhammad Wais Khairudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Helmi Aziz Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nurul Afrianti Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Peran, guru, tahfidz

Abstract

Abstract. This research aims to determine the role and strategies of tahfidz teachers in improving the ability to memorize the Al-Qur'an for class VII students at SMP PGII 1 Bandung. The role of tahfidz teachers and the strategies used by tahfidz teachers in improving students' ability to memorize the Al-Qur'an is the core of the research. Knowing that each individual has a different ability to memorize the Al-Qur'an, some are even not fluent in reading the Al-Qur'an, which affects the quality of their memorization, which is of interest to researchers to find out the role of tahfidz teachers in improving students' ability to memorize the Al-Qur'an. The method used in this research is a descriptive qualitative approach. The data collection was carried out through primary and secondary data using data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. In improving students' ability to memorize the Al-Qur'an, tahfidz teachers act as motivators, mentors, teachers, evaluators, facilitators and role models. After conducting research, it was found that not all students have the same ability in memorizing the Al-Qur'an, so the tahfidz teacher must know each student's understanding.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, dan strategi guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP PGII 1 Bandung. Peran guru tahfidz dan strategi yang digunakan oleh guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa menjadi inti dari penelitian. Mengetahui bahwasanya setiap individu mempunyai kemampuan menghafal Al-Qur’an yang berbeda bahkan ada yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an sehingga mempengaruhi dalam kualitas hafalannya menjadi ketertarikan peneliti untuk mengetahui peran guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun pengambilan data yang dilakukan melalui data primer maupun sekunder dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa, guru tahfidz berperan sebagai motivator, pembimbing, pengajar, evaluator, fasilitator, dan sebagai teladan. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan hasil bahwasanya tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama dalam menghafalkan Al-Qur’an, sehingga guru tahfidz harus mengetahui kepahaman masing masing siswa.

References

Afifah and Ria, “Strategi Guru Pai Dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Di Smkn 5 Semarang),” Semarang, 2020.

T. Meisyaroh, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP N 2 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.,” Lampung, 2020.

H. Lathifah, “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Smpn 1 Geger Madiun,” Madiun, 2021.

Published
2024-08-16