Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Cangkuang 06 Kabupaten Bandung
Abstract
Abstract. The study was conducted to examine the effect of the singing method on students' memory abilities and the effectiveness of the singing method in Islamic Education learning using a quantitative approach with a type of Quasi-Experimental Design and Nonequivalent Control Group Design. The research sample consisted of students from classes III A and C, selected using purposive sampling based on the results of the students' final assessments. The results indicate that: 1) The average score of students before the application of the singing method was 58.79 in the experimental class and 54.41 in the control class. 2) After the application of the singing method, the average score in the experimental class increased to 83.93, while in the control class that did not use the singing method, it became 58.97. This shows that the class using the singing method had higher results. 3) The t-test showed a calculated t-value of 10.316, which is greater than the critical t-value of 1.668, leading to the conclusion that the singing method has an impact on students' memory abilities. The n-gain test results showed an average student score of 0.636, which falls into the medium category, and a score of 63.65%, which is considered quite effective. The conclusion is that the singing method can optimize students' memory abilities and is quite effective for use with students.Top of FormBottom of FormTop of FormBottom of Form
Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah pengaruh dari metode bernyanyi pada kemampuan mengingat siswa dan tingkat efektivitas metode bernyanyi dalam pembelajaran Agama Islam denganmenggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Designs dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas III A dan C, menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil Penilaian Akhir Siswa. Hasil nya menyatakan bahwa: 1) Nilai rata-rata siswa sebelum penerapan metode bernyanyi yaitu 58,79 pada kelas eksperimen dan 54,41 pada kelas kontrol. 2) Setelah penerapan metode bernyanyi, nilai rata-rata di kelas eksperimen meningkat menjadi 83,93, sedangkan di kelas kontrol yang tidak menggunakan metode bernyanyi menjadi 58,97. Ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan metode bernyanyi memiliki hasil yang lebih tinggi. 3) Uji t menunjukkan nilai untuk t hitung 10,316 > t tabel 1,668, dengan ini dapat diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat siswa. Hasil uji n-gain menunjukkan rata-rata skor siswa 0,636, yang berada dalam kategori sedang, dan nilai 63,65%, yang termasuk kategori cukup efektif. Kesimpulan nya bahwa metode bernyanyi ini dapat mengoptimalkan kemampuan mengingat siswa dan cukup efektif untuk diterapkan pada siswa.
References
Amarodin. Tela’ah Tafsir Qs. An-Nahl Ayat 78 Dan Analisisnya. Perspekt J Progr Stud Pendidik Agama Islam. 2021;14(2):22–61.
BP AR, Munandar SA, Fitriani A, Karlina Y, Yumriani. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa Kaji Pendidik Islam. 2022;2(1):1–8.
Khasanah W. Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. J Ris Agama. 2021;1(2):296–307.
Ediyanto. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. 2st Proceeding STEKOM 2022. 2022;2(1).
Prasrihamni M, Marini A, Nafiah M, Surmilasari N. Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Era Digital. J Ris Pendidik Dasar. 2022;05(1):82–8.
Donosuko F. Pengembangan Metode Dan Teknik Mengajar Yang Berorientasi Kemampuan Siswa. J Ilm Konseling. 2021;21(1).
Mones A yata. Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa kelas IV melalui Penerapan Metode Praktek dan Latihan Terstruktur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. J Selid. 2020;1(1).
Asmini NN, Parmajaya IPG, Ayu PES. Penerapan Metode Bernyanyi terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Anak di PAUD Werdhi Kumara Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Nawa Sena J PGPAUD. 2018;3(9):1689–99.
Kurniati KN, Watini S. Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara J Ilmu Pendidik Nonform. 2022;8(3):1873.
Ichwan CI, Saputra DN. Kegiatan Bernyanyi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Alkitab Cianjur. Tonika J Penelit dan Pengkaj Seni. 2022;5(2):132–46.
Wahyuni N, Oktariana R, Fitriani. Efektifitas Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A di TK Bungong Seuluepok Banda Aceh. J Ilm Mhs. 2021;1(1).
Aulia F. Penerapan Metode Bernyanyi untuk Mengembangkan Bahasa Anak di Taman Kanak Kanak Ra-Almuhtaram [Internet]. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung; 2022. Available from: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21950%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/21950/1/SKRIPSI 1-2.pdf
Ahyar H, Andriani H, Sukmana DJ. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group; 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA; 2013.
Khausar. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru yang Bervariasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Aceh Selatan. J Genta Mulia. 2014;5(2):72–85.
Raito, Sarita D. Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PAI di SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut. J Masagi. 2022;1(1):1–9.
Wicaksono AW, Nafi’ah A, Winona AFS, Muhid A. Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Indones J Early Child J Dunia Anak Usia Dini [Internet]. 2022;4(2):409–10. Available from: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635
Thamrin H, Maysarah. Dengan Metode Bernyanyi dapat Meningkat Daya Ingat pada Anak. Literasi J Pengabdi pada Masy. 2022;2(2):661–7.
Dyramoti M, Wahyuningsih R. Pengaruh Aktivitas Bernyanyi terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Anak di TK Methodist Jakarta Utara. J PAUD Agapedia. 2022;6(2):197–208.
Soleha L. Meningkatkan Kemampuan Mengingat Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Loci pada Siswa Kelas VIII SMP Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 [Internet]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara; 2018. Available from: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht
Suriani. Penerapan Metode Pembelajaran Efektif dalam Megoptimalkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Guppi Samata. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2016.
Setyosari P. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. J Inov dan Teknol Pembelajaran. 2014;1(1).