Peran Orangtua Asuh terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Salah Satu Panti Asuhan di Kota Bandung
Abstract
Abstract. Children without parents and from economically disadvantaged families often face various challenges in their moral development. The importance of a structured and systematic mentoring pattern in orphanages not only influences the individual moral development of children but also has the potential to shape a generation with strong moral values who contribute positively to society in the future. The objectives of this study are to describe (1) the planning (2) the implementation and (3) the evaluation. In this research, a qualitative descriptive approach was employed; data collection was conducted through observation, interviews, and documentation. The data were analyzed using qualitative analysis, which involved data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results of the study indicate that (1) planning begins with a thorough analysis of the initial moral conditions through observation and interviews to design a program tailored to the needs of children. The program aims to develop moral values, positive behaviors, social skills, and integrity through a structured curriculum with various activities and self-reflection. (2) Implementation is based on meticulous observation, interviews, and needs analysis to ensure relevance and effectiveness. Foster parents play a key role as role models and provide continuous guidance, addressing challenges from diverse family backgrounds with strict rules and creative approaches. (3) Periodic evaluation through observation, behavior recording, and discussions help identify positive changes, with program adjustments made according to feedback and children's development.
Abstrak. Anak-anak yang tidak memiliki orang tua dan berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi sering menghadapi berbagai tantangan dalam perkembangan akhlaknya. Pentingnya pola pembinaan yang terstruktur dan sistematis di panti asuhan bukan hanya mempengaruhi perkembangan akhlak anak-anak secara individual, tetapi juga berpotensi untuk membentuk generasi yang memiliki nilai-nilai akhlak yang kuat dan berkontribusi positif dalam masyarakat di masa depan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembinaan akhlak anak di salah satu panti asuhan di Kota Bandung(2) Pelaksanaan pembinaan akhlak anak di salah satu panti asuhan di Kota Bandung (3) Evaluasi pembinaan akhlak anak di salah satu panti asuhan di Kota Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif; pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif, yang mencakup reduksi data, penampilan data, dan verifikasi/menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan dimulai dengan analisis mendalam terhadap kondisi awal akhlak melalui observasi dan wawancara untuk merancang program yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Program bertujuan mengembangkan nilai-nilai moral, perilaku positif, kemampuan sosial, dan integritas melalui kurikulum terstruktur dengan berbagai kegiatan dan refleksi diri. (2) Pelaksanaan didasarkan pada observasi teliti, wawancara, dan analisis kebutuhan untuk memastikan relevansi dan efektivitas. Pengasuh berperan sebagai teladan dan memberikan bimbingan terus-menerus, menghadapi tantangan latar belakang keluarga dengan peraturan ketat dan pendekatan kreatif. (3) Evaluasi berkala melalui observasi, pencatatan perilaku, dan diskusi membantu mengidentifikasi perubahan positif, dengan penyesuaian program sesuai masukan dan perkembangan anak-anak.
References
Bahri S. Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-tadzkir Islam Educ J. 2022;1(1):23–41.
Sari PP, Sumardi, Mulyadi S. POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. J PAUD Agapedia. 2020;4(1):158–9.
Parmanti, Purnamasari SE. Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. J InSight. 2015;17(2):81–90.
Surahman B. Peran Ibu Terhadap Masa Depan Anak. J Al-Hawa. 2019;1(2).
Listyarti R. cnnindonesia.com. 2021 [cited 2024 Mar 31]. Fatherless, Ketika Ayah “Tak Hadir” di Kehidupan Anak. Available from: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210331171003-277-624531/fatherless-ketikaayah-tak-hadir-di-kehidupan-anak
Rahman Z. kalsel.prokal.co. 2021 [cited 2024 Mar 31]. Fatherless Mengancam Kita. Available from: https://www.prokal.co/kalimantan-selatan/1773875019/fatherless-mengancam-kita
Apriani K, Budjang G, Imran. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Formal Anak Pada Keluarga Petani Di Kecamatan Sanggau Ledo. Institutio J Pendikanan Agama Kristen. 2022;4(2):2.
Izzah SA, Zain I, Permatasari EO. Pengelompokan Kabupaten/Kota Berdasarkan Faktor Penyebab Perceraian di Provinsi Jawa Barat. J SAINS DAN SENI ITS. 2022;11(3).
Nadeak TFS. FENOMENA ”ANAK NAKAL” DI RUNGKUT- SURABAYA. Paradigma. 2021;2(2).
Putri E, Yarni L. PENGARUH PERANAN ORANG TUA ASUH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH CABANG BUKITTINGGI. ANWARUL J Pendidik dan Dakwah. 2023;3(1):8.
Gunadha R. Suara.com. 2022. Paling Juga Tak Peduli’ Curhat Pilu Anak Broken Home Cuma Bisa Diam Diberi Makanan Sisa oleh Tetangga. Available from: https://www.suara.com/news/2022/09/20/100002/paling-juga-tak-peduli-curhat-pilu-anak-broken-home-cuma-bisa-diam-diberi-makanan-sisa-oleh-tetangga
Annisa IS, Mailani E. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IVSd Negeri 060800 Medan Area. Innov J Soc Sci Res. 2023;3(2).
Hidayat A, Sa’diyah M, Lisnawati S. METODE PEMBELAJARAN AKTIF DAN KREATIF PADA MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI KOTA BOGOR. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2020;9(1).
Ritonga AA, Lubis Z, Hendriyal, Saragih MRD, Faisal, Azhar. Planning dalam Al-Qur’an. J Pendidik Tambusai. 2021;5(3).
Aminuddin A, Kamaliah K. Perencanaan Pendidikan Agama Islam Kontemporer. J Pendidik dan Ilmu-Ilmu Keislam. 2022;8(1).
Perawati. PENERAPAN METODE PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK PADA TPA DARUL ILMI DI KOTA BESI KOTAWARINGIN TIMUR. 2021.
Mashuri I, Fanani AA. INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMA AL-KAUTSAR SUMBERSARI SRONO BANYUWANGI. Ar-Risalah Media Keislaman, Pendidik dan Huk Islam. 2021;19(1):160.
Lestari A, Qadri M AL, Marhan Hasibuan. Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum Merdeka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X MAN 1 Langkat. J Educ. 2022;2(3).
Fatmawati TY, Ariyanto, Efni N, Asparian. Edukasi pada Ibu tentang Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. J Abdimas Kesehat (JAK. 2023;5(3).
Muqorrobin S. Pengembangan Materi Pendidikan Akhlak Islami untuk Anak Yatim Piatu Tunanetra. J Stud Islam dan Hum. 2023;3(2).