Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Materi Sholat Fardhu 5 Waktu
Abstract
Abstract. Le The learning outcomes of students are closely related to the objectives of national education both from the cognitive, affective, and psychomotor aspects as well as changes in behavior achieved after children follow the teaching and learning process. This study aims to determine the effect of the application of the Market Place Activity (MPA) learning model on the subject of Islamic Religious Education (PAI) 5-time fardhu prayer material in class VIII SMP Al-Falah Dago Bandung. This study uses a quantitative approach, experimental method with a one group pretest-posttest design. Researchers took class VII E SMP Al-Falah Dago Bandung with 35 students. The results showed an increase in the results of the cognitive domain Post-Test obtained the highest score of 97 with an average of 87.91 then the affective domain Post-Test obtained the highest score of 80 with an average of 77.49 and the results of the psychomotor domain Post-Test obtained the highest score of 96 with an average of 88.03. The test conducted in this study is the Paired-Samples t-Test which obtained a value of 0.000 <0.05 in each cognitive, affective and psychomotor aspect. The test results can be concluded that Hₒ is rejected and Hₐ is accepted. This means that the Market Place Activity (MPA) learning model has an influence on student learning outcomes in the subject of Islamic Religious Education (PAI) material "Fardhu 5 Time Prayers" class VIII E SMP Al-Falah Dago Bandung.
Abstrak. Hasil belajar peserta didik berhubungan erat dengan tujuan pendidikan nasional baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta perubahan perilaku yang dicapai setelah anak mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Market Place Activity (MPA) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi sholat fardhu 5 waktu kelas VIII SMP Al-Falah Dago Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Peneliti mengambil kelas VII E SMP Al-Falah Dago Bandung dengan jumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukan meningkatnya hasil Post-Test ranah kognitif memperoleh nilai tertinggi 97 dengan rata-rata 87,91 kemudian Post-Test ranah afektif memperoleh nilai tertinggi 80 dengan rata-rata 77,49 dan hasil Post-Test ranah psikomotor memperoleh nilai tertinggi 96 dengan rata-rata 88,03. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Uji Paired-Samples t-Test yang memperoleh nilai 0,000 < 0,05 pada setiap aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini berarti model pembelajaran Market Place Activity (MPA) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi “Sholat Fardhu 5 Waktu” kelas VIII E SMP Al-Falah Dago Bandung.
References
Anggraini, F. D. P., (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Semarang: Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504.
Lenggono, W. (2021). Manusia Dan Pendidikan (Dasar Pelaksanaan Pendidikan bagi Kehidupan Manusia). Bandung: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 176–193
Miftah, A. (2022). Penerapan Metode Market Place Activity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ketentuan Berbusana Muslim. Palangka Raya: Jurnal Pendidikan 2, 367–380.
Mokhamad Taufik, K. (2023). Hakikat Metode , Materi dan Alat Dalam Pendidikan Islam ( Implementasi Model Pembelajaran “ Market Place Activity ” Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa SMK Negeri 2 Samarinda ) Samarinda: Jurnal Kolaboratif Sains ( I. 6(12), 1844–1854.
Nurhalimah (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Madura: Natural Science Education Research, 249-257
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Yayan Alpian, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Karawang: Jurnal Buana Pengabdian, 8(5), 55.